Cara Instal Magisk Dengan dan Tanpa TWRP

2 Cara Instal Magisk Dengan dan Tanpa TWRP, Cepat & Mudah!

Cara Instal Magisk Dengan dan Tanpa TWRP – Magisk adalah aplikasi root Android yang populer digunakan saat ini. Cara install Magisk tidak sama dengan cara install aplikasi pada umumnya. Pengguna juga tidak akan bisa menemukan aplikasi Magisk Manager ini di Google Play. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini:

Apa itu Magisk ?

Magisk adalah aplikasi root Android yang memungkinkan pengguna untuk memodifikasi sistem Android. Misalnya untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus melalui pengaturan. Anda juga dapat mengubah thema default menjadi lebih keren, atau melakukan overclock untuk meningkatkan performa Android.

Magisk sendiri memiliki sistem rooting yang berbeda dari aplikasi rooting lainnya. Magisk tidak mengubah partisi sistem Android. Namun, duplikasi sistem. Misalnya, file boot.img di sistem Android disalin di magisk.img. Sistem root ini memungkinkan Magisk menyembunyikan kondisi root. Sehingga aplikasi perbankan pun dapat diinstal dan berjalan normal. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan update OTA dan tetap memiliki akses root. Akses tidak akan hilang setelah pembaruan selesai.

Berikut 2 Cara Instal Magisk Dengan dan Tanpa TWRP

Cara Menginstall Magisk Manager Menggunakan TWRP

Ada beberapa cara untuk menginstal Magisk, salah satunya adalah menggunakan aplikasi TWRP. Metode ini merupakan metode dengan tingkat keberhasilan tertinggi. Syaratnya, pengguna sudah melakukan pre-install aplikasi TWRP pada smartphone Android yang akan digunakan. Berikut langkah-langkah instalasinya:

1. Unduh file zip modul Magisk Root
Langkah pertama adalah mengunduh file Magisk Root Zip. Pengguna bisa mengunduhnya langsung melalui situs resmi Magisk atau melalui situs terpercaya lainnya yang menyediakan file mod aplikasi Magisk Root.
Ada beberapa jenis file Magisk yang bisa diunduh.

BACA JUGA  Cara Screenshot di Laptop dan Komputer

Misalnya file zip modul root magisk, file apk magisk manager dan file uninstall magisk. Ada juga versi berbeda dari modul asli magisk yang dapat diunduh.
Untuk menginstal aplikasi Magisk Root, unduh file zip modul Magisk Root. Untuk versi modul asli magisk, pilih versi yang diinginkan pengguna. Ingatlah untuk memilih file Magisk dengan ekstensi zip.

2. Jalankan TWRP
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, aplikasi TWRP harus diinstal di ponsel sebelum pengguna dapat menginstal Magisk. Jika tidak, instal aplikasinya terlebih dahulu. Kemudian jalankan aplikasi TWRP yang terinstal.

Perlu dicatat bahwa tidak semua perangkat Android mendukung instalasi Magisk. Jadi, jika terjadi boot loop, Anda harus mencadangkan semua data dari ponsel Android Anda saat ini terlebih dahulu. Dengan demikian, data tetap aman meski terjadi kesalahan berkedip.

3. Instal Mod Magisk
Setelah membuka aplikasi TWRP, pilih menu “Pengaturan” di halaman menu utama aplikasi. Selanjutnya pilih file Magisk dengan ekstensi zip yang sudah didownload tadi. Pastikan untuk memilih file zip Magisk yang benar untuk kelancaran flashing.

Konfirmasikan flash dengan mengetuk opsi ‘Geser untuk mengonfirmasi Flash’. Pengguna dapat menemukannya di menu di kiri bawah layar aplikasi. Kemudian tunggu dengan sabar hingga proses flashing selesai.

4. Nyalakan Ulang Sistem
Pesan “Selesai” akan muncul saat flashing selesai. Untuk menyelesaikan instalasi, reboot sistem. Pengguna cukup tap opsi “reboot system” yang terletak di kanan bawah layar aplikasi TWRP. Setelah me-restart ponsel, pengguna akan menemukan pintasan aplikasi Magisk di halaman utama ponsel. Kemudian jalankan aplikasi untuk mulai membuat perubahan sistem yang diinginkan.

Untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi, terima semua izin yang diminta oleh aplikasi. Jangan lupa untuk menyembunyikan status root yang merupakan keahlian Magiist. Oleh karena itu, ponsel tidak akan terdeteksi sebagai root.

BACA JUGA  Cara Convert Foto ke PDF di iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

     | Baca Juga : Begini Cara Install ADB dan Fastboot Semua Android Dengan Mudah

Cara Install Magisk tanpa TWRP

Instalasi Magisk juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Magisk Manager. Metode ini memiliki banyak keuntungan. Namun, tidak disarankan untuk pemula karena tingkat keberhasilannya lebih rendah daripada menginstal Magisk menggunakan aplikasi TWRP.
Jika Anda ingin mencobanya, berikut adalah langkah-langkah instalasinya:

1. Unduh file Magisk Manager Apk
Jika Anda belum menginstal aplikasi magisk manager, unduh file penginstal Magisk Manager dengan ekstensi apk. Pilih versi aplikasi Magisk Manager yang diinginkan pengguna. Penulis merekomendasikan download versi terbaru yang pastinya lebih up to date.

Ingatlah untuk memindahkan kedua file yang diunduh pengguna ke penyimpanan internal ponsel Android untuk di-flash. Apalagi jika pengguna mengunduh menggunakan perangkat lain. Selain mempermudah, juga akan mempercepat proses instalasi.

2. Instal dan Jalankan Magisk Manager
Jalankan file apk Magisk Manager yang diunduh untuk menginstal Magisk Manager di ponsel Android pengguna. Setelah penginstalan selesai, buka aplikasi untuk mulai menginstal modul Magisk Root.

Magisk Manager adalah aplikasi mirip TWRP. Dengan demikian, pengguna dapat menambahkan modul Xposed Framework baru. Jadi pengguna dapat menginstal mod termasuk Magisk Root di perangkat menggunakan Magisk manager. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan root atau mengkonfigurasi sistem melalui TWRP.

Terima semua izin akses fungsional yang diminta oleh aplikasi. Ini diperlukan agar Magisk Manager memiliki izin untuk menempatkan file di folder direktori yang sesuai. Oleh karena itu, Magisk Manager dapat menjalankan semua fungsinya dengan baik.

BACA JUGA  Tips Cara Memilih Kursi Gaming

3. Instal Modul Root Magisk
Langkah selanjutnya dalam instalasi Magisk adalah menginstal modul asli Magisk. Saat menjalankan aplikasi Magisk Manager, secara otomatis akan memeriksa apakah Magisk Root sudah terpasang di ponsel atau belum. Periksa juga untuk melihat apakah ada versi Magist yang lebih baru daripada yang diinstal Magisk.

Jika tidak diinstal, banyak opsi modul Magisk Root akan muncul untuk dipilih pengguna di layar aplikasi. Ketuk opsi “Instal” pada instans modul yang dipilih. Selanjutnya akan muncul kotak dialog yang berisi pilihan instalasi yang akan dibuat.

Pengguna akan memiliki 3 pilihan. Cukup unduh file zip modul terlebih dahulu. Kemudian instal menggunakan gambar boot. Ketiga, lakukan penginstalan secara langsung. Instalasi langsung dianjurkan. Pilih opsi “Live Install” di kotak dialog yang muncul. Sistem akan secara otomatis mengunduh dan menjalankan proses instalasi Magisk. Tunggu hingga semua proses selesai.

4. Nyalakan Ulang Sistem
Setelah flashing selesai, ketuk opsi restart di menu aplikasi Magisk Manager untuk menyelesaikan instalasi Magisk. Reboot diperlukan agar Magisk berfungsi sepenuhnya pada ponsel Android yang digunakan.
Tunggu hingga smartphone Android berfungsi kembali.

Selain itu, pengguna dapat melakukan perubahan pada sistem ponsel Android menggunakan Magisk. Jangan lupa untuk menyembunyikan status root. Jadi aplikasi seperti perbankan pun tetap bisa bekerja dengan baik di ponsel.

Akhir Kata 

Demikian cara instal magisk dengan dan tanpa TWRP, menggunakan aplikasi TWRP atau Magis Manager. Keduanya bisa dilakukan dengan cukup mudah, namun tingkat keberhasilan TWRP dinilai pengguna lebih baik. Rooting sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan, pastikan pengguna memahami hal ini sebelum melakukan flashing.