Analisa pemerintahan pusat dan daerah?

Pertanyaan :

Analisa pemerintahan pusat dan daerah?

Jawaban :


Otonomi daerah adalah kewenangan daerah untuk mengatur dana mengurus kepentingan masyarakat setempatberdasarkan prakarsanya sendiri sesuai dengan aspirasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kewenangan ini oleh pemerintah pusat diserahkan secara formal kepada pemerintahan daerah berdasarkan uu nomor 22 tahun 1999 tentang pemerintahan daerah (sekarang sudah direvisi menjadi uu nomor 32 tahun 2004). Penyerahan urusan-urusan pemerintahan ini disertai dengan personal, pembiayaan dan prasarana. Penyerahan kewenangan berarti adanya keleluasaan untuk menggunakan dana, baik yang berasal dari pendapat asli daerah (PAD) sendiri maupun dari pusat sesuai dengan keperluan daerah tanpa ada campur tangan pemerintah pusat. Inti pelaksanaan otonomi daerah adalah keleluasaan daerah (discretionary power) untuk menyelenggarakan pemerintahan sendiri atas dasar pra-karsa,kreativitas dan peranserta aktif masyarakat dalam rangka mengembangkan dan memajukan daerahnya masing-masing (Rasyid,2000).Undang-undang nomor 22 tahun 1999 (sekarang telah direvisi menjadi UU nomor 32 tahun 2004) tentang pemerintahan daerah yang didukung oleh UU nomor 25 tahun 1999 (sekarang telah direvisi menjadi UU nomor 33 tahun 2004) tentang perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah telah mengubah secara mendasar filosofi,paradigma, system dan teknis penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia yang semula sentralistis menjadi tersebarnya pusat-pusat kekuasaan di daerah-daerah kabupaten dan kota (Ruhpina, 2001).,

BACA JUGA  Uraikanlah bagaimana proses berdirinya kerajaan kendiri ?

Demikian Jawaban Analisa pemerintahan pusat dan daerah? Semoga membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban. Kemudian kami sarankan untuk melakukan pencarian soal selanjutnya dan temukan jawabannya hanya di situs kami.

BACA JUGA  Seseorang hanya dapat membaca buku pada jarak 60 cm. Berapa daya lensa yang digunakan agar jarak bacanya menjadi normal 30 cm?

Dislcaimer :

Jawaban yang disediakan diatas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti diatas. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, Trimakasih

BACA JUGA  Proses ini merupakan teknik menemukan informasi penting dan informasi yang tidak relevan dan menjadi kunci dalam berpikir komputasional. Pernyataan tersebut termasuk teknik ?

anancomputer.com