Breaking News

Review Processor AMD Ryzen 5 2600X

Dengan Ryzen 5 2600X ($ 229), AMD menawarkan kinerja yang cukup rendah dari prosesor andalan Ryzen 7 2700X ($ 329), tetapi pada titik harga yang wajar sebesar 30 persen. Pertukarannya adalah Anda memiliki enam inti dan 12 utas versus delapan inti dan 16 utas chip yang lebih mahal. Ini mungkin mengorbankan jam dasar 100MHz (3.6GHz) dan impuls jam maksimum (4.2GHz). Namun, sisi positifnya, prosesor ini menghasilkan TDP 10W, sehingga akan mendapatkan daya yang lebih kecil saat idle dan saat Anda menekan dengan keras. Secara umum, ini adalah paket bernilai baik untuk mereka yang mencari uang dengan anggaran terbatas seperti gamer, streamer, dan pembuat konten yang ingin mempercepat kecepatan stok. Jika Anda hanya ingin bersantai, memasang kartu video, aktif dan presisi DIY, CPU ini adalah salah satu opsi kelas menengah terbaik di luar sana.

Core Hemat Biaya (dan Pendinginan)

AMD terus menjual Ryzen 5 1600X, generasi pertama dari chip ini, meskipun dengan diskon yang lebih rendah. Dengan menggunakan Zen + Ryzen 5 2600X yang dimodifikasi, Anda akan mendapatkan kompatibilitas memori yang lebih cepat dan beberapa kecepatan clock yang lebih cepat. Juga, seperti Ryzen 7 2700X, kotak ritel prosesor ini menyertakan pendingin CPU tujuan umum bawaan. Wraith Spire memiliki cakram tembaga dengan pasta termal pra-aplikasi, sirip aluminium, dan kipas 92mm. Meskipun Wraith Spire dapat menangani overclocking, kami harus mengingatkan Anda untuk melakukan overclock pada Ryzen 5 2600X. Pendingin dinilai pada pembuangan panas 95W, dan prosesor ini menghasilkan jumlah yang sama dalam pengaturan stok.

Sama seperti chip generasi pertama, pembeli yang memilih Ryzen 5 2600X harus mendapatkan kartu grafis diskrit, karena tidak ada bagian dari prosesor ini untuk pemutaran video 2D dan 3D dan menampilkan tugas seperti platform utama Intel. Jika grafis terintegrasi penting bagi Anda, AMD memiliki Ryzen 5 2400G ($ 169) dan Ryzen 3 2200G ($ 99) dengan Radeon RX Vega 11 Graphics. Semua chipset AM4 standar AMD dapat digunakan dengan jajaran chip Ryzen (kecuali prosesor raksasa AMD Ryzen Threadripper), tetapi perhatikan bahwa tidak semua motherboard AM4 memiliki HDMI, DVI, VGA, atau DisplayPort yang sangat penting – port eksternal untuk mendukung APU ini, karena AMD secara tradisional mengacu pada prosesor dengan akselerasi grafis on-chip.

BACA JUGA  Perbedaan Android 9 dan Android 10

Bagi mereka yang ingin memasang pendingin CPU aftermarket, Ryzen 5 2600X memiliki pengganda tidak terkunci yang memudahkan overclocking. Overclocker juga akan menyadari fakta bahwa prosesor panas diffuser dipasang untuk perpindahan panas yang sempurna antara permukaan mati dan pendingin.

Itu Dulu, Ini Wow

Arsitektur Zen + AMD, atau Pinnacle Ridge, dibangun menggunakan proses manufaktur FinFET Leading Performance (LP) baru dari Global Foundry. Keuntungan utama dari proses ini dibandingkan proses lama 14nm daya rendah FinFET (LPP) termasuk kinerja transistor hingga 15 persen lebih baik, latensi DRAM hingga 16 persen lebih rendah untuk cache L1 dan L3, dan waktu respons DRAM hingga 34 persen lebih rendah untuk L2 cache, dan peningkatan hingga 3 persen dari jam manual (IPC). Tidak terlalu buruk.

Beberapa fitur mendapatkan cat baru juga sekarang. Precision Boost adalah algoritme yang mempertimbangkan kinerja sistem dingin terhadap beban kerja saat ini untuk menentukan seberapa banyak ruang kepala boost yang tersedia. Dengan chip seri 2000, Precision Boost 2 sekarang memiliki kemampuan untuk melepaskan clock boost lebih cepat karena lebih banyak core yang digunakan, hingga enam penuh. Mereka yang memiliki pendingin CPU premium, seperti pendingin loop loop atau AC bergaya menara, dapat menggunakan Rentang Frekuensi Ekstensi 2 (XFR 2) untuk mencapai kecepatan clock rata-rata yang lebih tinggi.

