Tulislah contoh hadis yang menjelaskan nikmatnya menjadi hamba yang bersyukur dan sabar!

Tulislah contoh hadis yang menjelaskan nikmatnya menjadi hamba yang bersyukur dan sabar!

Jawabannya adalah sebagai berikut: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: عَجَبًا ِلأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ لَهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَلِكَ ِلأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ، إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْراً لَهُ Artinya: “Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya.” (Hadits shohih. Diriwayatkan oleh Muslim, no. 2999 dari Abu Yahya Shuhaib bin Sinan radhiyallahu ‘anhu).

BACA JUGA  c. HCI 0,1 M atau H2SO4 0,1 M   

Sabar dan syukur adalah dua sifat terpuji yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Seorang muslim harus bersabar ketika mendapat ujian atau cobaan dari Allah SWT dan dia akan bersyukur ketika mendapat nikmat dari Allah SWT.

BACA JUGA  Contoh sumber energi tak terbarukan adalah?

Disclaimer:Jawaban yang disediakan di atas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti di atas. Mudah-mudahan bisa beranafaat

BACA JUGA  Apa ragam bahasa yang digunakan,struktur teks dan pihak yang terlibat dalam negosiasi