Review Motherboard Asus Z590 ROG Maximus XIII Hero

Intel tidak berhenti ketika menggunakan chipset Z490 – dan Asus juga tidak. Peluncuran chipset Z590 pada tahun 2021 menghadirkan motherboard baru untuk CPU desktop “Rocket Lake” generasi ke-11. Karena chipset kelas atas, banyak yang menyertakan model premium, dan termasuk Asus ‘Z590 ROG Maximus XIII Hero ($ 499,99) . Papan ini menampilkan sejumlah perubahan dari sebelumnya, beberapa baik dan beberapa buruk, tetapi masih merupakan platform yang solid fitur. Dengan pengecualian beberapa kutu, tidak ada yang mengeluh; Faktanya, XIII ini cukup beruntung untuk membedakan pengembang Intel dan pengembang DIY yang bernilai baik. (Pemenang hardcore – dan pemenang lotre – dapat menggunakan Asus ‘ROG Maximus XIII Extreme Glacial, yang tidak lambat, mengintegrasikan blok air EKWB langsung ke desain papan Z590, ditambah hampir semua kemewahan yang bisa dibayangkan, dengan harga 1.843 MSRP. )

Sorotan Desain: Redup dan Tajam

Z590 ROG Maximus XIII Hero memiliki estetika yang menyenangkan. Semua heatsink dan penyebar panas berwarna hitam, dengan beberapa bagian abu-abu muda menambahkan kontras. Celah diagonal dipotong untuk membantu mendinginkan (jika area permukaan udara lebih dekat) dan ruangan terlihat lebih cerah. Tampilan ini disempurnakan dengan LED RGB yang dipasang pada chipset dan di antara sirip pada heatsink VRM.

Umumnya port mudah dipasang untuk memudahkan koneksi kabel. Konektor SATA dan USB 3.0 diatur pada sudut yang benar. Ada header USB Type-C di papan, yang dipasang secara vertikal dari atas papan di sebelah konektor daya 24-pin. Di sudut kanan atas motherboard terdapat tombol power khusus dan tombol reset pada papan sirkuit tercetak, bersama dengan membaca kode koreksi pola LED “88”.

Yang terbesar dengan konektor adalah kipas CPU dan power header. Asus tidak melakukan sesuatu yang luar biasa di sini, tetapi port berada di lokasi yang merupakan masalah yang sulit untuk diatasi. Kepala kipas dipasang langsung di atas heatsink atas, yang membuat penyambungan menjadi sulit, terutama jika Anda memiliki pendingin di dekat Anda.

Konektor daya CPU berada di sudut kiri atas papan. Umumnya motherboard menjatuhkan port di sini, dan biasanya saya mencobanya, karena ini adalah praktik desain di seluruh industri. Namun, saya akan memiliki masalah di sini, karena heatsink berada di sekitarnya, yang ditempatkan di sudut yang tajam. Area ini tentu saja sempit, tetapi OEM biasanya mencoba mencegah masalah dengan menempatkan sudut menjauh dari atau membulatkan konektor agar tidak mengganggu Anda.

Dengan Asus, yang bisa saya katakan adalah perhatikan jari-jari Anda. Sudut heatsink yang tajam adalah cacat desain yang dapat dihindari yang sebelumnya tidak dapat dihindari. Ini bukan pelaku terbesar atau terburuk yang pernah saya lihat (satu atau dua pernah menyakiti saya), tapi itu bisa lebih baik.

Sedikit tentang sistem penyimpanan

Kecuali Anda memiliki banyak perangkat keras SATA, Asus Z590 ROG Maximus XIII Hero harus memiliki banyak koneksi penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda mendapatkan enam port SATA 3.0 di sebelah kanan. Itu adalah rekor jumlah port SATA yang telah ditemukan di sebagian besar motherboard ATX setidaknya selama dekade terakhir, tetapi sampai sekarang, banyak motherboard memiliki delapan atau 10. Munculnya solusi penyimpanan M.2 dan jatuhnya drive optik mengubah permainan. . Lebih sedikit port SATA yang digunakan, dan tidak jarang melihat lebih dari enam.

Jangan salah mengartikan hal di atas sebagai keluhan, fakta bahwa umumnya orang bahkan tidak menggunakan enam dan beberapa mungkin tidak menggunakan. Lebih baik menaruh uang dan ruang PCB yang dapat digunakan pada port SATA lain di tempat lain, dan itulah yang dilakukan Asus.

Sebagai permulaan, Anda mendapatkan empat slot M.2 Key-M besar untuk hard drive berkecepatan tinggi. Ini terletak di bagian bawah motherboard di bawah tiga disipator panas terpisah, dengan dua slot bawah menunjukkan disipator panas.

Jaringan dan Suara

Untuk papan kelas atas, Hero ROG Maximus XIII memiliki perangkat keras jaringan utama – dua kontrol Ethernet 2.5Gbps Intel I225 -V. Sejauh ini, ini dapat dianggap lebih baik daripada rata-rata, tetapi sekarang Anda dapat menemukan dukungan Ethernet 2.5Gbps di banyak motherboard kelas menengah, bukan hanya motherboard kelas atas.

