jika memang peranan ASEAN menguntungkan bagi indonesia, mengapa sepertinya indonesia belum makmur seperti negara negara ASEAN lainnya ?

Pertanyaan :

jika memang peranan ASEAN menguntungkan bagi indonesia, mengapa sepertinya indonesia belum makmur seperti negara negara ASEAN lainnya ?

Jawaban :


Karna kita masih jauh tertinggal, ASEAN hanya mengajak kerja sama bukan menjamin kemakmuran indonesia, kemakmuran indonesia kita sendiri yang ciptakan, karna itu sebagai negara demokrasi maka kemakmuran oleh rakyat demi rakyat untuk rakyat,
,
Kemakmuran suatu bangsa/negara bukan saja karena suatu lembaga atau kerjasama dengan negara lain, melainkan karena kapasitas pemimpin dan kesadaran rakyatnya. Asean hanya wadah/alat untuk mencapai kemakmuran Indonesia. Tapi, Asean tidak akan berguna bila kita tidak benar2 memanfaatkannya. bila kita(rakyat) hanya terfokus kepada kepentingan pribadi, dan melimpahkan kepentingan umum hanya kepada pemimpin negara, kita tak akan makmur. seharusnya kita juga turut berpartisipasi dengan cara membuka lapangan pekerjaan atau membantu/memakmurkan masyarakat sekitar. jadi, kemakmuran bangsa ini tergantung kita. bukan “itu” dan “mereka”

BACA JUGA  Jelaskan cara mencari sudut pusat dan sudut keliling lingkaran

Demikian Jawaban jika memang peranan ASEAN menguntungkan bagi indonesia, mengapa sepertinya indonesia belum makmur seperti negara negara ASEAN lainnya ? Semoga membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban. Kemudian kami sarankan untuk melakukan pencarian soal selanjutnya dan temukan jawabannya hanya di situs kami.

BACA JUGA  Apa yang dimaksud dengan asean primary school mathematics and science olympiad

Dislcaimer :

Jawaban yang disediakan diatas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti diatas. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, Trimakasih

BACA JUGA  jika modus data dia atas adalah 54 . tentukanlah rata-rata dan median data tersebut ! 

anancomputer.com