apa saja penyebab runtuhnya kerajaan mataram islam? dan bagaimana hubungannya dengan perebutan kekuasaan antara sultan agung dengan VOC belanda?

Pertanyaan :

apa saja penyebab runtuhnya kerajaan mataram islam? dan bagaimana hubungannya dengan perebutan kekuasaan antara sultan agung dengan VOC belanda?

Jawaban :


Kemunduran Mataram Islam berawal saat kekalahan Sultan Agung merebut Batavia dan menguasai seluruh Jawa dari Belanda. Setelah kekalahan itu, kehidupan ekonomi rakyat tidak terurus karena sebagian rakyat dikerahkan untuk berperang.
hubungan sultan agung dan voc adalah karena ia ingin menyatukan seluruh pulau jawa dibawah kekuasaan mataram. sultan agung pun dua kali melakukan penyerangan ke VOC di batavia tetapi mengalami kegagalan karena jarak yang jauh,banyak prajurit yang terkena penyakit,dan kehabisan bahan makanan.
udah,maaf ya kalau salah ..

BACA JUGA  Media periklanan dan pemberitaan yang bertujuan menyebarkan informasi kepada khalayak ramai tentang suatu produk atau pesan lain disebut?

Demikian Jawaban apa saja penyebab runtuhnya kerajaan mataram islam? dan bagaimana hubungannya dengan perebutan kekuasaan antara sultan agung dengan VOC belanda? Semoga membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban. Kemudian kami sarankan untuk melakukan pencarian soal selanjutnya dan temukan jawabannya hanya di situs kami.

BACA JUGA  4.apa perbedaan hibernasi dan estivasi? mengapa hewan perlu hibernasi?

Dislcaimer :

Jawaban yang disediakan diatas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti diatas. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, Trimakasih

BACA JUGA  Siapapun terlepas dari sifatnya, dapat dilatih apapun, merupakan bagian penting ide pemikiran tentang belajar yang disampaikan oleh?

anancomputer.com