Jelaskan perkembangan kerajaan aceh darusallam ?

Pertanyaan :

Jelaskan perkembangan kerajaan aceh darusallam ?

Jawaban :


Kelas xii, sejarah, kerajaan aceh darussalam, kerajaan aceh darussalam adalah sebuah kerajaan islam yang berlokasi tak jauh dari kerajaan islam samudera pasai. awalnya kerajaan ini berpusat di Lamuri namun kemudian berpindah ke bandar aceh. kerajaan ini didirikan olehSultan Alaiddin Ali Mughaiyat Syah (916-936 H/1511-1530 M–sedang di wikipedia disebutkan berkuasa mulai 1496?), Kalau kita perhatikan perpindahan pusat pemerintahan dari Lamuri ke Bandar Aceh serta tahu berdirinya kerajaan ini (1496? atau 1511?) menunjukan indikasi kuat bahwa tampilnya kerajaan ini ke permukaan terjadi setelah Kesultanan Malaka jatuh ke tangan Portugis yang dipimpin olehalfonso de albuquerque., Seperti disebutkan banyak literatur sejarah, bahwa setelah Malaka jatuh para pedagang muslim membuat rute pelayaran baru melintasi punggung pulau sumatera di sebelah barat pulau. dan perubahan rute itu dibarengi dengan munculnya beberapa kerajaan (islam) baru seperti banten, johon juga aceh tentunya., Jadi, perkembangan kerajaan aceh darussalam sangat dipengaruhi oleh kejatuhan malaka, dan kerajaan ini berfungsi sebagai pengganti kesultanan islam di seberang pulau. Indikasi kuat ditambah tatkala pusat pemerintahan dipindah menjauh dari Malaka., Maka setelah itu, kerajaan ini memperluasa wilayah kekuasaannya. wilayah bekas kekuasaan pasai pun ditaklukanjuga perlak dan mencakup wilayah yang kini disebut provinsi Aceh.

BACA JUGA  Contoh Pencampuran Filtrasi (penyaringan),Sentrifugasi,Distilasi (penyulingan),Kromatografi,Sublimasi

Demikian Jawaban Jelaskan perkembangan kerajaan aceh darusallam ? Semoga membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban. Kemudian kami sarankan untuk melakukan pencarian soal selanjutnya dan temukan jawabannya hanya di situs kami.

BACA JUGA  c. hitung pH campuran

Dislcaimer :

Jawaban yang disediakan diatas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti diatas. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, Trimakasih

BACA JUGA  Apa saja bahan penyusun asteroid?

anancomputer.com