Review SSD Gaming ADATA Ultimate SU750

ADATA menjelaskan solid state drive 2,5 inci Serial ATA (SATA) terbarunya, Ultimate SU750, sebagai “pembaruan besar”. Tetapi jika banderol harganya jauh lebih tinggi (mulai dari $59,99 untuk 256GB; $149,99 dalam rasa 1TB yang pernah saya uji) dan kecepatannya sedang untuk sebuah kelas, maka itu tidak berfungsi. Meskipun memiliki buffer SLC dan buffer DRAM (yang pada akhirnya mengurangi anggaran drive), SU750 mendapat skor sedikit lebih rendah daripada beberapa pesaing SATA dalam pengujian. Peringkat daya tahan yang solid dapat ditemukan, tetapi kecuali Anda menulis banyak data (lihat: ratusan pertunjukan per hari), lihat juga Sumber Mushkin ($ 56,99 di Amazon), yang pada saat penulisan lebih murah daripada SU750 ketika Anda meletakkannya di nomor satu. tes.

Peringkat Daya Tahan SSD

Pertama, mari kita ambil jalan pintas: ADATA Ultimate SU750 adalah SSD 3D TLC NAND SATA 64-layer. (Copot pemasangan SSD jika kalimat itu membuat Anda pusing.) Ini tersedia dalam satu faktor bentuk – sebagai drive 2,5 inci – dan tersedia dalam tiga kapasitas penyimpanan: 256GB, 512GB, dan 1TB. Tidak ada versi M.2 dari SU750.

Menurut situs web ADATA, Ultimate SU750 adalah titik drive untuk peningkatan dari hard drive yang dapat di-boot ke dunia SSD. Karena itu, sebagian besar drive, termasuk set fitur dan tumpukan teknologi di dalam casing, tidak berbeda dengan kumpulan drive SATA di rak saat ini. Berikut cara menentukan…

Dengan mempertimbangkan elemen-elemen penting ini, satu area di mana hard disk terpisah dari kemasannya adalah peringkat daya tahan untuk setiap kapasitas. Meskipun ADATA menjadikan Ultimate SU750 sebagai jembatan santai antara area hard drive dan kepemilikan SSD, peringkat daya tahan tersedia di sini.

BACA JUGA  Apa fungsi Bluetooth audio transmitter?

Drive diberi peringkat 800TB pada kapasitas terukur. (TBW: Ini adalah “terabyte tertulis,” yang merupakan ukuran berapa banyak data yang dapat ditulis ke drive, menurut pabrikan, sebelum beberapa sel gagal dan menjadi tidak dapat digunakan.) Itu membuat SU750 Ultimate, setidaknya berdasarkan ini peringkat, sekitar dua kali daya tahan.banyak anggaran utama dan SSD SATA konsumen, sementara biayanya masih kompetitif 15 sen per gigabyte.

Baris drive SATA kompetitif ini mencakup Samsung SSD 860 QVO (360 TB pada 1 TB, 15 sen per GB), Crucial MX50 (360 TB pada 1 TB, 12 sen per GB), dan Sumber Mushkin di atas (400 TB pada 1TB). 1 terabyte, 10 sen per gigabyte). Dalam jumlah daya tahan murni untuk harga, SU750 Ultimate memiliki beberapa pop nyata.

Juga, plugin ini kuat, jika bukan premium. Di bagian utilitas, ADATA SSD Toolbox memungkinkan pengguna untuk menangani berbagai tugas kesehatan drive dan pemeliharaan drive, dan menyediakan jendela pemantauan yang akan memberi Anda informasi tentang TBW pada drive (penting jika Anda membeli terutama untuk komponen daya tahan Ultimate SU750). Anda juga akan mendapatkan tes diagnostik yang melaporkan hasil tes baca, dan SecureErase, yang memungkinkan Anda menghapus semua yang ada di drive kecuali master boot record.

