Tauhkah kalian siapa suku induk indonesia?

Pertanyaan :

Tauhkah kalian siapa suku induk indonesia?

Jawaban :


Suku bangsa merupakan suatu kesatuan sosial yang terikat oleh kesadaran terhadap kesatuan budaya, kesatuan bahasa serta kesatuan geografis. Induk suku bangsa yang ada di Indonesia berasal dari daratan Asia (Yunan). Suku bangsa tersebut dalam perkembangannya menjadi nenek moyang suku bangsa Indonesia dan melahirkan keturunan menjadi beberapa suku bangsa, antara lain ras Melayu yang meliputi suku bangsa Dayak, Toraja, dan Sasak. Ras Melanesoid yang meliputi suku-suku yang ada di Papua.
Suku bangsa yang ada di Indonesia dapat dikelompokkan menjadi suku bangsa Indonesia pribumi, suku bangsa asing, dan suku bangsa terasing. Suku bangsa pribumi terdiri atas penduduk yang secara keturunan merupakan asli Indonesia. Sementara, suku bangsa asing terdiri atas penduduk yang berasal dari keturunan asing dan campuran seperti keturunan Cina, Arab dan India serta campuran Eropa dan Indonesia yang dikenal dengan sebutan orang Indo. Adapun suku bangsa terasing terdiri atas masyarakat yang terisolasi dan relatif terbatas dalam berkomunikasi dengan masyarakat yang lebih maju. Karena itu, kehidupannya terbelakang dan berada di daerah pedalaman.
Keragaman suku bangsa yang ada di Indonesia tersebar di 33 Provinsi. Adapun suku bangsa tersebut adalah sebagai berikut.
a. Suku bangsa yang terdapat di Pulau Sumatra terdiri dari suku Aceh, Batak, dan Minangkabau.
b. Suku bangsa yang terdapat di Pulau Jawa terdiri dari suku Betawi, Sunda, Jawa, dan suku bangsa yang ada di Bali.
c. Suku bangsa di Pulau Sulawesi terdiri dari Sulawesi Utara suku Minahasa atau orang manado; Sulawesi Selatan suku Toraja, Makasar dan Bugis; Sulawesi Tengah dan Tenggara suku Paleng, Banggai, Tomini, Buton, Bone, dan Mandar.
d. Suku bangsa yang terdapat di Papua (Irian Jaya) terdiri dari suku Asmat, Dani, dan Arfak.
e. Suku bangsa yang terdapat Pulau Kalimatan; kepulauan ini memiliki suku bangsa utama, yaitu suku Dayak.
f. Suku bangsa yang terdapat di Kepulauan Maluku; suku bangsa yang ada antara lain Ambon, Ternate, Obi, dan Aru. 🙂
,
Menurut ane, batak dengan dayak, karena tergolong dalam proto melay,

BACA JUGA  Sifat sifat ekosistem buatan

Demikian Jawaban Tauhkah kalian siapa suku induk indonesia? Semoga membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban. Kemudian kami sarankan untuk melakukan pencarian soal selanjutnya dan temukan jawabannya hanya di situs kami.

BACA JUGA  Jelaskan makna sumpah pemuda bagi bangsa indonesia adalah ?

Dislcaimer :

Jawaban yang disediakan diatas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti diatas. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, Trimakasih

BACA JUGA  #dengan penjelasan nya

anancomputer.com