Papan yang lebih baik menggabungkan NIC 5Gbps dan 10Gbps, yang ingin saya lihat di sini. Kurangnya dukungan Ethernet 5Gbps benar-benar mengejutkan dalam hal ini, karena sebelum board ini, Z490 ROG Maximus XII Hero, mengusung kontrol 5Gbps Marvell AQtion AQC111C. Ini menurunkan motherboard baru, setidaknya dalam hal dukungan internet kabel.

Sebaliknya, dukungan Wi-Fi telah meningkat, tetapi Asus tidak memahami hal ini. Intel telah mengintegrasikan pengontrol nirkabel ke dalam beberapa chipset, termasuk Z490 dan Z590, sehingga Intel dan Asus tidak memilih untuk mengupgrade perangkat keras nirkabel mereka. Pengontrol Wi-Fi baru pada chipset Z590 diberi nama Intel Wi-Fi 6 AX201 dan, selain 802.11ax, terdaftar sebagai pendukung standar 802.11az mendatang yang masih dalam pengembangan.

Untuk audio, tampaknya penggunaan codec ALC1220 bergengsi dari Realtek pada kebanyakan motherboard kelas atas akhirnya berakhir. Codec audio ini ditemukan di hampir setiap motherboard yang saya periksa dalam beberapa tahun terakhir, tetapi baru-baru ini saya melihat beberapa motherboard mewah yang menggunakan ALC4082 dari Realtek, dan Z590 ROG Maximus XIII Hero one.

Di atas kertas, chip ini merupakan upgrade dari ALC1220, tetapi tentu saja Anda tidak dapat mendengar perbedaannya. Perbedaan utama antara keduanya? ALC4082 mendukung pengambilan sampel audio 32-bit dan 384kHz, yang sangat bagus – tetapi juga melampaui kebanyakan amplifier amplifier. Namun, lebih baik melihat perusahaan yang memperbarui kembali suara di motherboard.

Codec Realtek ALC4082 digunakan khusus untuk jack audio pada panel I/O belakang. Jika Anda mencolokkan headphone ke soket audio depan, Anda akan dapat mendengarkan audio yang diproses dengan chip ESS Saber9018Q2C yang terpisah. Codec ini memiliki spesifikasi yang sama dengan Realtek ALC4082, dan rasio signal-to-noise (SNR) terdaftar pada 131dB. Sekali lagi, dengan pengecualian headphone elit, keduanya harus lebih dari cukup untuk penggunaan biasa.

Atur input / output latar belakang

Panel I/O belakang pada Z590 ROG Maximus XIII Hero memiliki delapan port USB Type-A dan dua port Type-C. Mereka umumnya dikonfigurasi sebagai port USB 3.2 Gen 2, tetapi keduanya juga mengikuti standar USB 2.0 lama. Beberapa orang mungkin menganggap ini negatif, tetapi tidak ada alasan sebenarnya: Sebagian besar periferal seperti keyboard, mouse, kontrol game, dan headphone USB tidak mendapat manfaat dari bandwidth USB 3.x tambahan. Saya juga mengalami sejumlah masalah yang berbeda dengan port 3.x dengan periferal yang dipilih. Ini mungkin khusus untuk motherboard yang dimaksud, tetapi mungkin tidak menjadi masalah jika Anda melihat dua port USB 2.0 pada motherboard modern.

Sedangkan untuk port USB-C, dikonfigurasi sebagai port Thunderbolt 3, dan ada koneksi internal ke dua lainnya. (Alternatif harga es dari papan ini meningkatkan Thunderbolt menjadi sepasang port Thunderbolt 4.)

Di sekitar port USB terdapat jack internet RJ-45, dua koneksi antena Wi-Fi, port HDMI, dan port audio biasa yang Anda lihat di sebagian besar tempat. Ini termasuk lima jack 3.5mm dan koneksi S / PDIF optik.

Di bagian atas panel I/O belakang terdapat dua tombol yang dapat Anda gunakan untuk mereset BIOS atau mengupgrade ke versi yang lebih baru. Tombol ini jauh dari yang saya harapkan, jadi saya khawatir saya akan secara tidak sengaja menekannya jika saya mencoba mencolokkan kabel USB dalam gelap. Ujung plastik yang terangkat di sekitar tombol membantu mencegah hal itu, tetapi saya pikir Asus dapat meningkatkan di area ini dengan beralih ke tombol yang lebih ergonomis.

Sekilas tentang BIOS

Z590 ROG Maximus XIII Hero hadir dengan salah satu BIOS terbaik yang pernah saya lihat sejauh ini, berkat banyak tambahan yang berguna dan sangat berguna.

Umumnya BIOS cocok dengan yang diklik dengan papan ROG lain yang telah saya periksa. Pada boot pertama, Anda membuka tab utama di menu mode lanjutan BIOS. Anda tidak akan menemukan banyak hal di halaman ini, tetapi lusinan opsi tersedia di tab Advanced dan OC (Extreme Tweaker) untuk menyesuaikan pengaturan sistem dan overclocking.

