bagaimana pengaruh relief terhadap penaikan dan penurunan suhu angin? Apakah hubungannya dengan hujan pegunungan dan angin turun yang kering?

Pertanyaan :

bagaimana pengaruh relief terhadap penaikan dan penurunan suhu angin? Apakah hubungannya dengan hujan pegunungan dan angin turun yang kering?

Jawaban :


Bagaimana pengaruh relief terhadap penaikan dan penurunan suhu angin?
jawab:
angin Terbentuk karena adanya:
1. perbedaan tekanan udara
2. perbedaan suhu udara.
suhu udara ataupun tekanan udara yang berbeda dipengaruhi oleh:
1. luasnya daerah, mempengaruhi jumlah penerimaan sinar matahari.
2. topografi, darrah yang berbukit akan memiliki suhu udara dingin dibanding daerah datar yang bersuhu lebih panas.
apakah hubungan hujan pegunungan dan angin turun yang kering.
jawab:
hujan pegunungan atau hujan orografis adalah hujan yang jatuh di daerah pegunungan.
hujan ini terbentuk karena awan yang berasal dari daerah rendah ditiup angin menuju pegunungan. sampai do pegunungan, awan ini bertemu dengan suhu dingin di pegunungan yang memicu jatuhnya hujan.
setelah awan itu menjatuhkan dirinya dalam wujud hujan, angin yang mendorong awan tadi tetap berhembus ke arah sisi pegunungan lainnya, sehingga angin yang brhembus di balik pegunungan ini bersifat kering dan panas.

BACA JUGA  Sebutkan ciri khas masyarakat kabupaten brebes ? Sebutkan 6 saja

Demikian Jawaban bagaimana pengaruh relief terhadap penaikan dan penurunan suhu angin? Apakah hubungannya dengan hujan pegunungan dan angin turun yang kering? Semoga membantu adi-adik yang sedang mencari jawaban. Kemudian kami sarankan untuk melakukan pencarian soal selanjutnya dan temukan jawabannya hanya di situs kami.

BACA JUGA  Jika luas juringnya 308 cm dengan diameter 28 cm , maka besar sudut pusatnya

Dislcaimer :

Jawaban yang disediakan diatas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak. Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka, artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti diatas. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, Trimakasih

BACA JUGA  Larutan yang bersifat asam adalah?

anancomputer.com