tujuan teks ulasan adalah untuk mengetahui hubungan suatu karya dengan karya lain yang serupa. tersebut terjadi jika kita mengulas ….

tujuan teks ulasan adalah untuk mengetahui hubungan suatu karya dengan karya lain yang serupa. tersebut terjadi jika kita mengulas ….

Jawaban dari soal di atas adalah jika kita mengulas novel dan cerpen. Untuk memahami alasan jawaban tersebut, silakan cermati pembahasan berikut. Teks ulasan merupakan karangan atau tulisan yang berisi ulasan, pertimbangan, atau pembicaraan mengenai suatu karya. Tujuan teks ulasan sebagai berikut. 1) Menunjukkan pandangan atau penilaian penulis resensi terhadap suatu karya. 2) Memberikan informasi kepada publik tentang kelayakan yang dimiliki suatu karya. 3) Membantu pembaca untuk mengetahui isi suatu karya. 4) Memberikan informasi kepada pembaca tentang kelebihan dan kekurangan karya yang diulas atau diresensi. 5) Mengetahui perbandingan karyaa tersebut dengan karya lain yang sejenis. 6) Memberikan informasi yang komprehensif tentang suatu karya. 7) Memberi tahu dan mengajak pembaca untuk merenungkan, memikirkan dan mendiskusikan masalah yang terdapat dalam suatu karya. 8) Memberikan pertimbangan pada pembaca apakah suatu karya tersebut pantas untuk dinikmati atau tidak. 9) Memudahkan pembaca dalam memahami hubungan suatu karya dengan karya lain yang serupa. 10) Memberikan pertimbangan bagi pembaca sebelum memutuskan untuk memilih, membeli dan menikmati suatu karya. Adapun struktur teks ulasan sebagai berikut. 1. Identitas karya: bagian yang berisi judul karya, pengarang, penerbit, tebal halaman, dan ukuran buku. 2. Orientasi: bagian yang berisi penjelasan mengenai tingkat popularitas karya yang diulas. 3. Sinopsis: bagian yang berisi ringkasan karya yang diulas. 4. Analisis: bagian yang berisi penjelasan tentang unsur-unsur karya, misalnya tema, tokoh, penokohan, maupun alur. 5. Evaluasi: bagian yang berisi penjelasan mengenai keunggulan dan kelemahan karya yang diulas. Berdasarkan pemaparan tersebut, tujuan teks ulasan adalah untuk mengetahui hubungan suatu karya dengan karya lain yang serupa tersebut terjadi jika kita mengulas novel dan cerpen karena keduanya memiliki unsur-unsur yang sama, seperti tema, tokoh, penokohan, maupun alur. Dengan demikian, jawaban dari soal di atas adalah jika kita mengulas novel dan cerpen.

BACA JUGA  Descriptive text about school library, please :)

Disclaimer:Jawaban yang disediakan di atas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti di atas. Mudah-mudahan bisa beranafaat

BACA JUGA  sebuah meja mempunyai masa 10 kg kemudian meja tersebut di geser lurus selama 3 sekon dengan percepatan 2 m/s.besar usaha yang di hasailkan adalah…