Sebutkan empat fungsi pemilihan umum sebagai sarana demokrasi di indonesia

Pertanyaan :

Sebutkan empat fungsi pemilihan umum sebagai sarana demokrasi di indonesia

Jawaban :


Dalam demokrasi, pemilu sangat penting artinya. Tidak ada demokrasi tanpa, terselenggaranya pemilu yang jujur dan demokratis. Kalau sebuah negara mengklaim, sebagai negara demokrasi tetapi di sana tidak ada pemilu atau kalaupun ada pemilunya, tidak demokratis, pasti demokrasi di negara itu bo2019ong-bo2019ongan. Sebab, pemilu merupakan, sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat dimana rakyat dapat memilih pemimpin politik, secara langsung. Yang dimaksud dengan pemimpin politik adalah wakil-wakil rakyat yang, duduk di lembaga perwakilan rakyat (parlemen) baik di tingkat pusat maupun daerah dan, pemimpin lembaga eksekutif atau kepala pemerintahan seperti presiden, gubernur, ata, bupati/walikota., Fungsi Pemil, Dalam perspektif demokrasi, pemilu memiliki beberapa manfaat. Pertama, pemil, merupakan implementasi perwujudan kedaulatan rakyat. Asumsi demokrasi adalah, kedaulatan terletak di tangan rakyat. Karena rakyat yang berdaulat itu tidak bisa, memerintah secara langsung maka melalui pemilu rakyat dapat menentukan wakil-wakilnya, dan para wakil rakyat tersebut akan menentukan siapa yang akan memegang tampuk, pemerintahan., Kedua, pemilu merupakan sarana untuk membentuk perwakilan politik. Melalui, pemilu, rakyat dapat memilih wakil-wakilnya yang dipercaya dapat mengartikulasikan, aspirasi dan kepentingannya. Semakin tinggi kualitas pemilu, semakin baik pula kualitas para, wakil rakyat yang bisa terpilih dalam lembaga perwakilan rakyat., Ketiga, pemilu merupakan sarana untuk melakukan penggantian pemimpin secara, konstitusional. Pemilu bisa mengukuhkan pemerintahan yang sedang berjalan atau untuk, mewujudkan reformasi pemerintahan. Melalui pemilu, pemerintahan yang aspiratif akan, dipercaya rakyat untuk memimpin kembali dan sebaliknya jika rakyat tidak percaya maka, pemerintahan itu akan berakhir dan diganti dengan pemerintahan baru yang didukung oleh, rakyat.Keempat, pemilu merupakan sarana bagi pemimpin politik untuk memperoleh, legitimasi. Pemberian suara para pemilih dalam pemilu pada dasarnya merupakan, pemberian mandat rakyat kepada pemimpin yang dipilih untuk menjalankan roda, pemerintahan. Pemimpin politik yang terpilih berarti mendapatkan legitimasi (keabsahan), politik dari rakyat.,
,
Pemilu
sebagai sarana demokrasi politik memiliki empat fungsi, yakni sebagai berikut., 1. Prosedur rakyat
dalam memilih dan mengawasi pemerintahan, ,
,
2. Legitimasi politik, Pemerintahan
yang terbentuk melalui pemilu memang menjadi pilihan rakyat sehingga memiliki
keabsahan. Pemerintahan yang absah akan merumuskan program dan kebijakan yang
akan ditaati oleh rakyat. Rakyat akan tunduk dan taat sebagai konsekuensi atas
pilihan dan partisipasi politik yang telah dilakukan. Dalam sistem demokrasi,
kehendak rakyat merupakan dasar bagi keabsahan pemerintahan.
,
,
,
, 4. Pendidikan politik, Fungsi
pendidikan politik melalui pemilu merupakan pendidikan yang bersifat langsung,
terbuka, dan massal karena dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran
masyarakat dalam berdemokrasi. Melalui fungsi pendidikan politik inilah pemilu
berperan sebagai sarana pengembangan budaya politik demokratis. Oleh sebab itu,
pemilu harus dilaksanakan secara demokratis pula,

BACA JUGA  1. diketahui massa atom relatif (Ar) N=14, dan O=16.Pertanyaan a.berapa molekul terdapat dalam 84 gram oksigen? b. berapa molekul terdapat dlm 15 gram nitrogen oksida?

Demikian Jawaban Sebutkan empat fungsi pemilihan umum sebagai sarana demokrasi di indonesia Semoga membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban. Kemudian kami sarankan untuk melakukan pencarian soal selanjutnya dan temukan jawabannya hanya di situs kami.

BACA JUGA  Rahmat akan membuat kerangka balok yang terbuat dari kawat dengan ukuran 25 cm x 20 cm x 10 cm, jika ia memiliki kawat sepanjang 5 m, maka sisa kawatnya adalah ….

Dislcaimer :

Jawaban yang disediakan diatas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti diatas. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, Trimakasih

BACA JUGA  Penyelesaian persamaan sinx+cosx=0,pada interval 0derajat《x《360derajat adalah…pake caraaa

anancomputer.com