Begini Cara Ambil Bansos di Kantor Pos, Lengkapi Persyaratan Ini!

Kantor POS atau PT Pos Indonesia kembali ditunjuk oleh pemerintah sebagai instansi penyaluran dana bantuan sosial Bansos program BPNT 2022 sebesar Rp 600 ribu.

Bansos yang dicairkan secara tunai pada bulan ini adalah rapelan dari awal tahun atau periode Januari, Februari dan Maret. Nah, berikut ini adalah cara ambil bansos di kantor pos agar prosesnya berjalan lancar.

Pada program dana bantuan sosial tunai (BST) sebelumnya, salah satu syarat yang harus dibawa kekantor pos adalah surat undangan penerima BST yang diberikan oleh RT atau keluarahan.

BACA JUGA  Bansos Bulan Ramadhan 2022 Cek Namamu Disini!

“Setelah menerima surat pemberitahuan pencairan BST, KPM bisa mendatangi ke kantor pos terdekat. Kantor pos memiliki jadwal pencairan BST untuk menghindari kerumunan,” kata Kemensos yang diunggah melalui akun Instagram @kemensosri.

Untuk pencairan dana bansos kemensos BPNT 2022 ini agak sedikit berbeda, karena tidak menggunakan surat atau undangan melainkan masyarakat yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang lolos atau sesuai dengan kriteria persyaratan.

Anda bisa mengecek status daftar penerima bansos BPNT melalui Link Cek Bansos kemensos yang secara online bisa membaca database kementerian sosial sesuai wilayah.

BACA JUGA  Sempat Berjaya Di Masanya, OS Blackberry Akhirnya Resmi Ditutup!

Cara Cairkan Bansos di Kantor Pos

Berikut ini adalah beberapa persyaratan dan cara ambil atau cairkan dana bansos kemensos / BPNT 2022 melalui Kantor Pos terdekat :

  1. Pastikan Anda sudah menerima surat pemberitahuan pencairan Bansos (Program Bansos lainnya)
  2. Datang langsung ke Kantor Pos terdekat didaerah Anda dengan membawa data pelengkap seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan juga Kartu Keluarga (KK)
  3. Jangan lupa untuk membawa fotocopy data KTP dan KK
  4. Sebagai penerima manfaat dana bansos BPNT 2022, Anda harus datang sendiri dan tidak bisa diwakilkan
BACA JUGA  30+ Bingkai Foto atau Twibbon Menyambut Ramadhan 2022, Download Gratis Disini !!

Bagi masyarakat yang terdaftar sebagai penerima manfaat tapi dalam keadaan sakit, lanjut usia, dan penyandang disabilitas berat, petugas pos akan mengantarkan bansos langsung ke tempat tinggal penerima, tidak ada potongan apapun saat menerima pencairan dana Bansosnya.

Seperti Itulah Cara ambil dana bansos di kantor pos terdekat. Jangan lupa saat pergi ke kantor pos untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak.