Apa perbedaan Objek, Keterangan & Pelengkap

Apa perbedaan Objek, Keterangan & Pelengkap

Perbedaan objek, keterangan dan pelengkap adalah 1) objek merupakan sesuatu yang dikenai perbuatan/perlakuan oleh subjek dan dimunculkan dalam kalimat yang predikatnya kata kerja transitif, 2) keterangan merupakan sesuatu yang berfungsi untuk memberikan keterangan pada kalimat dan wajib dimunculkan apabila menjadi bagian dari predikat, dan 3) pelengkap merupakan sesuatau yang berfungsi untuk melengkapi informasi dan struktur kalimat. Pelengkap dimunculkan apabila sebuah kalimat menggunakan predikat yang bentuknya kata kerja intransitif. Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut. Kalimat adalah gabungan beberapa kata yang sedikitnya mengandung subjek dan predikat. Kalimat yang lengkap memiliki lima buah unsur, yaitu subjek, predikat, objek, keterangan, dan pelengkap. Subjek dan predikat merupakan unsur penting dalam kalimat, sedangkan objek, keterangan, dan pelengkap merupakan unsur penunjang sebuah kalimat. -Objek merupakan sesuatu yang dikenai perbuatan/perlakuan oleh subjek dan berfungsi untuk memperjelas kalimat. Objek harus dimunculkan apabila sebuah kalimat mengunakan predikat yang bentuknya kata kerja transitif. -Keterangan merupakan sesuatu yang berfungsi untuk memberikan keterangan pada kalimat. Keterangan wajib dimunculkan apabila menjadi bagian dari predikat. -Pelengkap merupakan sesuatau yang berfungsi untuk melengkapi informasi dan struktur kalimat. Pelengkap dimunculkan apabila sebuah kalimat menggunakan predikat yang bentuknya kata kerja intransitif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perbedaan objek, keterangan dan pelengkap adalah 1) objek merupakan sesuatu yang dikenai perbuatan/perlakuan oleh subjek dan dimunculkan dalam kalimat yang predikatnya kata kerja transitif, 2) keterangan merupakan sesuatu yang berfungsi untuk memberikan keterangan pada kalimat dan wajib dimunculkan apabila menjadi bagian dari predikat, dan 3) pelengkap merupakan sesuatau yang berfungsi untuk melengkapi informasi dan struktur kalimat. Pelengkap dimunculkan apabila sebuah kalimat menggunakan predikat yang bentuknya kata kerja intransitif.

BACA JUGA  Sebanyak 30 ml larutan Ca(OH)2 0,09 M ditambah 20 ml larutan H2SO4 sehingga pH berubah menjadi 3-log 6. Jika larutan H2SO4 yang digunakan berasal dari larutan baku 100 ml, massa H2SO4  yang terlarut sebesar … g (Mr H2SO4 = 98 g/mol)

Disclaimer:Jawaban yang disediakan di atas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti di atas. Mudah-mudahan bisa beranafaat

BACA JUGA  b.k..?