dari nama-nama kerajaan sulawesi,pilih salah satu dan berikan penjelasan secara singkat tentang kerajaan tersebut, misal kapan berdirinya,siapa rajanya,pernahkah berperang melawan belanda dan sebagainya?

Pertanyaan :

dari nama-nama kerajaan sulawesi,pilih salah satu dan berikan penjelasan secara singkat tentang kerajaan tersebut, misal kapan berdirinya,siapa rajanya,pernahkah berperang melawan belanda dan sebagainya?

Jawaban :


Kelas: xi, pelajaran: sejarah, kategori: opti, kata kunci: Kasultanan Gowa, Sultan Hasanuddin, Ayam Jantan dari Timur, Kasultanan Gowa., Kasultanan Gowa bisa disebut sebuah kerajaan serikat. Dikatakan demikian, sebab kerajaan Gowa merupakan integrasi dari sembilan kerajaan yakni, Tombolo, Lakiung, Parang-Parang, Data, Agangjene, Saumata, Bissei, Sero dan Kalili. Oleh sebab itu Kasultanan Gowa juga dikenal sebagai Bate Salapang (sembilan Bendera)., Pusat kerajaan Gowa berada di Makassar, Sulawesi Selatan. Kerajaan ini diperkirakan berdiri sejak abad ketigabelas. Kerajaan ini dikategorikan sebagai kerajaan maritim, dengan perdagangan rempah-rempah sebagai komuditas unggulan., Sebagai sentra rempah, maka wilayah ini menarik minat VOC untuk mendatanginya. Awalnya kedatangan VOC tsb untuk tujuan dagang. Namun lambat laun, karena tingginya nilai komuditas rempah di pasar Internasional, VOC hendak memonopoli perdagangan rempah sehingga menimbukan percikan konflik dengan penguasa setempat. Puncaknya pada abad ketujuhbelas, yakni pada 1666 tatkala Laksamana Cornelis Speelman berusaha menundukkan kerajaan-kerajaan kecil di Sulawesi., Usaha Speelman tersebut tidak berjalan mulus manakala mendapatkan perlawanan dari Sultan Hasanuddin (nama asli , ) yang baru saja naik tahta. Dengan mengintegrasikan kerajaan-kerajaan kecil di Sulawesi, Hasanuddin membuat perlawanan dengan pasukan VOC. Karena keberanian dan kepatriotikannya, maka Hasanuddin dijuluki Ayam Jantan dari Timur. ,

BACA JUGA  Apakah tagihan listrik Rp1.376.080,00 dapat dinyatakan sebagai linear satu variabel?

Demikian Jawaban dari nama-nama kerajaan sulawesi,pilih salah satu dan berikan penjelasan secara singkat tentang kerajaan tersebut, misal kapan berdirinya,siapa rajanya,pernahkah berperang melawan belanda dan sebagainya? Semoga membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban. Kemudian kami sarankan untuk melakukan pencarian soal selanjutnya dan temukan jawabannya hanya di situs kami.

BACA JUGA  Berat Sebuah mobil ditumpu oleh keempat bannya. tekanan gauge udara didalam ban adalah 2,0 bar (1 bar 10 pangkat 5 Pa) dan luas tiap ban yang bersentuhan dengan jalan adalah 140 cm2. Massa mpbil itu adalah… (g= 10 m/s2)

Dislcaimer :

Jawaban yang disediakan diatas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti diatas. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, Trimakasih

BACA JUGA  Dedaunan, angin sepoi, kemilau, menghampar, hijau, sejuk.Kata-kata tersebut sangat cocok jika digunakan untuk membuat puisi dengan tema?

anancomputer.com