bagaimana cara suatu senyawa dikatakan rumus empiris dan rumus molekul ? dimana letak perbedaannya? bagaimana caranya? dan tunjukkan contoh soalnya..?

Pertanyaan :

bagaimana cara suatu senyawa dikatakan rumus empiris dan rumus molekul ? dimana letak perbedaannya? bagaimana caranya? dan tunjukkan contoh soalnya..?

Jawaban :


Suatu senyawa dapat dikatakan Rumus Empiris apabila ada perbandingan terkecil atom-atom dari unsur-unsur yang menyusun senyawa dan Suatu Senyawa dapat dikatakan Rumus Molekul apabila ada Jumlah atom-atom dari unsur-unsur yang menyusun satu molekul senyawa., Caranya:, 1.Mencari massa (Persentase) tiap unsur penyusun senyawa, 2.Mengubah ke satuan mol., 3.Perbandingan mol tiap unsur merupakan rumus empiris, 4.Mencari rumus molekul dengan cara (Mr rumus empiris)n = Mr rumus molekul,n dapat dihitung., 5.Mengalikan n yang diperoleh dari hitungan degan rumus empiris., Contoh soal:, Dalam ruang tertutup berisi 56 liter gas pada suhu 0xb0C dan tekanan 1 atm,mempunyai berat 175 g.Jika rumus empiris senyawa tersebut CH2082,tentukan rumus molekulnya!, Jawab:, Suhu 0xb0C dan tekanan 1 atm =STP, mol gas = volume gas/22,4 = 56/22,4 = 2,5 mol, Mr gas = Massa/mol = 175 g/2,5 mol = 70 g/mol, Rumus empiris(CH2082)n=70, (14)n = 70 , n = 5, Jadi,Rumus molekulnya C2085H20812080

BACA JUGA  Contoh teks eksposisi tentang remaja

Demikian Jawaban bagaimana cara suatu senyawa dikatakan rumus empiris dan rumus molekul ? dimana letak perbedaannya? bagaimana caranya? dan tunjukkan contoh soalnya..? Semoga membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban. Kemudian kami sarankan untuk melakukan pencarian soal selanjutnya dan temukan jawabannya hanya di situs kami.

BACA JUGA  Evaluasi yang dinyatakan dalam bentuk uraian untuk mengetahui dan penghambat keberhasilan aktor penentu keberhasilan disebut ..

Dislcaimer :

Jawaban yang disediakan diatas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti diatas. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, Trimakasih

BACA JUGA  – 3) = 2 ,  maka nilai x sama dengan …

anancomputer.com