. Desain mempunyain sejumlah enam prinsip. Jelaskan makna dari masing-masing prinsipnya !

Ketika kita hendak membuat sebuah karya, salah satunya yaitu seni rupa merupakan satu hal yang tidak dapat dilepaskan, yaitu desain. Desain mempunyain sejumlah enam prinsip. Jelaskan makna dari masing-masing prinsipnya

a. Keseimbangan (balance), b. Kesatuan (unity), c. Irama (rhytym), d. Proporsi, e. Keselarasan

Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah : a. Keseimbangan (balance). Prinsip keseimbangan berkaitan dengan bobot. Keseimbangan atau balance merupakan prinsip dalam komposisi yang menghindari kesan berat sebelah atas suatu bidang atau ruang yang diisi dengan unsur-unsur rupa.

BACA JUGA  bagaimana negara indonesiayang demokratis berdasarkan identitas nasional kearifan lokal dan NKRI dapat terjaga?

b. Kesatuan (unity). Kesatuan merupakan prinsip yang utama dimana unsur-unsur seni rupa saling menunjang satu sama lain dalam membentuk komposisi yang bagus dan serasi. Yang dimaksud prinsip kesatuan adalah wadah unsur-unsur lain di dalam seni rupa sehingga unsur-unsur seni rupa yang ada menjadi saling berhubungan satu sama lain dan tidak berdiri sendiri.

c. Irama (rhytym). Irama atau rythme sebagai prinsip seni rupa berarti pengulangan satu atau lebih unsur secara teratur dan terus menerus sehingga mempunyai kesan bergerak. Susunan atau perulangan prinsip dari unsur-unsur rupa yang diatur, berupa susunan garis, susunan bentuk atau susunan variasi warna dalam sebuah karya seni.

BACA JUGA  Indonesia menjalankan hubungan internasional dengan berbagai negara di dunia. Hubungan internasional tersebut dijalankan berdasarkan politik luar negeri Indonesia bebas aktif yang diabdikan bagi kepentingan nasional, pernyataan yang kurang tepat dengan kebijakan politik luar negeri Indonesia adalah?

d. Proporsi. Proporsi adalah perbandingan antara bagian-bagian yang satu yang lainnya dengan pertimbangan seperti: besar-kecil, luas-sempit, panjang-pendek, jauh –dekat dan yang lainnya.

e. Keselarasan. Keselarasan adalah prinsip yang digunakan untuk menyatukan unsur-unsur yang ada dalam seni rupa agar menciptakan perpaduan yang selaras. Dengan keselarasan tersebut, maka akan tercipta sebuah karya seni rupa yang indah dan menarik. Prinsip ini timbul karena ada kesamaan, kesesuaian, dan tidak adanya pertentangan.

BACA JUGA  Dampak positif dan negatif kondensasi?

Disclaimer:Jawaban yang disediakan di atas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti di atas. Mudah-mudahan bisa beranafaat