Perhatikan Cerita Berikut

Perhatikan cerita berikut!

Rara Kuning adalah putri Lembu Amiseno dari Kerajaan Doho. Dia sangat cantik Ketika Rara Kuning sakit tiada seorang bisa menyembuhkan. Rara Kuning mengembara tanpa mengenal lelah. Dia tidak pernah putus asa dengan naik gunung dan turun gunung. Akhirnya Rara Kuning singgah di Gunung Wilis bertemu dengan Resi Darmo. Di tempat itulah Rara Kuning dirawat hingga akhirnya sembuh .

Watak tokoh Rara kuning yang bisa kita teladani dengan cerita di atas adalah …

BACA JUGA  Posisi tubuh tengkurap/tiarap, kemudian bagian kepala sampe pinggang diangkat berulang- ulang, sedangkan bagian kaki dan paha masih menempel pada lantai disebut dengan gerakan...

answer choices
pemaaf

rendah hati

pantang menyerah

penyayang

Jawaban

Perwatakan adalah pelukisan mengenai tokoh cerita, baik keadaan lahirnya maupun batinnya yang dapat berubah, pandangan hidupnya, sikapnya, keyakinannya, adat istiadatnya, dan sebagainya.

Pengarang dapat menyampaikan watak tokoh melalui dua cara, yaitu:
1. Penyampaian watak secara langsung (analitik) adalah melalui pengarang itu sendiri. Pengarang akan mendeskripsikan seorang tokoh melalui penjelasan berupa kalimat-kalimat. Cara ini mempermudah pembaca memahami karakter tokoh karena penyampaian watak-wataknya dilakukan secara tersurat.
2. Penyampaian watak secara tidak langsung adalah melalui percakapan antar tokoh, pikiran tokoh, tindakan tokoh, serta pendapat tokoh lain. Kali ini pembaca mau tidak mau harus berpikir sedikit lebih keras untuk memahami karakter tokoh, karena watak-wataknya disampaikan secara tersirat.

BACA JUGA  . Lidah berguna untuk

Dalam kutipan teks tersebut, watak tokoh disampaikan secara langsung oleh penulis melalui kalimat yang berbunyi “Dia tidak pernah putus asa dengan naik gunung dan turun gunung”. Watak tokoh Rara Kuning yang pantang menyerah mengembara untuk mencari obat demi kesebuhannya.

BACA JUGA  .. Hasil dari 0,68 + 0, 35 – 0,28 adalah .... a. 0,5 b. 0,55 c. 0,75 d. 0,85

Dengan demikian, watak tokoh Rara Kuning adalah pantang menyerah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disclaimer:

Jawaban yang disediakan di atas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak.

Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti di atas.