BACA JUGA  Agar Tidak Tertipu Ini Cara Mengetahui Spek Laptop Yang akan Kamu Beli atau Jual

Dengan prosesor baru ini, AMD juga memberikan chipset yang sangat bagus, bahkan chip Ryzen generasi pertama atau kedua dapat berjalan dengan baik jika dipasang di motherboard X370 atau X470. Jika Anda memilih salah satu dari motherboard seri 400 yang baru, Anda akan dapat mengakses teknologi akselerasi penyimpanan StoreMI AMD.

Tingkatkan! Bergeser ke Overdrive

Trik baru lain yang diajarkan AMD untuk memilih motherboard AM4 adalah fitur yang disebut Precision Boost Overdrive. Teknologi overclocking premium meningkatkan overclocking prosesor berdasarkan suhu saat ini, konsumsi daya CPU, dan kemampuan motherboard untuk memasok daya ke CPU melalui VRM. Apa pun yang Anda lakukan dengan sistem, PBO bekerja dengan sangat baik di balik layar, sehingga Anda dapat memperoleh pengalaman terbaik. Untuk alasan apa pun, ini mirip dengan aplikasi overclocking tradisional, artinya Anda memerlukan motherboard dengan VRM yang kuat, pendingin CPU yang lebih baik daripada stok, dan kecepatan yang membuat garansi Anda terlihat seperti peluang yang berharga. untuk mengambil.

Yang terbaik dari semuanya, untuk mengaktifkan Precision Boost Overdrive, Anda hanya perlu mengganti BIOS untuk motherboard X470, atau mengaktifkan pengaturan dari utilitas overclocking AMD Ryzen Master, yang dapat diunduh di sini. Setelah Anda mengunduh dan menginstal Ryzen Master, nyalakan, alihkan ke Creator Mode, klik Precision Boost Overdrive, dan klik Apply. Dengan mengaktifkan fitur PBO, skor Cinebench R15 single dan multi-core saya meningkat dari 171 dan 1.349 menjadi 173 dan 1.365. Semoga motherboard MSI X470 Gaming M7 AC yang digunakan untuk menguji prosesor ini memiliki fitur pengaturan Precision Boost Overdrive di menu BIOS.

BACA JUGA  Cara Screenshot di Laptop dan Komputer

Metodologi Pengujian

Untuk pengaturan pengujian saya, saya memasang Ryzen 5 2600X ke motherboard MSI X470 Gaming M7 AC, dan menyediakan dua slot DIMM dengan memori Crucial Ballistix Elite DDR4-3466 16GB. Untuk boot drive, saya mengandalkan Samsung SSD 850 EVO M.2 500GB, SSD SATA yang dipasang di atas slot M.2 pada motherboard ini. Saya memasang komponen pada Phanteks Enthoo Pro Tempered Glass Edition, dengan loop cooler MasterL Liquid ML240L RGB Cooler untuk menjaga suhu CPU. Untuk kartu grafis yang digunakan selama pengujian non-game, saya menggunakan MSI GeForce GTX 1070 Gaming X.

Untuk membandingkan hasil prosesor ini dengan opsi lain yang tersedia di pasaran saat ini, saya menyertakan bagan untuk melacak hasil untuk Intel Core i7-8700K 6-core / 12-thread, 6-core / 6-thread Intel Core i5 – 8400, dan Intel Core i5-7640X Quad Core / Thread Core ($ 353,99 di Amazon).

Untuk mewakili sisi AMD, saya juga mengerjakan AMD Ryzen 7 1800X Octa-core / 16-thread ($ 332,00 di Amazon), Hexa-core / 12-thread Ryzen 5 1600X, dan Octa-core / 16 -thread Ryzen 7 2700X ($ 312,95 di Amazon) dan terakhir, Ryzen 5 2400G quad-core / octa-threaded.

Pada Akhirnya, Ini adalah Pembelian yang Bijaksana

Sementara Ryzen 7 2700X adalah prosesor yang hebat untuk para penggemar, Ryzen 5 2600X terasa seperti berlian asli. Ini adalah kombinasi sempurna dari keterampilan, kelincahan, dan kinerja. Gamer, streamer, pembuat konten, dan semua penggemar komputasi memiliki banyak alasan untuk memilih prosesor dan platform AMD ini sebagai peningkatan berikutnya.