Di mana Presiden dan Wakil Presiden melakukan sumpah atau janji sebelum memangku jabatannya?

Pertanyaan :

Di mana Presiden dan Wakil Presiden melakukan sumpah atau janji sebelum memangku jabatannya?

Jawaban :


Kelas: ix, pelajaran: pkn, kategori: opti, kata kunci: sumpah presiden dan wakil presiden, “Sejalan dengan pasal 9 UUD 45, bahwa seorang presiden dan wakil presiden terpilih bersumpah di hadapan Majelis Permusyawaratan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat. Jika MPR dan DPR tidak bisa melaksanakan sidang, maka sumpah tersebut dilaksanakan di depan pimpinan MPR dan disaksikan oleh pimpinan Mahkamah Agung.”, Penjabaran:, Mengapa sumpah tersebut dilakukan di depan MPR/DPR? Hal tersebut bermakna simbolis, MPR/DPR adalah wakil rakyat sebagaimana sila keempat Pancasila, “kerakyataan yang dipimpin oleh khidmat dalam permusyawaratan dan perwakilan”. Dengan bersumpah di depan MPR/DPR, maka seorang presiden/wakil sejatinya telah melakukan sumpah di depan seluruh rakyat Indonesia. Jika anggota DPR/DPD berhalangan, maka sumpah dilakukan oleh pimpinan MPR dengan saksikan oleh pimpinnan MA. MA adalah simbol dari kekuasaan hukum. Dengan kata lain, presiden telah secara formal sebagai kepala pemerintahan.

BACA JUGA  Seekor kuda menarik delman dengan gaya 600N. Akibatnya, delman menempuh 2 km selama 5 menit. Tentukan daya kuda tersebut !

Demikian Jawaban Di mana Presiden dan Wakil Presiden melakukan sumpah atau janji sebelum memangku jabatannya? Semoga membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban. Kemudian kami sarankan untuk melakukan pencarian soal selanjutnya dan temukan jawabannya hanya di situs kami.

BACA JUGA  Bentuk negara dalam konsep dan teori modern dibedakan menjadi dua yaitu negara kesatuan dan negara serikat. Di Indonesia berdasarkan berlakunya UUD RIS pernah menggunakan konsep negara serikat yaitu pada periode?

Dislcaimer :

Jawaban yang disediakan diatas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti diatas. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, Trimakasih

BACA JUGA  Contoh teks negosiasi penyelesaian konflik

anancomputer.com