Cerita singkat tentang sultan baabullah ?

Pertanyaan :

Cerita singkat tentang sultan baabullah ?

Jawaban :


,
,
Sultan Baabullah(10 Februari1528- permulaan1583) adalahsultandan penguasaKesultanan Ternateke-24 yang berkuasa antara tahun1570-1583, ia merupakan sultanTernatedanMalukuterbesar sepanjang sejarah yang berhasil mengalahkanPortugisdan mengantarkan Ternate ke puncak keemasan di akhirabad ke-16. Sultan Baabullah juga dijuluki sebagai penguasa 72 pulau berpenghuni yang meliputi pulau2013pulau di nusantara bagian timur,Mindanaoselatan dankepulauan Marshall.
Masa muda
Dilahirkan tanggal10 Februari1528,kaicil(pangeran) Baab adalah puteraSultan Khairun(1535-1570) dengan permaisurinyaBoki Tanjung, puteriSultan Alauddin Idari Bacan. Sultan Khairun sangat memperhatikan pendidikan calon penggantinya, sejak kecil pangeran Baab bersama saudara-saudaranya telah digembleng oleh para mubalig dan panglima dimana ia memperoleh pemahaman tentang ilmu agama dan ilmu perang sekaligus. Sejak remaja ia juga telah turut mendampingi ayahnya menjalankan urusan pemerintahan dan kesultanan.Ketika pecahperang Ternate2013Portugisyang pertama (1559-1567), Sultan Khairun mengutus putera 2013 puteranya sebagai panglima untuk menghantam kedudukan Portugis di Maluku dan Sulawesi, salah satunya adalah pangeran Baab yang kemudian tampil sebagai panglima yang cakap dan berhasil memperoleh kemenangan bagi Ternate. Ternate sukses menahan ambisi Portugis sekaligus memenangkan banyak wilayah baru.

BACA JUGA  terdiri dari apa saja ?

Demikian Jawaban Cerita singkat tentang sultan baabullah ? Semoga membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban. Kemudian kami sarankan untuk melakukan pencarian soal selanjutnya dan temukan jawabannya hanya di situs kami.

BACA JUGA  Ciri hewan dalam golongan aves?

Dislcaimer :

Jawaban yang disediakan diatas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti diatas. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, Trimakasih

BACA JUGA  tolong dong buatin kata mutiara dri bhasa inggris !!! 5 saja….. tolong dibls dengan benar ya…. thanks

anancomputer.com