Buat teks eksplanasi tentang pelangi!!

Pertanyaan :

Buat teks eksplanasi tentang pelangi!!

Jawaban :


Pelangi atau bianglala adalah gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yg tampak di langit atau medium lainnya. Di langit, pelangi tampak sebagai busur cahaya dgn ujungnya mengarah pada horizon pda suatu saat hujan ringan. Pelangi jga dapat dilihat di sekitar air terjun yg deras., cahaya matahari adalah cahaya polikromatik (terdiri dri banyak warna). Warna putih cahaya matahari sebenarnya adalah gabungan dri berbagai cahaya dgn panjang gelombang yg berbeda beda. Mata manusia sanggup mencerap paling tidak tujuh warna yg dikandung cahaya matahari yg akan di lihat pada pelangi : merah jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu., panjang gelombang cahaya ini membentuk pita garis garis paralel, tiap warna bernuansa dgn warna di sebelahnya. Pita ini di sebutspektrum warna. Di dlm spektrum warna, garis merah selaluberada pada salah satu sisi dan biru serta ungu di sisi lain, dan ini ditentukan oleh perbedaan panjang gelombang., Pelangi tdk lain adalah busur spektrum warna besar berbentuk lingkaran yg terjadi krna pembiasan cahaya matahari oleh butir butir air. Ketika cahaya matahari melewati butiran air, ia membias seperti ketika menembis prisma kaca dan keluar menjadi spektrum warna pelangi. Jdi di dlm tetesan air, kta sudah mendapatkan warna yg berbeda beda berderet dri satu sisi ke sisi tetesan air lainnya. Beberapa dari cahaya berwarna ini kemudian di pantulkan dri sisi yg jauhpdatetesan air, kembali dan keluar lgi dri tetesan air. Cahaya keluar kembali dri warna pda pelangi itu tersusun dgn merah di paling atas dan ungu di paling bawah pelangi., Pelangi terlihat sebagai busur dri prmukaan bumi krna terbatasnya sudut pandang mata, jika titik pandang d temat yg tinggi misalnya dri pesawat terbang dpt di lihat sebagai spektrum warna yg lengkap yaitu berbentuk lingkaran. Pelangi hanya dpt di lihat saat hujan bersamaan sgn matahari bersinar, tpi dri sisi sisi yg berlawanan dgn si pengamat. Posisi si pengamat harus berada di antaramatahari dan tetesan air dgn matahari di belakang org tersebut. Matahari, mata si pengamat, dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus.

BACA JUGA  mengapa kasus pengingkaran kewajiban korupsi dapat terjadi? dan bagaimana hubungan antara pengingkaran kewajiban dan rasa tanggungjawab pribadi terhadap kasus korupsi?

Demikian Jawaban Buat teks eksplanasi tentang pelangi!! Semoga membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban. Kemudian kami sarankan untuk melakukan pencarian soal selanjutnya dan temukan jawabannya hanya di situs kami.

BACA JUGA  Dua buah bejana, 1 dan 2 , masing-masing berisi cairan yang massa jenisnya rho dan 2rho. Pada bagian bawah masing-masing bejana diberi saluran yang luas penampangnya sama. Jika tinggi permukaan cairan sama, perbandingan kecepatan aliran cairan di bejana 1 dan 2 adalah…..

Dislcaimer :

Jawaban yang disediakan diatas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti diatas. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, Trimakasih

BACA JUGA  Bagian magnet yang garis gaya mangentnya paling rapat

anancomputer.com