Sebutkan Tiga Lapisan Matahari

sebutkan tiga lapisan matahari?

Jawaban

Berikut bagian-bagian Matahari dari yang paling luar :
1. Korona (mahkota Matahari) : lapisan yang paling luar, merupakan lapisan yang berupa gas, suhunya mencapai 1.000.000 K, dapat terlihat pada saat gerhana matahari berupa lingkaran, mempunyai ketebalan sampai 2,5 x 10^6 km.
2. Kromosfer (lapisan warna) : lapisan kedua setelah korona, dapat dilihat saat terjadi gerhana matahari, memancarkan sinar warna merah yang berasal dari gas hidrogen dan bersuhu 4.000 K, memiliki ketebalan sampai 16.000 km.
3. Fotosfer : lapisan yang menyelubungi lapisan inti matahari berupa cakram matahari, berwarna kuning serta suhunya berkisar 5.000 ᵒC – 6.000 ᵒC, tebal lapisan fotosfer mencapai 320 km, terdapat bintik-bintik matahari atau noda matahari, fakula, dan granula.
4. Noda hitam : merupakan noda matahari, disebut juga sebagai bintik matahari, merupakan daerah pada fotosfer yang bersuhu rendah akibat adanya gangguan magnetik yang menghalangi gas panas dari inti matahari.
5. Zona Konvektif/konveksi : terletak di bawah fotosfer, di zona ini terjadi aliran gas, bila suhunya tinggi, maka gas mengalir ke arah bagian atas dan bila suhunya turun, maka gas mengalir ke arah bawah, panas berpindah bersamaan dengan aliran gas, mempunyai ketebalan hingga 150 km.
6. Inti Matahari : lapisan matahari yang terletak pada bagian dalam dan suhunya mencapai 15.000.000 K, pada bagian inilah terjadi reaksi inti, inti matahari berupa bola dengan jari-jari lebih kurang 175.000 km.
7. Zona Radiatif/radiasi : pada zona radiasi energi dipindahkan dari inti matahari ke lapisan luar melalui pancaran atau radiasi.

BACA JUGA  . Hasil dari 4/7 x 5/6 + 1 2/3 adalah

Image Media

 

 

 

Disclaimer:

Jawaban yang disediakan di atas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak.

Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti di atas.