Apa saja dampak terjadinya interaksi sosial antarbangsa?

Pertanyaan :

Apa saja dampak terjadinya interaksi sosial antarbangsa?

Jawaban :


Interaksi yang terus menerus antarsuku bangsa di suatu lokasi dapat berdampak positif maupun negatif. Dampak positif terlihat dari adanya kerja sama, dan saling pengertian. Sedangkan dampak negatif dapat kita lihat beberapa kasus yang terjadi di Ambon, Poso, Aceh, dan Papua. Kasus ini muncul akibat ketidakseimbangan pelayanan sosial, paradigma keagamaan yang disalah artikan, etnosentrisme yang berlebihan dari salah satu suku bangsa terhadap suku bangsa lain sehingga menimbulkan 2018pergesekan2019 pada tingkat ideologi yang bermuara pada munculnya konflik.
,
Dampak interaksi sosial secara positif:Terpenuhinya kebutuhan individu dan kelompok yang tidak dapat dipenuhi sendiri tanpa adanya interaksi dengan orang lain.Kerjasama manusia yang terus berkembang seiring dengan makin kompleksnya kebutuhan dan situasi masyarakat saat ini.Hubungan sosial antara dua atau lebih kelompok sosial yang berbeda akan terintegrasi lebih kuat karena timbulnya solidaritas dan kesetiakawanan yang tinggi.Individu- individu yang berbeda akan saling kenalTercapainya kestabilan antara dua/ lebih kelompok yang bertikaiLahirnya unsur kebudayaan baru dengan tidak menghilangkan atau mengeliminasi kebudayaan asli yang mendukungnya.Terjadinya negosiasi antara pihak- pihak yang bertikai.

BACA JUGA  Jawab yahhh!!!!

Demikian Jawaban Apa saja dampak terjadinya interaksi sosial antarbangsa? Semoga membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban. Kemudian kami sarankan untuk melakukan pencarian soal selanjutnya dan temukan jawabannya hanya di situs kami.

BACA JUGA  Tolong buatkan penutup surat pribadi untuk alumni .. tolong banget ya,, untuk lomba besok soalnya 

Dislcaimer :

Jawaban yang disediakan diatas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti diatas. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, Trimakasih

BACA JUGA  jelaskan caranya

anancomputer.com