Breaking News

Review Processor AMD Ryzen Threadripper 3960X

Pembaruan generasi ketiga di jajaran CPU Ryzen Threadripper AMD adalah pembaruan baru, menghadirkan teknologi baru, metode baru, dan tingkat kinerja baru yang menjadikannya beberapa CPU desktop tercepat dalam bisnis ini. Di AMD, ahem, segmen “kelas atas” dari segmen pasar desktop kelas atas (HEDT) adalah $ 1.399 Ryzen Threadripper 3960X. Prosesor 24-core ini tidak membawa label harga $ 199 yang sama dengan pendahulunya, Ryzen Threadripper 3970X, tetapi masih memberikan banyak kinerja untuk dolar. Jika Anda hanya mencoba menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, daripada terlalu cepat, Threadripper 3960X adalah kompromi yang bagus untuk semua kebutuhan multitasking multi-inti Anda, jika Anda siap untuk mendaftar di platform baru untuk jurusan Anda berikutnya PC atau upgrade.

Bagian Tengah Garis Atas

Dengan harga $ 1.399, Ryzen Threadripper 3960X tidak murah, tetapi masih lebih murah daripada Threadripper 3970X. Tapi apa yang membuat Anda memotong biaya ini?

Untuk satu, lebih sedikit inti dan utas. Meskipun skema penamaannya mungkin sedikit membingungkan, Threadripper 3960X, setidaknya dalam hal semangat dan intinya, adalah penerus Threadripper 2970WX tahun lalu, yang juga merupakan CPU 24-core. Sementara Threadripper 3970X memiliki 32 core dan 64 thread, 3960X “hanya” memiliki 24 core dan 48 thread, dengan total 140MB cache L2 / L3. Keduanya menyerap jumlah daya yang sama: 280W TDP (naik dari 250W pada Threadripper 2970WX dual-core yang sama), dan masing-masing memiliki dukungan untuk jumlah jalur PCI Express yang dapat digunakan: 72, dibandingkan 64 pada Threadrippers generasi sebelumnya ( Jumlah benar-benar rati).

Dan apa perbedaan Anda dari generasi terakhir Threadripper dengan generasi ini? Sudah selesai tentang ini dalam tinjauan paralel Ryzen Threadripper 3970X, lebih baik baca jika Anda belum melakukannya, tetapi inilah ringkasan singkatnya:

Beralih ke litografi 7nm dari 12nm berarti lebih banyak transistor dalam ruang yang lebih kecil, dan semua manfaat energi dan panas.

  1. AMD telah memindahkan semua prosesor ke standar PCI Express 4.0 baru, yang memulai debutnya dengan chipset X570 dan CPU AM4 Ryzen andalan musim panas lalu. Ini meningkatkan jumlah bandwidth yang tersedia antara chip dan komponen lainnya, dan berguna untuk penyimpanan mewah.
  2. Chip Threadripper generasi ketiga dapat digunakan dengan chipset baru, AMD TRX40, dan soket baru yang disebut sTRX4. Motherboard baru ini tidak akan murah, dengan harga terendah yang dapat Anda temukan di MSRP $399 dari Gigabyte. (Periksa instruksi untuk semua 12 motherboard TRX40 utama yang dirilis.)
  3. Secara umum, peningkatan teknologi dan kecepatan yang dihasilkan dari Threadripper generasi ke-2 ke generasi ke-3 sangat signifikan, banyak perubahan dalam cara prosesor berkomunikasi dengan motherboard dan komponen pasangannya.

Tetapi dengan begitu banyak perubahan, mari kita lihat bagaimana Threadripper 3960X mengungguli pesaing lamanya, Intel.

Dengan harga Intel: Core X menjadi nyata

Threadripper bukan pilihan Anda di pasar HEDT, jadi apa yang ditawarkan Intel pada level yang sama? Ya, tanpa peningkatan teknologi baru yang kredibel, seolah-olah Intel memilih jugularis AMD dengan satu-satunya cara sekarang: harga.

Di bawah ini adalah bagan dari semua prosesor HEDT saat ini dan cara menentukan spesifikasi dan kisaran harganya. Anda dapat mengklik grafik untuk melihat tampilan yang lebih besar.

BACA JUGA  Cara Menyembunyikan Status Online di DM Instagram

Core i9-9980XE Extreme Edition tahun lalu, CPU level server tertinggi Intel, dijual dengan harga yang sama dengan Threadripper 3970X tahun ini: sekitar $2000. Core i9-10980XE Extreme Edition, yang merupakan penerus Core i9-9980XE, hanya $ 979. Sangat bisa dimengerti jika Anda menganggap bahwa Core i9-10980XE core hanyalah revisi dari Core i9-9980XE, yang akan diganti-tidak seperti Threadrippers 3 7nm generasi kedua dari Zen 2, yang didasarkan pada etos produksi yang semuanya baru dalam operasi dan desain.

Seperti yang disebutkan dalam ulasan Threadripper 3970X, sulit untuk membuat perbandingan satu-ke-satu antara AMD dan Intel pada tingkat daya komputasi ini, karena hanya satu dari dua yang merilis prosesor dengan banyak core dan thread, dan bandwidth sebanyak AMD.

Tapi apakah jauh dari seri Threadripper generasi ketiga di tikungan? Untuk mengetahuinya, mari kita coba tes.

Tes kinerja CPU

Untuk pengaturan pengujian saya, saya menginstal Ryzen Threadripper 3960X ke motherboard MSI TRX40 Creator, dan menggunakan empat 64GB Corsair Dominator DDR4-3600 DIMM (empat modul 16GB), dipasangkan dengan kartu output video Nvidia GeForce GTX 2080 Ti A selama pengujian CPU. (Seperti chip Threadripper sebelumnya dan sebagian besar chip Ryzen utama, Threadripper berbasis Zen 2 yang baru tidak memiliki chip grafis, jadi diperlukan kartu video.)

Untuk semua pengujian, saya menjalankan memori pada kecepatan maksimum 3600MHz, menggunakan profil XMP yang didukung oleh Creator Panel. Untuk mem-boot drive Windows 10, saya mengandalkan SSD 1TB Corsair MP600 PCIe NVMe M.2. Ingat, seperti banyak prosesor AMD yang berfokus pada kipas, Ryzen Threadripper 3960X tidak menyertakan pendingin CPU di dalam kotak, jadi Anda harus memilikinya atau membelinya. (Model Thermaltake Floe Riing 360 mengipasi tiga kipas.)

Kami menguji CPU menggunakan berbagai tolok ukur sintetis yang menghasilkan hasil eksklusif, serta pengujian waktu nyata menggunakan aplikasi konsumen seperti iTunes dan game 3D Apple seperti Far Cry 5.

Cinebench R15

Salah satu prediktor kinerja CPU terbaik adalah benchmark Cinebench R15, yang memberikan gambaran umum kinerja di berbagai jenis aplikasi. Ini adalah tes fokus CPU yang mengukur kinerja prosesor inti tunggal dan kinerja multi-inti. Hasil yang dihasilkan adalah angka khusus yang mewakili kemampuan CPU saat menampilkan gambar 3D yang kompleks.

Sebagai mesin pembuat konten, tidak mengherankan melihat prosesor HEDT seperti skor Threadripper 3960X dalam pengujian seperti Cinebench. Tapi yang mengejutkan adalah bagaimana ia menang. 3960X mengungguli prosesor saingan dari Intel, terutama Core i9-10980XE, dengan perbedaan harga.

itunes

Untuk tampilan yang lebih realistis, kami menggunakan iTunes versi lama dari Apple untuk mengkodekan serangkaian trek musik.

Terlepas dari jumlah tenaga kuda yang sangat besar di bawah AMD Ryzen Threadripper 3960X, seperti yang telah dilakukan selama beberapa tahun terakhir untuk perusahaan, prosesor tersebut masih berusaha menyamai kinerja inti tunggal Intel. Namun, kinerja single-core biasanya akademis dengan prosesor yang Anda beli sehingga sarung tangan Anda dapat menggunakan otot multi-core.

POV Ray

Benchmark POV-Ray adalah tes rendering sintetis berulir yang memberikan opini kedua tentang hasil Cinebench. Ini memberikan keseimbangan hasil yang baik yang dapat berbagi kemampuan prosesor inti dan multi-inti pada tolok ukur yang sama.

BACA JUGA  Rekomendasi Hp Outdoor Tahan Banting 2022

Dalam POV-Ray, Threadripper 3960X mencetak skor yang identik dengan Threadripper 3970X dalam tes inti tunggal, sementara skornya sedikit lebih lambat daripada di semua putaran. Ini masih lebih cepat dari yang ditawarkan Intel, serta Threadripper 24-core tahun lalu, Threadripper 2970WX.

Rem tangan dan mixer

Handbrake dan Blender adalah tolok ukur yang menguji apakah prosesor dapat menangani alur kerja pembuatan konten yang kompleks, seperti rendering 3D atau konversi video HD.

Sebagai tugas rendering semua inti, hasil Handbrake hanya menunjukkan aplikasi otot inti maksimum paling murni di dunia nyata. Threadripper 3960X lebih cepat daripada Core i9-10980XE dengan tugas yang sama, dan juga Ryzen 9 3950X, prosesor $ 230 lebih murah daripada 10980XE, juga dapat mengalahkannya.

Hasilnya adalah mixer tercepat yang pernah kami lihat, tetapi tidak dalam jumlah yang signifikan. Jika Anda menampilkan adegan 3D besar dengan banyak elemen cahaya dan tekstur, penghemat waktu akan mulai menumpuk, tetapi dalam tes kecil seperti menjalankan acara tupai terbang, konten yang tidak cukup untuk ditampilkan membuat perbedaan besar dengan CPU ini kaliber. Namun, dalam arti relatif, mencukur satu atau dua detik sangat bermasalah dengan tes ini.

7-Zip

Dan dalam benchmark kompresi 7-Zip, kami telah melihat beberapa angka liar.

Sementara Threadripper 3970X secara teknis tidak secepat Threadripper 3970X, pada titik ini Threadripper 3960X lebih maju daripada pesaing dan pendahulunya. Satu peringatan: Untuk melihat hasil 7-Zip dipengaruhi oleh jumlah RAM yang terpasang, kami menghapus 32GB dari 64GB, dan melihat skor 18 persen. Sekali lagi, fakta bahwa Anda ingin memanfaatkan mesin pembuat konten Anda, memori 64GB atau lebih adalah satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan.

Cinebench R20

Terakhir, ada Cinebench R20. R20 dikatakan delapan kali lebih menuntut daripada Cinebench R15, dan merupakan tugas yang lebih baik untuk mewakili bagaimana chip akan bekerja dengan alur kerja modern yang menggabungkan teknologi rendering baru yang digunakan di toko model 3D saat ini.

Sebagai mesin pembuat konten, Ryzen Threadripper 3960X menunjukkan garis dalam sekop di sini. Ini lebih kuat daripada Core i9-10980XE, sementara lebih murah daripada Threadripper 3970X. Jika Anda menginginkan mesin pembuat konten utama, Threadripper 3970X adalah pilihan impian Anda, tetapi jika Anda ingin menghemat sedikit sambil tetap mendapatkan 80 persen kinerja chip, Threadripper 3960X akan melakukan pekerjaan dengan baik.

Bebek saat login: Ruang vertikal terbatas saat overclocking?

Menggunakan alat overclocking internal yang tersedia pada motherboard MSI TRX40 Creator, saya memulai serangkaian overclocking bertahap yang terlihat berbeda tergantung pada kasus penggunaan.

Sebagai permulaan, kita perlu mendefinisikan parameter overclocking saya. Maksimum yang saya coba adalah mendapatkan 24 core (dimulai dengan clock dasar 3,8GHz) hingga 4,7GHz dari push clock 4,5GHz, tetapi ini benar-benar tidak stabil untuk dipercaya. Meskipun overclocking ini konsisten dalam permainan dan pengujian seperti 7-Zip, jika sesi Handbrake atau POV-Ray yang lama diaktifkan untuk semua inti, tetapi beberapa detik sebelum sistem membuka layar Windows biru.

