Mengapa indonesia termssuk negara beriklim tropis

Pertanyaan :

Mengapa indonesia termssuk negara beriklim tropis

Jawaban :


Karena terletak di daerah khatulistiwa…. yang memiliki 2 musim,
,
Secara umum, Indonesia berada pada zone iklim tropis karena posisi lintangnya yang terletak antara 6xb0LU201311xb0LS. Namun karena adanya berbagai faktor geografb01s, pola iklim negara Indonesia memiliki karakteristik tersendiri. Beberapa faktor yang mem pengaruhi pola iklim Indonesia antara lain sebagai berikut., Letak wilayah Indonesia di sekitar ekuator mengakibatkan rata-rata suhu tahunan senantiasa tinggi (suhu bulan terdingin masih di atas 18xb0C), karena penyinaran Matahari senantiasa tegak., Letak kepulauan Indonesia di sekitar ekuator mengakibatkan sebagian besar wilayahnya berada pada kawasan angin tenang (doldrum) sehingga terbebas dari bencana akibat badai tropis (siklon)., Bentuk wilayah Indonesia berupa kepulauan yang dikelilingi laut mengakibatkan rata-rata kelembapan udara tinggi, bahkan pada musim kemaraupun kelembapan relatifnya masih di atas 70%201380%., Posisi negara Indonesia yang diapit oleh samudra dan benua mengakibatkan pola iklim Indonesia dipengaruhi sirkulasi angin muson yang berembus dari benua Asia atau Australia.

BACA JUGA   

Demikian Jawaban Mengapa indonesia termssuk negara beriklim tropis Semoga membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban. Kemudian kami sarankan untuk melakukan pencarian soal selanjutnya dan temukan jawabannya hanya di situs kami.

BACA JUGA  UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada saat disahkan meliputi?

Dislcaimer :

Jawaban yang disediakan diatas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti diatas. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, Trimakasih

BACA JUGA  Tolong dalil naqli (arab+arti) tentang tasamuh, aku jadikan yang teeerbaaaik

anancomputer.com