Cara Mengatasi Kamera HP Android Error

Cara Mengatasi Kamera HP Android Error Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Kamera HP Android Error – Saat ini, kualitas kamera pada HP merupakan salah satu fitur yang memegang peranan penting saat kamu memilih atau hendak membeli sebuah smartphone.

Dengan banyaknya media sosial yang membuat setiap orang dapat terhubung tanpa ada batasan, sehingga berbagi foto atau video keseharian atau hal-hal menarik lainnya ke media sosial seakan menjadi sebuah keharusan.

Namun tentunya sangat mengganggu ketika ada pemandangan, kejadian atau momen tertentu yang sangat menarik namun kamera android kamu bermasalah. Sehingga kamu tidak bisa mengambil atau mengabadikan momen tersebut karena kamera android kamu error. Hal tersebut pasti akan membuat kamu merasa kesal. Tapi tenang saja dalam ulasan kali ini admin akan membahas cara mengatasi kamera hp android error menjadi normal kembali seperti sedia kala.

Penyebab Kamera HP Android Error Tidak Bisa Dibuka

Sebelum membahas cara mengatasi kamera HP android error dan tidak bisa dibuka, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui yang menjadi penyebab kamera HP android error.

  • Sistem mengalami Bug. Misalnya, kegagalan dalam mengupdate sistem
  • Sistem tidak stabil. Misalnya banyak file sampah, RAM penuh dan lain-lain. Hal ini dapat menyebabkan aplikasi kamera berhenti secara mendadak ( Error )
  • Setelah Melakukan Rooting. Melakukan rooting pada android terkadang tidak selalu berjalan mulus, karena bisa saja setelah merooting kamera android jadi tidak berfungsi.
  • Error Pada Aplikasi Kamera
  • Kerusakan Pada Komponen HP. Hal ini bisa disebabkan oleh kerusakan IC, chipset atau lebih seringnya kerusakan langsung pada kamera. Biasanya dipicu oleh panas berlebih ( Overheat ), HP Terkena Air atau Jatuh.
BACA JUGA  Cara Menghilangkan Iklan di HP Infinix Tanpa Aplikasi Tambahan Terbaru 2023

Berikut Cara Mengatasi Kamera HP Android Error Tidak Bisa Dibuka

1. Bersihkan Cache Aplikasi Kamera

Seperti aplikasi lainnya, aplikasi kamera menyimpan banyak cache seperti, cache data, pengaturan kamera, dan history kamera. Untuk menghapus cache aplikasi kamera, buka menu “Pengaturan”, pilih “Aplikasi”, cari “Kamera” dan klik “Hapus data”.

2. Paksa Berhenti

Kelihatannya klasik, namun cara ini sebenarnya adalah trik termudah dan tercepat untuk mengatasi beberapa “Masalah” pada perangkat Android, termasuk masalah Error pada kamera. Kamu dapat mengatasinya dengan cara buka menu Pengaturan, pilih Aplikasi, lalu Kamera, lalu klik Paksa berhenti.

BACA JUGA  Agar Tidak Tertipu Ini Cara Mengetahui Spek Laptop Yang akan Kamu Beli atau Jual
3. Lakukan Reboot Pada HP Android

Salah satu cara klasik lainnya untuk mengatasi Error pada kamera android, yaitu kamu bisa melakukan reboot pada perangkat kamu. Kemudian cabut Micro SD, SIM card dan baterai, tunggu 1 menit. Setelah itu hidupkan kembali dan periksa apakah kamera sudah berfungsi normal atau belum.

4. Gunakan Aplikasi Antivirus

Salah satu faktor yang dapat membuat aplikasi kamera kamu error adalah virus yang menginfeksi perangkat kamu. Kamu bisa mengatasinya dengan mendownload aplikasi antivirus handal seperti Avast, AVG, 360 Security dan Eset Mobile Security. Setelah selesai mendowload antivirusnya kamu dapat segera memindai perangkat kamu secara mendalam untuk menghilangkan infeksi virus. Jika error tersebut memang disebabkan oleh infeksi virus, cara ini seharusnya membuat kamera HP android kamu bisa berfungsi normal kembali.

5. Gunakan Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Untuk mengatasi kamera bawaan yang rusak, Kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang juga berfungsi sebagai kamera cadangan, seperti aplikasi Camera 360. Kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga ini sebagai pengganti kamera utama.

BACA JUGA  Cara Mengunci Jaringan 4G LTE Samsung Semua Tipe Dengan Mudah
6. Lakukan Factory Reset

Cara yang satu ini bisa dibilang cara yang paling ampuh untuk mengatasi kamera HP android error. Factory Reset memungkinkan kamu untuk mengatur ulang android kamu kesetelan pabrik. Namun, yang harus di ingat kamu harus mencadangkan data penting terlebih dahulu, karena data tersebut akan hilang selama proses factory reset dilakukan.

7. Bawa Ketempat Service

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kamera hp android error adalah membawanya ketempat service. Jika kamu sudah mencoba cara-cara diatas namun tidak ada yang berhasil. Mungkin penyebabnya adalah hardware kamera yang mengalami kerusakan. Sehingga tidak bisa digunakan atau error. Biarkan tukang service yang memperbaiki hardware kamera yang mengalami kerusakan.

    | Baca Juga : 3 Cara Screenshot Samsung M11 Panjang Dengan Mudah

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi kamera hp android error. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!