Untuk memaksimalkan stabilitas di semua aplikasi (bukan hanya tolok ukur, tetapi juga game), saya melakukan overclock pertama kali dari CCD (untuk lebih lanjut tentang CCD hingga ulasan Threadripper 3970X dan bagian overclocking yang sama) ke 4.8GHz, 4.7GHz berikutnya, 4.6GHz Berikutnya, yang terakhir berada di atas kecepatan standar 4,555GHz pada 1,525V, yang merupakan peningkatan daya rata-rata 7 persen.

BACA JUGA  Cara memilih flashdisk SanDisk

Setelah overclocking menjadi stabil, saya menjalankan tes benchmark. Peningkatan puncak 4,8 GHz menunjukkan peningkatan kinerja sekitar 7 persen dibandingkan pengaturan stok, dan prosesor ini berkinerja lebih baik daripada Threadripper 3970X selama proses overclocking, memperoleh daya hampir 5 persen dalam pengujian produktivitas dan permainan.

Nah, kami tidak menyarankan untuk menempatkan prosesor di harga yang berisiko merugikan keuntungan 5 persen. Tetapi jika 5 persen itu menghemat banyak waktu untuk meja atau beban kerja Anda, dan Anda memiliki anggaran untuk dibelanjakan, maka kemungkinannya adalah.

Bagaimana cara memainkan Ryzen Threadripper 3960X?

Meskipun tujuan utama dari Ryzen Threadripper 3960X bukan untuk bermain game, dan ini bukan upaya yang lama, bukan berarti ia masih dapat memompa banyak frame antara tugas membuat dan mentranskode. Inilah kinerja 3960X pada sembilan benchmark grafis …

Tes CPU kartu grafis diskrit

Untuk banyak game 1080p, Threadripper 3960X lebih dekat dengan Intel Core i9-9900K daripada prosesor lainnya, dan prosesornya mendekati sepertiga dari harganya. Sekali lagi, Threadripper dibuat untuk variasi aplikasi yang sangat berbeda dari game, jadi tidak mudah dengan Threadripper 3960X karena tidak mencetak skor tertinggi di setiap tes di sini. Ini sangat kompetitif dengan perwakilan Core X-Series di sini, dan Anda tidak akan memberikan minimum atau tidak sama sekali pada tabel frame rate dengan Threadripper generasi ketiga jika Anda bermain di samping setelah menyelesaikan pekerjaan kreatif.

Harga kelas dua, kecepatan kelas satu

Jika Anda mencari prosesor HEDT, gunakan inti yang dapat membunuh harganya, yaitu AMD Ryzen Threadripper 3960X. Tidak hanya memecahkan atap dari apa yang dapat dilakukan seperti Threadripper 3970X, tetapi juga memberikan hasil yang sangat sesuai dengan apa yang Anda harapkan ketika diberi label harga $ 1.399. Dan, itu berarti Intel Core i9-10980XE berharga 70 persen serta 3970X saat kinerjanya, rata-rata sekitar 60-65 persen juga, tergantung pada pengujiannya.

Tetapi untuk pembuat konten, dengan sejumlah peningkatan yang telah kami lihat sejauh ini dari platform Ryzen baru, yaitu TRX40 dan Threadripper atau Ryzen 9 3950X yang baik, tidak ada gunanya menjalankan Intel dan Core i9-10980XE baru kecuali Anda sudah menggunakan motherboard Intel X299. Ini hampir memberikan Threadripper 3960X sebagai default. Tentu saja, harganya $ 430 lebih mahal daripada Intel Core i9-10980XE, tetapi menawarkan kinerja yang lebih baik seharga $ 430, dan mendapat dukungan untuk teknologi yang akan datang seperti PCI Express 4.0.

Pada akhirnya, keputusan antara membeli Threadripper 3960X dan 3970X dimulai dari beban kerja Anda dan tentu saja anggaran Anda. Jika Anda melakukan banyak rendering 3D atau konversi video dalam skenario yang berarti beberapa detik atau menit, dan itu dilakukan berulang-ulang, menghemat ratusan jam Anda dan tim Anda, biaya 3970X dan tindak lanjut mungkin membuat TRX40 platform pilihan yang lebih efisien