Komputer Sering Hang Pada Saat Digunakan? Mungin Ini Salah Satu Penyebab-penyebabnya!

Computer yang kerap alami ‘hang’ atau tiba-tiba diam dan tidak dapat dioperasionalkan, memang menyebalkan. Apa lagi hal itu umum terjadi saat kita sedang memakainya untuk membikin pekerjaan atau tugas.

Berlainan dengan bluescreen yang sering diikuti dengan monitor biru, hang biasanya diikuti dengan program yang mendadak not responding, mouse macet, keyboard yang tidak berperan, program yang mendadak tutup sendiri, bahkan juga sampai re-start automatis.

Nach, pemicu computer kerap hang, biasanya muncul karena persoalan hardware. Dimulai dari spesifikasi komputer yang kurang oke saat jalankan program berat, sampai masalah temperatur panas dan kerusakan.

1. Kemampuan RAM yang kurang dan terbatas

RAM memang menjadi satu diantara piranti yang penting. Kemampuan RAM yang kurang, tentu saja punya pengaruh pada kekuatannya saat jalankan program computer.

BACA JUGA  Pancasila dapat disebut sebagai sebuah ideologi terbuka,karena telah memenuhi tiga dimensi, yaitu?

Bila memang kemampuan RAM kamu terbatas, karena itu tidak boleh kebanyakan buka tab window atau program. Untuk memeriksa program yang running, cukup pencet CTRL+SHIFT+ESC secara bertepatan. Selanjutnya close program yang tidak dipakai kembali.

2. RAM hancur atau kotor karena kotoran dan debu

Selainnya kemampuan yang kurang, RAM yang memiliki masalah atau kotor dapat menjadi pemicu computer kerap hang saat dipakai.

Permasalahan yang paling umum terjadi pada computer ialah elemen RAM yang kotor karena debu. Biasanya, permasalahan ini bisa ditangani dengan bersihkan pin atau kaki-kakinya dengan penghapus.

3. Temperatur computer bertambah, hingga terjadi overheat

Tiap piranti electronic, tentunya tidak rapuh dengan masalah temperatur atau udara panas. Begitupun dengan piranti computer yang alami udara panas berlebihan.

BACA JUGA  Cara Menyembunyikan Status Online di DM Instagram

Overheat atau temperatur berlebihan dapat muncul karena kipas pendingin di dalam computer tidak bekerja optimal atau karena perputaran masuk keluarnya udara pada computer buruk. Ini bisa jadi muncul karena debu yang mulai menimbun.

4. Harddisk memiliki masalah atau banyak alami bad sector

Selainnya piranti-perangkat di atas, permasalahan pada harddisk dapat menjadi pemicu computer kerap hang secara mendadak.

Biasanya, perform pada harddisk dapat disebabkan oleh bad sector atau factor umur computer. Karena itu, coba periksa dengan lakukan scan atau cek disk untuk menyaksikan performnya. Bila memang perform harddisk sangat turun, karena itu seharusnya kamu menukarnya sama yang baru.

5. Virus dan program yang tidak sesuai dengan

Selainnya permasalahan hardware, masalah lain seperti virus dan software atau program yang tidak sesuai dengan dapat menjadi pemicu computer kerap hang.

BACA JUGA  Cara memilih casing CPU

Untuk virus sendiri, biasanya muncul karena virus memaksakan computer berusaha keras dengan memberatkan tiap program yang digerakkan di computer.

Tetapi, bila hang terjadi cuman saat kamu jalankan sebuah program software atau program saja, pasti sumber permasalahannya dapat pada program itu. Biasanya, ini muncul karena program itu tidak cocok atau mungkin tidak sesuai spesifikasi computer kamu.

Nach, itu beberapa pemicu computer kerap hang secara mendadak saat kamu pakai. Bila masalah yang kamu rasakan lebih sebab spesifikasi atau umur computer, kemungkinan ini waktunya untuk meng-upgrade piranti computer kamu.