VGA Zotac GeForce GTX 1650

Apakah kita memintanya? Tidak juga. Apakah di sini juga? Paling pasti. Apakah itu bermain dengan baik? Ya, sebenarnya. The $ 159 Zotac GeForce GTX 1650 Super Twin Fan adalah yang pertama GeForce GTX 1650 super kartu kami telah diuji, dan itu adalah tegas utama lebih menarik kartu grafis daripada GTX asli 1650. Tapi garis antara GTX 1650 dan GTX 1650 super model adalah sangat tipis sehingga jika Anda hanya melihat perbedaannya, Anda mungkin akan melewatkannya sama sekali. Meski begitu, kartu Zotac ini melakukan persis seperti yang disarankan oleh namanya: Performanya lebih baik daripada GeForce GTX 1650 dan dalam beberapa kasus, pesaing AMD Radeon RX 5500 XT (diluncurkan hari ini), sementara performanya sedikit di bawah apa yang kami lihat di GeForce GTX 1660. Jika Anda mempertimbangkan GeForce GTX 1650, GTX 1650 Super jelas merupakan pembelian yang lebih baik, dan hanya mengesampingkan nilai terbaru AMD, jika bukan kecepatan absolut. Ini akan membawa Anda ke titik tengah dalam memberi daya pada sebagian besar game dalam 1080p pada kecepatan bingkai di atas 60 bingkai per detik (fps), selama Anda menyesuaikan pengaturan Anda. Ini mendapatkan penghargaan Pilihan Editor baru untuk kartu anggaran.

Mengukur Super Junior GeForce

Peluncuran GeForce GTX 1650 asli, paling banter, tidak menginspirasi. Kartu ini secara keseluruhan disambut dengan sambutan hangat oleh situs ulasan ( termasuk milik kami ) karena memiliki potensi overclocking yang kecil, menjadi sedikit terlalu mahal dibandingkan kartu AMD Radeon yang relevan, dan, yang paling penting, memposting hasil kecepatan di belakang kurva pada harganya. GTX 1650 Super mulai dari $ 159, sedangkan model dasar GTX 1650 standar dijual seharga $ 149 (tanpa ada kabar penurunan harga secara paralel dengan peluncuran GTX 1650 Super). Sebagian besar versi kartu pihak ketiga berharga antara $10 dan $30 di atas itu.

Sekarang, bagaimanapun, Nvidia dapat mengubah narasi di sekitar lini GTX 1650, dan melakukan apa yang terbaik sepanjang tahun 2019: “Super-ing”, kata kerja yang sekarang kami ciptakan hanya karena kenyamanan, karena begitu banyak kartu GeForce mendapatkan perlakuan yang sama. Intinya, kartu Super adalah versi tick-up atau ticked-down dari kartu GeForce “Turing” (arsitektur generasi saat ini) yang ada.

Dalam pikiran kami, Super-ing pada dasarnya adalah proses rebranding dan reclassing kartu untuk memacu penjualan atau membersihkannya dari rak berdebu, meskipun Nvidia tidak akan pernah mengakuinya secara langsung. Faktanya, satu-satunya kartu yang pernah kami lihat yang benar-benar “Supered” dalam arti yang lebih tinggi — seperti, dijual sebagai versi premium, di-binned dari kartu yang sama dengan yang dimulainya — dalam siklus rilis ini adalah GeForce RTX 2080 Super, yang didasarkan pada die TU104 yang sama dengan non-Super RTX 2080.

Sebagian besar kartu Super di lini GeForce RTX mencerminkan asal-usulnya dengan menjadi kartu satu langkah di bawah dalam skema penamaan keluarga GeForce dari kartu yang digunakannya untuk mati. ( GeForce RTX 2070 Super hanyalah GeForce RTX 2080 down-binned , misalnya.). GTX 1650 Super mengikuti model itu, dan dengan jelas berbagi beberapa spesifikasi dengan kartu di jajaran GeForce tepat di atasnya, GeForce GTX 1660 .

Seperti kartu Turing RTX non-GeForce lainnya, Nvidia belum menghasilkan versi referensi apa pun (meskipun menyediakan spesifikasi referensi untuk kartu tersebut di situs webnya ). Jadi satu-satunya model kartu GeForce GTX 1650 Super yang tersedia disediakan oleh produsen pihak ketiga biasa, seperti Asus, Gigabyte, dan Zotac.

Tapi seberapa berat perawatan Super yang didapat GeForce GTX 1650 Super? Mari kita turun ke beberapa perbandingan spesifikasi.

Untuk menetapkan dasar tentang bagaimana GTX 1650 Super berhubungan dengan kartu lain di lini Nvidia akhir-akhir ini, berikut adalah perbandingan GTX 1650 Super dengan non-Super GTX 1650, serta beberapa kartu Nvidia lainnya dengan harga dan braket kinerja yang sama . The GeForce GTX 1050 Ti , tidak memetakan disini, adalah yang paling dekat generasi terakhir ( “Pascal”) setara.

