Jelaskan pemahaman anda mengenai resolusi konflik melalui kearifan lokal.

Jelaskan pemahaman anda mengenai resolusi konflik melalui kearifan lokal.

Mindes mengemukakan bahwa resolusi konflik adalah kemampuan untuk menyelesaikan perbedaan dengan yang lainnya dan aspek penting pada pembangunuan sosial dan moral yang membutuhkan penilaian dan keterampilan untuk bernegoisasi, kompromi serta mengembangkan rasa keadilan.

BACA JUGA  Jelaskan dilaksanakannya otonomi daerah di indonesia

Sedangkan Kearifan lokal merupakan identitas ataupun kepribadian budaya sebuah bangsa yang menyebabkan bangsa tersebut mampu menyerap, bahkan mengolah kebudayaan yang berasal dari luar/bangsa lain menjadi watak dan kemampuan sendiri.

Resolusi konflik melalui kearifan lokal dapat diartikan sebagai upaya untuk menemukan solusi atau jalan penyelesaian konflik melalui pandangan hidup atau kesamaan nilai-nilai dari masing-masing suku bangsa yang dimiliki oleh masyarakat setempat. contohnya adalah ada kasus perbedaan yang menimbulkan konflik antara kelompok jurnalis Islam dan jurnalis Kristen namun sekarang mereka sudah disatukan dengan nama jurnalis Maluku.

BACA JUGA  Apa itu ide pokok ?  

Disclaimer:Jawaban yang disediakan di atas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti di atas. Mudah-mudahan bisa beranafaat

BACA JUGA  Situs peninggalan masa islam daan praaksara yg sekarang menjadi objek wisata?