Faktor yang memengaruhi indeks pembangunan manusia

Faktor yang memengaruhi indeks pembangunan manusia

Jadi, jawaban yang benar dari pertanyaan ini adalah bahwa indeks pembangunan manusia dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah pendidikan, kondisi kesehatan, dan tingkat pendapatan masyarakat. Berikut adalah penjelasannya! Indeks pembangunan manusia atau yang sering disebut dengan IPM merupakan standart suatu negara dikatakan menjadi sebuah negara maju atau negara yang sedang berkembang. Angka IPM dilihat berdasarkan tiga hal yaitu angka melek huruf, angka harapan hidup, dan tingkat kesejahteraan masyarakat. Jika diuraikan ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi angka IPM yaitu sebagai berikut : 1. Kondisi pendidikan, yang dilihat dari sarana dan fasilitas pendidikan, tingkat pendidikan masyarakat, dan kemampuan membaca dan menghitung masyarakat. Untuk meningkatkan kondisi ini yaitu dengan memperbaiki dan meningkatkan pendidikan masyarakat. 2. Angka harapan hidup dapat ditingkatkan dengan memperbaiki fasilitas kesehatan, kondisi makanan yang bergizi bagi masyarakat serta menciptakan pola hidup sehat bagi masyarakat. 3. Pendapatan masyarakat dapat ditingkatkan dengan membuka lapangan pekerjaan dan lebih kreatif dalam membuka usaha. Jadi, faktor yang mempengaruhi angka IPM atau indeks pembangunan manusia adalah angka melek huruf, angka harapan hidup, dan pendapatan atau kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA  Apa yang di maksud dengan majas?

Disclaimer:Jawaban yang disediakan di atas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti di atas. Mudah-mudahan bisa beranafaat

BACA JUGA  Tuliskan hadis yang menjelaskan bahwa ibu adalah manusia yang paling pertama untuk dihormati sebelum seorang ayah berikan alasannya mengapa ibu menduduki posisi istimewa ?