4 fungsi dasar nada pentatonis?

Pertanyaan :

4 fungsi dasar nada pentatonis?

Jawaban :


TANGGA NADA PENTATONIS adalah tangga nada yang menggunakan lima nada pokok., Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Instrumen dalam musik Sintren Brebes yaitu terdapat instrumen moderen seperti gitar elektrik dan keyboard. Gitar elektrik bermain dengan berimprovisasi nada-nada yang menggunakan tangga nada pentatonis pelog dan pentatonis slendro. Instrumen gitar elektrik tidak bermain sebagai pengiring tetapi bermain sebagai melodi utama. Instrumen keyboard bermain hanya sebagai pengiring (memainkan akor). Instrumen selanjutnya adalah gendang dan vokal. Permainan gendang dalam Sintren Brebes bermain secara berimprovisasi tetapi tetap dalam tempo aslinya (a tempo). Vokal bermain menggunakan teknik sinden sunda; (2) Periode/kalimat pada lagu Sintren Brebes merupakan melodi berjalan yang temanya berkembang atau bisa dikatakan perkembangan tema melodi yang menjadi sebuah lagu. Bisa disebut repetisi, yaitu pola gerakan yang diulang-ulang. Berdasarkan hasil analisis tangga nadanya terdapat dua tangga nada, yaitu Tangga Nada Slendro yang terdiri dari nada 1 (ji) 2013 2 (ro) 2013 3 (lu) 2013 5 (mo) 2013 6 (nem) dan Tangga Nada Pelog yang terdiri dari nada 1 (ji) 2013 3 (lu) 2013 4 (pat) 2013 5 (mo) 2013 7 (pi); (3) Harmoni/akor yang digunakan yaitu akor I-ii-iii-IV-V-vi. Akor I 2013 IV – V selalu digunakan dalam suasana mayor, sedangkan akor ii, iii dan vi selalu dalam suasana minor. Karena yang digunakanb adalah tangga nada pentatonis pelog dan pentatonis slendro. Tetapi dalam progresi akornya sudah terdapat akor oktaf (P8) dan balikan., Pentatonik banyak digunakan untuk musik modern maupun tradisional di berbagai negara di dunia ini., Dari Indonesia, tanah air kita sendiri: gamelan jawa misalnya, mempunyai tangga nada pentatonik,, misalnya laras(tangga nada) slendro, polanya: 12356 disebut dengan ji, ro, lu, mo, nem berulang tiap, lima nada, naik atau turun., Seperti pada tangga nada diatonis, pentatonis diklasifikasi dengan mayor dan minor juga., – Penulisan sunda: 1 2 3 4 5 i-Dibaca: do, mi, na, ti, la, da-Nada diatonis: do, si, sol, fa, mi, do, -Penulisan jawa: 3 4 5 7 i 3-Dibaca: lu pat mo pi ji lu-Nada diatonis: mi, fa, sol, si, do, mi, – Penulisan sunda: 1 2 3 4 5 i-Nada diatonis: do la sol mi re do-Penulisan jawa: 1 2 3 4 5 i-Dibaca: ji ro lu mo nem ji, -Penulisan sunda: 1 2 3 4 5 i-Dibaca: do mi na ti la da,

BACA JUGA  Volume sebuah tabung tertutup adalah 128π m^3. Jika tabung tsb dibuat sehingga luas seluruh permukaan menjadi sekecil mungkin, maka tinggi tabung menjadi.. (tolong sama penjelasannya ya) :)

Demikian Jawaban 4 fungsi dasar nada pentatonis? Semoga membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban. Kemudian kami sarankan untuk melakukan pencarian soal selanjutnya dan temukan jawabannya hanya di situs kami.

BACA JUGA  Sebutkan Kata – kata Sifat pada lagu Jar of hearts (christina perry),serta kata kerjanya,& kata benda.. sebanyak mungkin . !

Dislcaimer :

Jawaban yang disediakan diatas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti diatas. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, Trimakasih

BACA JUGA  Iman kepada malaikat termasuk rukun iman yang ?

anancomputer.com