Mengapa marmer atau keramik lebih dingin daripada lantai karpet ?

Pertanyaan :

Mengapa marmer atau keramik lebih dingin daripada lantai karpet ?

Jawaban :


,
,
Ada dua alasan kenapa lantai keramik dan marmer lebih dingin dari pada karpet. Alasan pertama, karena temperatur kulit kita yang besarnya kurang sedikit dari 37oC sementara benda disekitar kita temperaturnya sama dengan suhu ruang (25oC). Maka tak heran hampir semua benda di sekitar kita akan terasa lebih dingin. Kecuali benda-benda seperti karpet, kayu, karet, dan lain-lain yang atom-atomya lebih kompleks (disebut isolator). Layaknya sifat air yang mengalir dari tinggi ke rendah, temperatur akan mengalir dari temperatur tinggi ke temperatur rendah. Oleh karena itu, kita akan merasakan benda di sekitar kita terasa dingin karena yang terjadi ketika itu panas tubuh kita mengalir ke benda (kita melepaskan kalor) sementara benda menerima panas dari tubuh kita.
Alasan kedua, karena benda-benda seperti baja, lantai keramik, marmer, dan juga jenis logam merupakan benda penghantar panas yang baik (disebut konduktor). Dengan kata lain, benda-benda tersebut akan menghisap dengan lebih rakus panas tubuh dibandingkan dengan benda seperti kayu, karpet, dan kapas. Benda-benda seperti kayu, karpet, dan kapas memiliki atom-atom yang besar, rumit dan terikat kuat sehingga tak mampu membuat elektron-elektron di tubuh kita bergerak cepat merambat ke benda tersebut. Semakin cepat suatu benda dapat mencuri panas dalam tubuh kita, maka akan terasa lebih dingin.

BACA JUGA  b) jika sebuah kulkas mendinginkan 200 g air dari 20 derajat celcius ke titik bekunya dalam 10 menit, berapa banyak kalor per menit harus diambil dari air?

Demikian Jawaban Mengapa marmer atau keramik lebih dingin daripada lantai karpet ? Semoga membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban. Kemudian kami sarankan untuk melakukan pencarian soal selanjutnya dan temukan jawabannya hanya di situs kami.

BACA JUGA  Dengan sumpah pemuda, suku bangsa dinegara kita menjadi ?

Dislcaimer :

Jawaban yang disediakan diatas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti diatas. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, Trimakasih

BACA JUGA  Makhluk gaib yang diciptakan oleh Allah Swt. dari api yang memiliki sifat ingin menyesatkan manusia agar jauh dari petunjuk serta hidayah Allah Swt. dan selalu berbuat maksiat, makhluk itu diberi sebutan?

anancomputer.com