Urutan Sistem Pencernaan Manusia Yang Benar Adalah

urutan sistem pencernaan manusia yang benar adalah?

Jawaban

Urutan sistem pencernaan manusia terdiri dari: mulut, faring, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.

Sistem pencernaan manusia sangat kompleks, hal ini dikarenakan sistem pencernaanlah yang akan berperan memproses makanan yang kita makan sekaligus mengolah zatnya supaya dapat bermanfaat untuk tubuh kita.

Nah, urutan sistem pencernaan manusia dari atas ke bawah, sebagai berikut:

Kita coba bahas yuk!

1. Mulut
Mulut merupakan organ pertama yang berperan sebagai tempat masuknya makanan. Nah, di dalam mulut terjadi dua proses pencernaan baik secara mekanik dan kimiawi. Proses pencernaan mekanik dilakukan oleh gigi dan kimiawi oleh enzim amilase.

BACA JUGA  Hasil pengerjaan dari 3/7 x 4/5 : 2/3 adalah

2. Faring
Setelah makanan masuk ke dalam mulut, makanan akan melalui faring. Faring dalam sistem pencernaan bertugas sebagai saluran penghubung antara mulut dengan esofagus.

3. Lambung
Di lambung makanan akan bertemu dengan banyak enzim, hal ini dikarenakan di lambung terjadi pencernaan kimiawi. Misalnya ada enzim lipase, pepsin, dan renin.

4. Usus halus
Selanjutnya ada usus halus, tempat dimana makanan akan dicerna. Enzim-enzim di dalam usus halus siap bertugas sesuai dengan fungsinya masing-masing. Contohnya enzim amilase (mengubah amilum menjadi glukosa), enzim tripsin (mengubah protein menjadi asam amino), enzim laktase (mengubah laktosa menjadi glukosa), dan lain-lain.

BACA JUGA  gula mempunyai rasa yang …

5. Usus besar
Jika proses pencernaan makanan sudah selesai di usus halus, maka makanan akan menuju ke usus besar. Proses yang terjadi di usus besar adalah pembusukan sisa makanan yang tidak dapat dicerna oleh usus halus dengan bantuan bakteri 𝘌𝘴𝘤𝘩𝘦𝘳𝘪𝘤𝘩𝘪𝘢 𝘤𝘰𝘭𝘪. Hasilnya proses pencernaannya adalah feses.

BACA JUGA  18, …, 20, 21, 22, 23, 24, 25, 26, …, 28, 29 Titik-titik di atas diisi oleh angka … dan … a. 19 dan 27 b. 19 dan 28 c. 20 dan 27 d. 19 dan 20

6. Anus
Anus berfungsi sebagai tempat pembuangan zat sisa makanan atau feses.

Nah, itulah urutan/proses yang ada pada sistem pencernaan pada manusia sehingga makanan dapat dicerna dengan baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disclaimer:

Jawaban yang disediakan di atas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak.

Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti di atas.