Papan juga menawarkan tampilan BIOS EzMode, tetapi jika dipikir-pikir, mungkin tidak ada di sana. Salah satu tujuan utama dari antarmuka BIOS yang “mudah” adalah untuk mencegah Anda agar BIOS tidak maju terlebih dahulu. Bagian dari ide di sini adalah bahwa pengguna yang tidak berpengalaman tidak memiliki banyak pilihan untuk membingungkan.

Pada saat yang sama, banyak opsi BIOS yang paling umum digunakan ada di menu EzMode BIOS, yang memungkinkan pengguna baru dan berpengalaman untuk membuat perubahan kecil dengan cepat tanpa harus membuka menu lanjutan yang lebih besar.

Dengan mem-boot langsung ke menu mode lanjutan, EzMode BIOS pada dasarnya menjadi tidak berguna. Semoga OEM bijak dan pasti mem-boot atau menghapus BIOS dengan mudah di ruang berkualitas seperti ini. Sampai sekarang, umumnya hanya menjadi gangguan untuk tipe pembeli yang memilih piring $ 500.

Untuk tambahan yang saya sebutkan, Asus memilih untuk menambahkan panduan kecil untuk overclocking menggunakan alat overclocking otomatis di BIOS. Idealnya, jika Anda ingin melakukan overclock, Anda harus mempelajarinya secara manual. Namun, jika Anda belum melakukannya, menggunakan overclocker otomatis adalah tempat terburuk untuk memulai, karena kesalahan besar saat melakukan overclocking secara manual dapat merusak perangkat keras Anda.

Perangkat overclocking otomatis seperti ini cenderung lebih aman dan memungkinkan pengguna yang tidak berpengalaman untuk menarik lebih banyak kinerja dari sistem. Saat menggunakan alat ini, Anda masih perlu menguji stabilitas sistem, dan Anda mungkin ingin menyesuaikan pengaturan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Panduan ini akan membantu Anda melakukan hal itu. Ini sangat kecil, tapi saya tahu bagaimana metode ini bisa sangat berguna bagi orang yang baru saja menggunakan overclocking.

Fitur lain yang ditambahkan ke BIOS adalah MemTest86, yang merupakan alat terbaik yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa apakah RAM Anda berfungsi dengan baik. Gratis dan mudah dipasang pada flash drive, tetapi disertakan dalam BIOS tentu saja nyaman.

perangkat lunak yang dibundel

Asus mengintegrasikan banyak perangkat lunak dengan Z590 ROG Maximus XIII Hero, dan dalam perpindahan gigi, banyak dari itu sebenarnya sangat berguna. Selain utilitas AI Suite 3 dan Armory Crate perusahaan, Anda juga mendapatkan WinRAR, RAMCache III, Overwolf, dan Daemon Tools. Anda juga dapat mengklik beberapa perangkat lunak kelas bawah seperti Asus Ai Charger, versi ROG dari alat info sistem CPU-Z yang dihormati, dan ROG GameFirst VI.

Menemukan semua program ini akan membutuhkan lebih banyak ruang daripada di sini. Saya telah mencoba semuanya di masa lalu, dan terutama merekomendasikan WinRAR dan Daemon. Saya telah menggunakannya selama beberapa dekade, sejak zaman Windows XP. WinRAR berguna untuk mengompresi dan mendekompresi file untuk menghemat ruang, dan sangat berguna saat mentransfer file dari satu sistem ke sistem lainnya. Perangkat daemon memiliki banyak fungsi, tetapi umumnya digunakan untuk menyisipkan gambar disk dan membakar gambar ke cakram optik.

Kesimpulan: Z590 melalui Royal Road

Biasanya, kami mengharapkan produk yang diperbarui menjadi lebih unggul dari sebelumnya, tetapi Asus ‘Z590 ROG Maximus XIII Hero dapat menambahkan beberapa dilema – pengalaman pembuatan dirusak oleh beberapa sudut tajam (secara harfiah) pada heatsink VRM, dan fitur kabel yang mengecewakan. Tapi ini adalah poin kecil. Secara umum, papan ini merupakan pilihan yang sangat baik bagi siapa saja yang membuat sistem Intel baru di atas pasar di soket LGA1200.

Ingatlah bahwa rangkaian fitur dan catu daya canggih ini dirancang untuk PC yang sangat efektif dan kreatif yang ingin memasang CPU kelas atas, mendinginkannya dengan cairan, lalu mendorongnya lebih lama. (Tentunya ini adalah Core i9-11900K “Rocket Lake”, atau apa gunanya motherboard Z590 tingkat elit untuk ditambahkan?) Mungkin Z590 (PCI Express 4.0, mungkin menambahkan Wi-Fi -Fi internal) vs papan Intel generasi sebelumnya yang dapat digunakan.

Ketahuilah bahwa dengan soket CPU dan irisan chipset yang telah dikelola Intel selama beberapa tahun terakhir, Core i9-11900K bisa menjadi hula hoop berkinerja tinggi di soket ini. Beli hanya jika Anda tahu itu membutuhkan daya CPU, dan Anda akan dapat menggunakannya hari ini, bukan besok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *