Tuliskan dan jelaskan macam macam bentuk piramida makanan.

Pertanyaan :

Tuliskan dan jelaskan macam macam bentuk piramida makanan.

Jawaban :


Piramida makanan adalah suatu piramida yang menggambarkan perbandingan komposisi jumlah biomassa dan energi dari produsen sampai konsumen puncak dalam suatu ekosistem. Komposisi biomassa terbesar terdapat pada produsen yang menempati dasar piramida. Demikian pula jumlah energi terbesar terdapat pada dasar piramida. Komposisi biomassa dan energi ini semakin ke atas semakin kecil karena selama proses perpindahan energi terjadi penyusutan jumlah energi pada setiap tingkat trofik.Piramida MakananDalam ekosistem ya ng seimbang jumlah produsen lebih banyak daripada jumlah konsumen tingkat I, jumlah konsumen tingkat II lebih banyak daripada konsumen tingkat III, demikian seterusnya. Hal ini disebabkan oleh hilangnya energi pada setiap tingkatan makanan. Jika rantai makanan digambarkan dari produsen sampai konsumen tingkat tinggi, maka akan terbentuk suatu piramida makanan.Piramida MakananDalam ekosistem ya ng seimbang jumlah produsen lebih banyak daripada jumlah konsumen tingkat I, jumlah konsumen tingkat II lebih banyak daripada konsumen tingkat III, demikian seterusnya. Hal ini disebabkan oleh hilangnya energi pada setiap tingkatan makanan. Jika rantai makanan digambarkan dari produsen sampai konsumen tingkat tinggi, maka akan terbentuk suatu piramida makanan.Piramida makanan adalah suatu proses menggambarkan suatu jumlah massa zat dan energi dari suatu produsen sampai ke tingkat konsumen tertinggi dalam suatu ekosistem. Piramida makanan juga dapat digunakan untuk memprediksi keseimbangan populasi dalam suatu ekosistem. Semakin ke atas, populasi piramida maka makanan pun akan semakin sedikit.
,
Piramida makanan sama dengan rantai makanan. Piramida makanan terdiri atas Produsen, Konsumen I, Konsumen II, Konsumen III, dan Pengurai. Produsen adalah makhluk hidup yang bisa menciptakan makanannya sendiri. Konsumen I adalah pemakan yang pertama dan memakan Produsen. Konsumen II adalah Pemakan yang kedua atau pemakan Konsumen I. Konsumen III adalah Pemakan yang ketiga atau pemakan Konsumen II. Pengurai adalah penghancur bangkai Konsumen III yang akan menyuburkan Jenis Produsen itu.Contoh, Produsen : Padi, Konsumen I : Tikus, Konsumen II : Ular, Konsumen III : Burung Elang.
Maaf kalo gk jelas….
Cuma segitu yang kutau…
Semoga dapat membantu 🙂

BACA JUGA  C. Lembaga Politik

Demikian Jawaban Tuliskan dan jelaskan macam macam bentuk piramida makanan. Semoga membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban. Kemudian kami sarankan untuk melakukan pencarian soal selanjutnya dan temukan jawabannya hanya di situs kami.

BACA JUGA  untuk mendinginkan suatu minuman , mana yang lebih efektif , menambahkan 20 gram air 0derajatcelcius atau menambahkan 20 gram butir es 0derajatcelcius ? jelaskan !

Dislcaimer :

Jawaban yang disediakan diatas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti diatas. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, Trimakasih

BACA JUGA  Sekjen pertama asean bernama

anancomputer.com