Separatisme adalah ?

Separatisme adalah ?

Separatisme adalah sebuah paham, sedangkan separatis adalah orang (golongan) yang menghendaki pemisahan diri dari suatu persatuan; golongan (bangsa) untuk mendapatkan dukungan. Jadi orang yang melakukan separatisme adalah atau disebut juga dengan separatis. Gerakan separatisme ini memiliki tujuan untuk memisahkan diri dari suatu wilayah atau negara. Hal ini dilakukan untuk membuat suatu wilayah atau golongan merdeka dan mendapatkan kedaulatannya sendiri sebagai negara baru. Contoh gerakan separatisme yang pernah terjadi di Indonesia adalah Pemberontakan PKI di Madiun, Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat, G30S/PKI, Republik Maluku Selatan (RMS).

BACA JUGA  Berikut yang tidak termasuk dalam ciri-ciri musik abad Pertengahan adalah …

Disclaimer:Jawaban yang disediakan di atas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti di atas. Mudah-mudahan bisa beranafaat

BACA JUGA  hasil pendataan kegemaran siswa di suatu sekolah, terdapat 63 orang melukis, 76 orang gemar menyanyi, 39 orang gemar keduanya. banyak siswa disekolah tersebut adalah ..???