Cara Mencegah Overheating pada Komputer

Menahan memang lebih bagus dibanding menyembuhkan. Dampak dari overheating (kepanasan) yang dirasakan oleh computer dapat menebar kemanapun. Dimulai dari performa computer yang melamban, temperatur ruang yang mendadak bertambah, sampai kerusakan yang dapat terjadi pada piranti keras computer.

Nach dibanding harus keluar uang kembali untuk menukar yang baru, sebaiknya kamu menahan computer kamu alami kepanasan. Berikut panduan menahan overheating pada computer.

1. Membersihkan fisik computer secara periodik

Selainnya bersihkan computer dari beberapa data sampah supaya performa computer jadi cepat kembali, kamu perlu memerhatikan kebersihan fisik dari computer kamu. Langkah ini ialah langkah paling mudah supaya computer kamu terbebas dari kasus overheating.

Kamu perlu jaga mekanisme piranti kerasnya masih tetap bersih. Bila computer bersihkanlah sekali dalam satu minggu. Bila memiliki bentuk netbook satu bulan sekali cukup.

BACA JUGA  Как Делать Ставки На Спорт как Научиться Правильно делать Ставки На Спорт Новичка

Janganlah sampai melalui sisi kipas dan saluran buangan panas yang dipasang pada mekanisme. Bila ada debu yang cukup tebal pada kipas akan menghalangi performa kipas yang berperan jaga PC masih tetap dingin.

2. Pakai kipas dan saluran buangan panas yang bagus

Bila kamu mempunyai computer yang dapat di-upgrade, sebaiknya kamu menyaksikan keadaan kipas pendingin CPU-nya. Check keadaannya masihkah bekerja yang baik atau mungkin tidak. Bila putarannya telah menurun sebaiknya untuk menukarnya.

Pilih kipas CPU yang sekalian mempunyai saluran buangan panas. Kamu dapat memperoleh kipas yang tidak bising dan jaga temperatur CPU lebih dingin dalam masa tertentu.

CPU yang ada di pasar sekarang ini semestinya pas untuk terpasangkan dengan kipas OEM asal keadaannya selalu bersih.

BACA JUGA  Rekomendasi Cahnnel Youtube Yang Baik Untuk Anak

Selainnya overheating, computer bisa juga alami yang bernama blue screen. Baca pemicunya di artikel ini ya.

3. Alihkan computer ke arah tempat yang lebih sejuk

Ruang yang mempunyai pendingin udara ialah ruang terbaik untuk simpan computer kamu. Selainnya tidak mempunyai temperatur yang terlalu panas, temperatur di ruang ini relatif konstan.

Terkadan beberapa orang simpan CPU di tempat bawah dan condong dekat sama tembok. Ini sebetulnya salah karena CPU juga memerlukan perputaran udara yang bagus supaya saluran udara panas yang keluar dalam tidak balik lagi masuk ke piranti.

Sedapat mungkin buat sirkulasi udara di dekat CPU supaya perputaran ini berjalan baik dan menghindar peristiwa overheating yang tidak diharapkan.

Apa sich beberapa masalah yang umum terjadi pada computer? Baca penjelasannya di artikel ini.

BACA JUGA  Rekomendasi Hp Outdoor Tahan Banting 2022

4. Memakai mekanisme pendingin cairan

Bila kamu ialah seorang gamer yang suka memakai kekuatan computer sampai batasan limit overclock-nya, kemungkinan kamu ingin memakai mekanisme pendingin cairan (liquid cooling sistem).

Cairan ini terus akan dipompa di semua mekanisme untuk mempernyerap panas dan membuangnya lewat mekanisme pembuangan.

Walau nampaknya ini ibarat sebuah gagasan berkilau untuk menahan overheating, langkah ini bisa saja mimpi jelek jika kamu tidak paham langkah mainnya.

Maka seharusnya kamu bertanya lebih dulu pada orang yang lebih memahami berkenaan liquid cooling sistem ini.

Selainnya lakukan pencegahan-pencegahan di atas kamu perlu ketahui apa pemicu sebuah computer dapat alami overheating. Ketahui dengan komplet mengenai overheating ini akan menolong kamu dalam menangani ini secara detail.