Faktor apa yang mendorong cepatnya penyebaran agama islam di daerah pesisir indonesia ?

Pertanyaan :

Faktor apa yang mendorong cepatnya penyebaran agama islam di daerah pesisir indonesia ?

Jawaban :


Kelas X, Sejarah, Pengaruh Islam di Nusantara, Lombard dalam Nusa Jawa: Silang Budaya menyebutkan perbedaan mendasar kerajaan-kerajaan yang pernah tumbuh di nusantara, yakni (1) kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha yang konsentris (mengandalkan pertanian) karena letaknya di pedalaman dan lebih tertutup & (2) kerajaan-kerajaan islam yang kosmopolit (terbuka) dan berada di pesisir dan terbuka terhadap orang/pengaruh luar., seperti disebutkan banyak literatur, bahwa perdagangan antar pulau di nusantara menjadi lebih bergairah pada masa islam. menurut Lombart, hal itu sangat berkaitan dengan keberadaan pusat pemerintahan islam yang berada di pesisir., Pesisir adalah citra masyarakar yang terbuka (kosmopolit) dan lebih dinamis. ini merupakan watak dasar pedagang dibandingkan masyarakat petani yang lebih menekankan pada kebaikan alam., Jawabnnya: faktor apa yang menyebabkan islammudah berkemabang di Indonesia? selain perkawinan, sikap keterbukaan dan keluwesan adalah kunci. namun yang paling penting peletakan pusat pemerintahaan atau kota raja di pesisir mendorong penyebaran yang masif.

BACA JUGA  Apa Manfaat Puasa?

Demikian Jawaban Faktor apa yang mendorong cepatnya penyebaran agama islam di daerah pesisir indonesia ? Semoga membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban. Kemudian kami sarankan untuk melakukan pencarian soal selanjutnya dan temukan jawabannya hanya di situs kami.

BACA JUGA  kalor lebur timbal 25.000 J/kg setelah diberi kalor sebesar 5 x 10 pangkat 4 J timbal itu melebur. maka massa timba itu adalah … kg.

Dislcaimer :

Jawaban yang disediakan diatas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti diatas. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, Trimakasih

BACA JUGA  Perubahan suatu benda yang dapat menjadi bertambah panjang,lebar,luas atau berubah volumenya akibat pengaruh kalor atau panas disebut?

anancomputer.com