sebutkan penyakit-penyakit yang ditimbulkan oleh cacing platyhelminthes, nemathelminthes, dan annelida !

Pertanyaan :

sebutkan penyakit-penyakit yang ditimbulkan oleh cacing platyhelminthes, nemathelminthes, dan annelida !

Jawaban :


,
,
Platyhelminthes:
1. Gyrodactylus salaris (Salmon fluke) dari kelas monogenea menyerang ikan di kolam pembenihan.
2. Schistosoma mansoni (blood flukes) menyebabkan skistosomiasis, yang menyebabkan terjadinya pendarahan pada saat mengeluarkan feses, menyebabkan kerusakan hati, gangguan jantung dan limpa serta gangguan ginjal. Di indonesia, dapat ditemukan di danau Lindu (sulawesi tengah) menyebabkan penyakit yang dikenal dengan “demam keong” karena inang perantaranya keong Oncomelania hupensis lindoensis.
3. Cacing pita Taenia saginata, Taenia solium, dan Dibothriocephalus hidup parasit di usus manusia.
Nemathelmintes:
1. Ascaris lumbricoides, hidup parasit di usus halus manusia.
2. Wucheria bancrofti, dikenal sebagai cacing filaria penyebab filariasis atau elephantiasis (kaki gajah). Cacing filaria hidup parasit pada pembuluh limfa atau getah bening. Jika populasi cacing ini terlalu banyak maka dapat menyebabkan tersumbatnya aliran limfa. Keadaan demikian mengakibatkan terjadinya pembengkakan dalam tubuh terutama pada bagian kaki sehingga kaki penderita menjadi besar seperti kaki gajah.
3. Ancylostoma duodenale, disebut sebagai cacing tambang karena pada awalnya hanya ada pada daerah pertambangan. larva cacing ini dapat masuk melalui pori pori kulit kaki .larva tadi akan ikut menuju jantung dan dewasa di usus halus manusia. cacing ini dapat menghasilkan zat antikoagulan (anti pembekuan darah) orang yang terkena cacing ini dapat terkena anemia.
4. Globodera rostochiensis, menjadi parasit pada tanaman kentang dan tomat dan sebagai vektor virus pada beberapa tanaman pertanian.
Annelida:
1. Pacet (Haemadipsa) dan lintah air (Hirudo medicinalis) menghisap darah hewan (misalnya kerbau sapi kuda) dan manusia.
2. Polydora bisa mengebor cangkang tiram untuk membuat liang, sehingga menurunkan harga jual tiram.
tolong dicek lagi nama spesiesnya, takut salah

BACA JUGA  Ciri-ciri teks negosiasi apa saja ya?

Demikian Jawaban sebutkan penyakit-penyakit yang ditimbulkan oleh cacing platyhelminthes, nemathelminthes, dan annelida ! Semoga membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban. Kemudian kami sarankan untuk melakukan pencarian soal selanjutnya dan temukan jawabannya hanya di situs kami.

BACA JUGA  Apa yang menyebabkan sumber mata air di pegunungan dapat hilang ?

Dislcaimer :

Jawaban yang disediakan diatas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti diatas. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, Trimakasih

BACA JUGA  Pengertian bola basket dan voli

anancomputer.com