Orang Itu Kaya. Orang Itu Pelit. Penggabungan Yang Tepat Untuk Kedua Kalimat Adalah

Orang itu kaya. Orang itu pelit.
Penggabungan yang tepat untuk kedua kalimat adalah ….
a. Orang itu kaya sehingga pelit
b. Orang itu kaya tapi pelit
c. Orang itu kaya dan pelit
d. Orang itu kaya jika pelit

Jawaban

Penggabungan kalimat berkaitan dengan pembentukan kalimat kompleks. Kalimat majemuk adalah kalimat yang tersusun atas setidaknya dua unsur klausa. Untuk membentuk kalimat majemuk, kita dapat menggunakan kata penghubung (konjungsi).

BACA JUGA  . 21/56 = 27/n , nilai n = .... a. 64 b. 68 c. 72 d. 78

Beberapa konjungsi, di antaranya:
1. Konjungsi penambahan, yaitu kata penghubung yang menunjukkan dua klausa dengan kedudukan yang setara, misalnya, dan, serta, lagipula.
2. Konjungsi sebab-akibat, yaitu kata hubung yang menunjukkan adanya hubungan penyebab di antara dua unsur bahasa, misalnya, sehingga, karena, sebab, karena, oleh karena itu.
3. Konjungsi syarat, yaitu kata hubung yang digunakan untuk menghubungkan unsur bahasa yang memiliki makna persyaratan, misalnya, apabila, asalkan, jika.
4. Konjungsi pertentangan, yaitu kata penghubung yang menghubungkan dua unsur bahasa dan menunjukkan adanya pertentangan, misalnya, tapi, tetapi, namun.

BACA JUGA  Alat Kelamin Betina Pada Bunga Disebut

Berdasarkan penjelasan di atas, penggabungan yang tepat untuk kedua kalimat adalah “Orang itu kaya tapi pelit.” Kedua kalimat tersebut menandakan adanya pertentangan sifat antara sifat “kaya” dan “pelit”.

BACA JUGA  Kita bisa mencium berbagai macam bau, hal ini merupakan kinerja dari indera … a. Pendengaran b. Pengecap c. Penciuman

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disclaimer:

Jawaban yang disediakan di atas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak.

Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti di atas.