Jelaskan proses berdirinya kerajaan demak?

Pertanyaan :

Jelaskan proses berdirinya kerajaan demak?

Jawaban :


Kelas: x, pelajaran: sejarah, kategori: opti, kata kunci: kerajaan islam, demak, wali songo, majapahit, Kerajaan Demak dapat disebut sebagai kelanjutan dari kerajaan Majapahit yang sinkretis (Hindu-Buddha). Raden Patah yang tak lain adalah penguasa Demak pertama merupakan keturunan dari trah Majapahit. Kerajaan ini juga merupakan kerajaan islam pertama di Pulau Jawa., Pada senjakala kejayaan Majapahit, Islam sudah mulai tumbuh dan menyebar di pesisir Jawa. Kala itu, Raden Rahmat (Sunan Ampel) sudah menyebarkan Islam di daerah pesisir yang kini dikenal sebagai Surabaya. Selain menjadi anggota keluarga kerajaan karena Raden Rahmat menikah dengan salah satu puteri kerajaan Majapahit, kondisi internal kerajaan Majapahit yang chaos akibat adanya perebutan kekuasaan di lingkungan keraton telah memberikan jalan lapang Raden Rahmat untuk menyebarkan Islam ke tanah Jawa., Setelah jaringan ulama di Jawa terbentuk, yang kemudian disebut sebagai Wali Songo (yang terdiri dari Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Drajat dll.), kondisi Majapahit telah berada dalam titik nadir. Maka kondisi itu dimanfaatkan oleh para Wali Songo dengan membentuk sebuah kerajaan Islam yang secara politis dan sosial dapat mengembangkan Islam di Jawa., Maka, Raden Patah yang tak lain murid dari Sunan Ampel dan merupakan keturunan dari keluarga kerajaan Majapahit didorong untuk melanjutkan estafet kekuasaan Majapahit dengan mendirikan kerajaan Demak pada akhir abad ke-15. Setelah kerajaan Demak yang beribu kota di Bintara, Demak, Jawa Tengah muncul kerajaan Islam Cirebon dan Banten.,

BACA JUGA  2) lim x -> 0 dari (1-cosx) / (tan^2 2x)

Demikian Jawaban Jelaskan proses berdirinya kerajaan demak? Semoga membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban. Kemudian kami sarankan untuk melakukan pencarian soal selanjutnya dan temukan jawabannya hanya di situs kami.

BACA JUGA  Seorang pengendara mobil melaluitempat penyebrangan dgn kecepatan 15m/s,padahal kecepatan diizinkan adalah 10m/s,,polisi yang sedang bertugas menjalankan motornya dgn percepatan 3,0m/s². Dit:1.kapan dan dimana pengendara tsb ditangkap polisi. 2.berapa kecepatan motor polisi saat menangkap?

Dislcaimer :

Jawaban yang disediakan diatas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti diatas. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, Trimakasih

BACA JUGA  Belah ketupat A’B’C’D’ adalah bayangan belah ketupat ABCD karena rotasi (0,180derajat). Jika koordinat titik A'(-4,1), B'(-1,-1), C'(2,1), D'(-1,3), tentukan koordinat titik A, B, C, D!

anancomputer.com