Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Laporan Hasil Pengamatan Yaitu

hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat laporan hasil pengamatan yaitu?

Jawaban

Laporan hasil pengamatan adalah teks yang memuat hasil pengamatan dengan tujuan agar informasi yang telah diperoleh melalui proses pengamatan tersebut dapat pula menambah wawasan atau pengetahuan pembaca. Ciri-ciri teks laporan, yaitu faktual, objektif, lengkap, dan logis. Hal-hal yang dilaporkan setelah melakukan pengamatan, yakni jenis kegiatan, tujuan pengamatan, objek yang diamati, waktu dan tempat pengamatan, serta sejumlah data faktual yang harus ditunjukkan setelah melakukan pengamatan. Teks laporan dapat disusun dengan urutan (1) pernyataan umum berisi informasi awal tentang objek yang dilaporkan, seperti definisi; (2) deskripsi bagian, berisi perincian aspek yang telah diamati; (3) penutup, memuat ikhtisar akhir atau kesimpulan dari keseluruhan isi laporan.

BACA JUGA  Bulan ini bulan Desember, lalu Ninu ingin ke rumah nenek lima bulan lagi, bulan apa Ninu pergi ke rumah nenek?

Dengan demikian, hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat laporan hasil pengamatan ialah, memastikan data faktual yang terkumpul, tidak melebih-melebihkan hasil pengamatan (gagasan), kelengkapan struktur, isi yang logis, dan memastikan keseluruhan aspek yang diamati telah tercantum dalam laporan.

BACA JUGA  Perintah Allah harus kita ....

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disclaimer:

Jawaban yang disediakan di atas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak.

BACA JUGA  4 Per 4

Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti di atas.