ADATA di tengah

ADATA memberi peringkat Ultimate SU750 dengan kecepatan baca hingga 550MB / s, dan kecepatan tulis hingga 520MB / s, tidak jauh dari batasan teoritis pada antarmuka SATA. Performa ini mendapat bantuan dari fungsi cache SLC, yang memperlakukan sebagian drive sebagai cache yang lebih cepat dengan hanya menulis beberapa bit dari memori TLC biasa. (Data dalam cache ini ditulis ke semua drive ketika lebih nyaman atau efisien.) Drive telah melewati dua langit-langit (hampir) di Crystal DiskMark 6.0, jadi tidak ada kesalahan ADATA di bagian depan. . Tapi seperti yang saya katakan di awal, beberapa drive yang lebih cepat mendapatkan harga yang lebih rendah.

BACA JUGA  Review Lenovo Ideapad S145

Yang pertama adalah Uji Penyimpanan PCMark 8, yang mensimulasikan akses disk harian untuk tugas-tugas seperti mengedit foto dan menjelajah web. Di sini, drive mengalahkan Source Mushkin tetapi dapat dilampaui oleh Samsung SSD 860 Pro ($ 129,99 di Amazon) (drive SATA utama) dan yang lebih menengah Crucial MX500 ($ 49,99 untuk Teknologi Esensial), semuanya dengan tipis batas.

Tes baca / tulis Crystal DiskMark adalah detail yang jauh lebih baik sejak muncul. Uji sekuensial Crystal DiskMark mensimulasikan transfer garis lurus terbaik untuk file besar; Sebaliknya, pengujian 4K (atau “baca / tulis acak”) mensimulasikan operasi tipikal yang terjadi pada beban program / game atau urutan boot.

Di sini, SU750 Ultimate telah (diakui, dalam hal pelacakan) telah hilang oleh semua drive lain pada beberapa kecepatan membaca ini …

Perlu dicatat bahwa, secara umum, dalam skenario penggunaan sehari-hari, hasilnya hanya akan muncul di benchmark. Pengalaman sehari-hari dengan drive ini akan terasa “sama” kecuali Anda membaca dan menulis file besar.

BACA JUGA  Cara Menghilangkan Pemberitahuan Memori Internal Penuh

Hasil Crystal DiskMark 4K tidak terlalu mengejutkan, tetapi sudah lama sejak saya melihat hard drive berbasis SATA benar-benar melanggar norma dalam benchmark ini.
Terakhir adalah rangkaian transfer file/folder yang terdapat pada tool benchmarking AS-SSD. Subtes AS-SSD melibatkan penyalinan tiga file atau folder besar dari satu lokasi di drive uji ke yang lain.

Meskipun SU750 memberikan hasil yang solid dalam transfer folder program, kemenangan ini dapat diimbangi dengan folder game yang tertinggal dan transfer file ISO dibandingkan pesaing yang lebih murah.

Semoga sukses untuk Byte-Happy

Anda tidak akan melihat perbedaan di dunia SSD berbasis SATA hari ini. Produknya sangat matang, dan antarmuka SATA adalah pembatas yang hebat, memenuhi impian drive yang dapat digunakan secara gratis. Jadi beberapa keuntungan yang dapat diperoleh produsen dari harga, fitur, atau daya tahan lainnya ditingkatkan di dunia drive SATA.

ADATA Ultimate SU750 benar-benar hanya menebus sisi daya tahan, meskipun batasnya bagus. Hal ini membuat drive ini menjadi pilihan yang tepat bagi pembuat konten amatir yang dapat bekerja dengan file besar atau siapa saja yang dapat menjalankan server di rumah untuk game atau mengakses file tidak resmi oleh teman dan keluarga. Namun, kecuali jika Anda berencana untuk menulis gigabyte data dalam gigabyte per hari, biaya per gigabyte yang dipilih sebagai sumber Mushkin bisa menjadi pilihan yang lebih baik, tetapi harga SU750 turun.