Cara memilih casing CPU

Pilih ukuran casing berdasar keperluan Anda

Point pertama kali yang harus Anda lihat ialah ukuran casing. Ukuran casing bisa mempengaruhi kemampuan muatan yang dapat dimuat CPU. PC yang berspesifikasi tinggi biasanya mempunyai elemen hardware yang memiliki ukuran semakin besar dibandingkan detail standard. Karenanya, Anda perlu memerhatikan ukuran berdasar arah penggunaan PC Anda.

Casing full-tower, untuk Anda sejumlah profesional

Untuk Anda sejumlah profesional yang bekerja penuh waktu memakai computer, kami anjurkan untuk pilih casing full-tower. Casing full-tower memiliki ukuran besar sekali dan compatible dengan beberapa macam motherboard, yakni mini ITX, micro-ATX, ATX, dan E-ATX. Beberapa produk bahkan juga sediakan sampai XL-ATX. Disamping itu, casing type ini biasanya sanggup berisi elemen sama ukuran sampai 420 mm.

Karena ukuran besar sekali, casing tipe ini umumnya mempunyai ruangan yang kendur supaya perputaran udara casing bisa terbangun. Tetapi, perlu jadi catatan jika casing full-tower ini mempunyai berat sekitaran 10 kg sampai 30 kg . Maka, minta yakinkan Anda telah berencana status yang pas untuk menempatkan casing ini supaya Anda tak perlu mengalihkannya kembali di masa datang.

BACA JUGA  Rekomendasi Kamera CCTV Terbaik Tahun 2022

Casing mid-tower, pas untuk setting PC gaming Anda

Jika casing full-tower berlebihan untuk Anda, casing mid-tower berikut jalan keluarnya! Casing mid-tower bisa memuat motherboard mini ITX, micro-ATX, dan ATX. Casing ini memiliki ukuran lumayan besar hingga sanggup berisi tujuh expansion slot atau lebih. Ukuran elemen yang bisa diletakkan dalam casing ini biasanya capai 400 mm.

Ingat ukuran tidak sebesar casing full-tower, lihat airflow dalam casing supaya jumlahnya elemen tidak menghalangi perputaran udara. Tetapi, casing mid-tower kekinian umumnya sudah memberikan dukungan instalasi liquid cooler fan hingga Anda tak perlu cemas menangani permasalahan itu. Casing ukuran ini mempunyai berat sampai 15 kg hingga Anda harus pikirkan tempat untuk memasangkannya.

Casing mini-tower, benar-benar mengirit ruangan

Casing mini-tower benar-benar pas untuk Anda yang ingin mengirit banyak ruangan untuk memasangkan PC. Casing mini umumnya terpasangkan dengan motherboard mini ITX atau micro-ATX. Biasanya, casing ini mempunyai empat expansion slot dan sanggup simpan elemen yang memiliki ukuran sampai 340 mm.

BACA JUGA  spesifikasi MacBook Air M1 2020

Umumnya produk ini mempunyai slots kipas yang terbatas hingga Anda perlu pikirkan cooling sistem yang efisien untuk terpasang. Ukuran yang kecil membuat casing type ini mempunyai mobilisasi yang lebih fleksibel dibanding casing awalnya.

Pikirkan penataan kabel yang berada di dalam casing

Elemen dalam casing bisa mengakibatkan kabel-kabel yang kepakai jadi tidak teratur. Ditambah lagi, beberapa produk yang memasangkan power suplai didalamnya mempunyai kabel tetap yang tak perlu digunakan. Karena hal tersebut, kabel-kabel itu harus ditata supaya tidak membuat interior CPU jadi sesak.

Pilih produk yang sudah mempunyai feature cable manajemen. Umumnya, ada sisi khusus yang ada sebagai lajur kabel supaya kabel dipasang yang rapi. Disamping itu, ada pula produk yang mempunyai ruangan tertentu untuk simpan kabel power suplai agar tertutupi dengan pemisah. Dengan begitu, kabel bisa tersusun secara baik dan tidak mengusik perputaran udara dalam casing.

BACA JUGA  Blogspot atau Wordpress ?

Lihat peranan dan nilai seni bentuknya
Point paling akhir yang perlu Anda pikirkan ialah design casing. Design casing benar-benar mempengaruhi nilai seni dan perputaran udara didalamnya.

Casing dengan side dan front panel terbuka untuk menambahkan nilai seni

Sekarang ini casing terbuka jadi opsi beberapa orang. Baik professional atau gamer, pemakai computer kerap kali pilih casing yang terbuka untuk menambahkan keelokan desktop setup-nya.

Banyak pula produk yang memadankan design casing terbuka dengan warna latar yang memikat. Sama seperti yang sudah disentil pada awal, design yang memikat membuat Anda nyaman dan kerasan duduk lama-lama di muka PC Anda.

Design yang tidak menghalangi perputaran udara untuk PC yang lebih terurus

Hal paling akhir yang penting Anda lihat ialah perputaran udara. Yakinkan produk yang Anda tentukan mempunyai perputaran udara yang bagus. Pilih produk yang memberikan dukungan instalasi radiator tambahan agar PC Anda dapat terpasangkan dengan liquid cooling sistem. Dengan demikian, PC Anda akan terurus dan mempunyai usia faedah yang lama.