Tips Mengamankan Router WiFi dari Serangan Hacker

Kamu barangkali sempat dengar informasi mengenai web salah satunya provider jaringan mobile yang di-hack oleh orang tidak dikenali, kan?

Tidak boleh salah! Kegiatan hacking juga sekarang bisa jadi terjadi pada piranti router WiFi di dalam rumah, ruang usaha atau kantor tempat kamu bekerja. Banyak pula lho yang sempat merasakannya.

Daripada jadi korban hacker yang ingin menyelusup ke jaringan atau terhubung jaringan Wi-Fi kamu secara sembunyi-sembunyi, lebih bagus kerjakan panduan amankan router WiFi dari gempuran hacker ini.

1. Aktifkan WPA2 Wireless Encryption

Bila kamu tidak memakai enkripsi Wi-Fi Protected Akses (WPA2) membuat perlindungan jaringan WiFi, karenanya sama dengan biarkan pintu keamanan router WiFi kamu lebar terbuka. Hal tersebut bisa memudahkan beberapa hacker terhubung dan menjebol jaringan WiFi punyamu.

Hal itu berlaku buat kamu yang memakai keamanan Wired Equivalent Privasi (WEP), di mana feature keamanan itu dapat disebutkan telah kedaluwarsa dan ketinggal zaman.

BACA JUGA  Apa fungsi Bluetooth audio transmitter?

Agar semakin amannya, kamu dapat meng-upgrade piranti router WiFi kamu dengan router yang telah memberikan dukungan WPA2. Untuk beberapa seri router dapat mengupdate firmware untuk menambah peranan WPA2. Untuk pelajari langkah aktifkan enkripsi WPA2, kamu dapat membaca buku petunjuk buku manual-nya.

2. Buat sandi SSID yang sulit

Disamping itu, kamu perlu membuat SSID yang kuat (nama jaringan nirkabel). Bila kamu memakai nama jaringan standar router (seperti Linksys, Netgear, DLINK, dll), karena itu hal tersebut dapat memudahkan beberapa hacker mencari dan meretas jaringan punyamu.

Buat nama SSID yang panjang secara random. Walau susah untuk dikenang, tetapi hal tersebut semakin aman. Kamu harus juga memakai sandi yang kuat untuk keyword pre-shared router WiFi. Pastikanlah kamu memakai sandi dengan gabungan di antara angka dan huruf kapital.

BACA JUGA  Cara Mudah Download Video YouTube

3. Yakinkan sudah hidupkan firewall pada router

Bila kamu belum melakukan, selekasnya aktifkan firewall built-in pada router punyamu. Aktifkan firewall bisa menolong tingkatkan keamanan jaringan. Banyak firewall berbasiskan router yang mempunyai “silent model”, hingga dapat menolong sembunyikan jaringan WiFi kamu dari pemakai lain. Apabila sudah, periksa lagi apa kamu sudah mengkonfigurasinya secara benar.

4. Pakai service VPN individu terenkripsi pada router

Virtual Privat Networks dahulu cuman dipakai oleh perusahaan besar saja. Tetapi, sekarang kamu juga dapat beli service VPN individu dengan ongkos bulanan yang cukup dapat dijangkau. VPN individu mempunyai kekuatan untuk menganonimkan lokasi kamu dengan alamat IP proxied, dan membuat perlindungan keamanannya dengan firewall enkripsi yang kuat.

Ada banyak service VPN yang berbayar dan gratis. Kenali keuntungan memakai VPN dan referensi VPN terbaik di artikel ini.

BACA JUGA  Cara Cepat Uninstall Banyak Aplikasi Sekaligus di Android

Bila router kamu memberikan dukungan service VPN individu langsung, sudah pasti hal tersebut lebih bagus. Karena, VPN akan mengenkripsi semua jalan raya yang masuk dan keluar jaringan tanpa perlu mempersiapkan piranti lunak di computer klien.

Bila kamu ingin memakai VPN individu langsung di router, check dulu apa router kamu mempunyai kekuatan dan feature itu. Salah satunya contoh yakni Buffalo Technologies yang mempunyai beberapa seri router dengan kekuatan itu.

5. Non-aktifkan feature “Admin lewat Wireless” di router kamu

Langkah lain untuk menolong menahan hacker menjebol router WiFi kamu dengan menonaktifkan penataan “admin lewat wireless”. Dengan demikian, cuman orang yang tersambung lewat kabel Ethernet router saja yang bisa terhubung feature admin.