Perbedaan utama langsung dari kelelawar? Alih-alih mengandalkan TU117 (GPU mati terkecil Nvidia), seperti yang dilakukan perusahaan pada aslinya, GeForce GTX 1650 Super meminjam dari rekan-rekannya dan didasarkan pada versi TU116 yang dipotong-potong, varian yang sama yang mendukung versi asli. Kartu GeForce GTX 1660, GTX 1660 Super , dan GTX 1660 Ti .

Kartu ini juga mendapatkan peningkatan memori yang sama seperti yang dilakukan GTX 1660 Super dari versi GTX 1660 aslinya: peningkatan dari memori video GDDR5 ke GDDR6, serta peningkatan bandwidth dan jam memori. Dalam banyak hal, GTX 1650 Super jauh lebih dekat dalam semangat dan spesifikasi dengan GTX 1660 standar daripada GTX 1650 asli, dan bahkan memiliki kecepatan clock memori yang lebih cepat daripada GTX 1660. (Yang pertama akan berjalan pada 12Gbps , sementara yang terakhir mencapai 8Gbps.) Namun, dengan harga $60 lebih murah daripada GTX 1660, sepertinya ada banyak pukulan yang bersembunyi di dalam pembangkit tenaga listrik mungil ini.

Sekarang beralih ke perbandingan AMD …

Selama sekitar dua tahun sekarang, AMD telah kuat di ruang GPU di bawah $ 200, dengan kartu dari garis Radeon RX 400 dan RX 500 berkinerja di atas apa yang dapat Anda harapkan dari kartu Nvidia yang bersaing di braket harga yang sama. Mereka tidak terlalu efisien, berdasarkan teknologi silikon yang lebih tua, tetapi mereka adalah nilai uang yang besar untuk gamer yang kekurangan uang.

Dinamika itu berubah dengan cepat dengan rilis Turing, dan Nvidia tampaknya akan mengambil kembali apa yang bisa dilakukan di departemen ini inci demi inci, peluncuran kartu demi peluncuran kartu. Sekarang GTX 1650 Super diadu langsung dengan GPU berbasis “Navi” terbaru AMD, Radeon RX 5500 XT. Keduanya memiliki banyak kesamaan spesifikasi, meskipun AMD masih mengalahkannya dengan kecepatan clock yang lebih cepat dan bandwidth memori yang lebih tinggi.

Catatan: Sementara harga peluncuran Radeon RX 580 pada hari itu ditetapkan pada $229, hari ini Anda dapat menemukan kartu-kartu itu melayang di mana saja antara $159 dan $200, tergantung pada vendor dan waktu dalam setahun, itulah sebabnya kami merasa demikian. adil untuk mengadu $159 GTX 1650 Super melawannya di sini. Kami berasumsi mereka akan menjual selama beberapa waktu karena seri RX 5500 akhirnya mengambil alih ruang itu untuk AMD.

Kipas Kembar Zotac: Keliling Kartu

Seperti Zotac GeForce GTX 1660 Super Twin Fan yang kami ulas kembali pada bulan Oktober tahun ini, GTX 1650 Super Twin Fan ini memiliki fitur, Anda dapat menebaknya: dua kipas, dalam desain yang sangat rapat. Siapapun yang ingin membangun PC kompak akan senang dengan ukuran kecil dari kartu dual-slot ini, hanya berukuran 6,2 inci pada titik terpanjangnya.

Bagian belakang kartu memiliki port DisplayPort 1.4b dan port HDMI 2.0 (tidak ada VirtualLink yang dapat ditemukan), serta satu konektor DVI-D.

Perbedaan utama di sini antara GTX 1650 asli dan GTX 1650 Super baru adalah daya tariknya. Di mana kartu sebelumnya hanya membutuhkan 75 watt dan tidak memerlukan kabel untuk menyalakannya, TDP pada GTX 1650 Super naik sepertiga, menjadi 100 watt. Semua kartu pihak ketiga dengan lencana GTX 1650 Super akan ditenagai oleh konektor enam pin tunggal.

Bertabrakan dengan Elite Set Anggaran

PC Labs menjalankan serangkaian benchmark sintetis dan dunia nyata berbasis DirectX 11 dan 12 pada Zotac GeForce GTX 1650 Super Twin Fan. Rig pengujian kami dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7-8700K, memori G.Skill DDR4 16GB, drive boot solid-state, dan motherboard Aorus Z370 Gaming 7.

Untuk hasil benchmark kami, kami ingin memfokuskan beberapa upaya kami pada aspek esports dari kemampuan GTX 1650 Super, karena banyak pers dari Nvidia berpusat pada kemampuannya untuk mendorong game multipemain 1080p secara efisien demi uang.

Kami juga menjalankannya melalui sisa tolok ukur standar kami yang menguji kemampuan kartu untuk menangani game AAA pada pengaturan kualitas setinggi mungkin. Dengan GTX 1650 Super menjadi kartu yang berfokus pada anggaran, kami tidak mengharapkannya untuk memecahkan rekor apa pun di departemen ini dan menilainya pada kurva dengan pertimbangan itu.