Review VGA Nvidia GeForce RTX 3080

Apakah ini perkusi? Daun jatuh dari pohon? Jadi, pasti sudah beberapa tahun yang lalu ketika Nvidia kembali mengundang kami ke dapur CEO Jensen Huang untuk melihat kartu grafis baru yang ditarik dari tungku teknologi yang menyenangkan. Kali ini, tim telah menyiapkan sekuel dari seri GeForce RTX 20 asli. Versi andalan stack, $80 Nvidia GeForce RTX 3080 Founder’s Edition, memiliki arsitektur baru (“Ampere,” sekuel dari GeForce 20-Series “Turing”), pendingin baru, desain PCB revolusioner, dan banyak Core aritmatika, untuk boot.

Peluncuran ini merupakan pendekatan baru untuk Nvidia. Sebagian karena revolusi teknologi masa lalu, tetapi juga kemajuan, dengan solusi baru untuk masalah lama yang dapat, selama beberapa tahun ke depan (jika bukan beberapa dekade), merevolusi cara gamer PC berinteraksi dengan game favorit dan aplikasi kreatif mereka. Dengan penawaran perangkat lunak baru yang dikembangkan dengan perangkat keras yang kuat, Edisi Pendiri RTX 3080 yang baru adalah kemenangan untuk rekayasa dan kinerja kartu grafis, menjadikan Pilihan Editor sebagai raja game 4K baru dan langkah hebat berikutnya dalam evolusi GPU.

Cara baru yang bagus untuk … kartu keren

BACA JUGA  Laptop Gratis Untuk Pelajar Ini Spesifikasi Laptop Nya Dengan Harga 10 Juta

Apakah Anda siap untuk beberapa detail teknis tentang sistem pendingin GPU? Berikut adalah gambar estetika desain dari Nvidia GeForce RTX 3080 Founder Edition, dan tambahan dari kartu Nvidia Founder Edition lainnya.

hanya menakjubkan. Desain visual dari dua slot, Nvidia GeForce RTX 3080 Edisi 10, adalah pendiri Edisi Modern, elegan, dan hampir sepenuhnya bebas dari jenis aksen “gamerzzzz” yang telah mengganggu (di mata saya juga) komponen industri selama bertahun-tahun. Kartu Pendiri RTX 3080 terlihat seperti anak sekolah menengah yang berhenti menyemprotkan tip, mengeriting rambutnya, dan mengenakan sepatu roda pada hari Thanksgiving … tetapi itu masih tetap menjadi tahun-tahun pemberontakan. (Ini akan menjadi sistem pendingin sudut dan palet warna hitam-perak). Tentu saja, kartu pabrikan pihak ketiga akan mengambil beberapa pendekatan, dan tidak semuanya cocok dengan Pendiri Edisi desain unik Anda, kipas di bagian atas kartu, serta kipas di bagian bawah.

Dua strip LED melapisi kartu secara keseluruhan: satu menampilkan top-up kipas, dan satu lagi di bawah pin GeForce RTX 3080 di sisi kartu. Selain itu, casing logam logam yang disikat dapat dipotong dengan melakukan hal-hal lain. Dari semua desain GPU referensi yang pernah saya lihat selama beberapa dekade, ini adalah desain yang paling “dewasa”. Kartu-kartunya profesional dan menakutkan pada saat yang sama, keseimbangan yang sulit dicapai ketika Anda berenang di dunia desain industri dan juga mencoba mempertahankan jenis esport.

BACA JUGA  Review Access Point Asus ROG Rapture GT-AC5300

Jika Anda belum mengumpulkan dari gambar di atas, ini berarti pendekatan baru untuk pendinginan PCB kartu grafis. Nvidia adalah pendekatan baru dan unik untuk masalah lama yang dapat berdampak ketika produsen kartu merancang set heatsink dan kipas untuk bergerak maju.

Cara yang sama untuk mengatasi masalah pendinginan PCB menggunakan kartu “blower” selama bertahun-tahun, kecuali hanya: kipas yang lebih canggih. Kipas ini dirancang untuk menangani hanya satu pekerjaan: menarik udara di bagian depan casing, melewati heatsink, dan keluar dari bagian atas kipas ke bagian belakang casing, seperti …

Namun dalam diskusi awal tentang kartu video o-sphere setelah Nvidia meluncurkan desainnya, pertanyaannya tetap … Apakah panas bertiup dari GPU melalui CPU?

Untuk ini, Nvidia memiliki beberapa penghitung. Yang pertama adalah bahwa dalam metode pendinginan PCB tradisional, panas biasanya dibuang ke panel belakang GPU, yang berada di sebelah pendingin CPU, (setidaknya pada komputer yang didinginkan). Kedua, perusahaan mengatakan bahwa meskipun ada kartu dalam kisaran harga GeForce RTX 3080 (ditambah $ 600), perusahaan menemukan bahwa sebagian besar pengguna telah beralih ke pendingin CPU cair, di mana udara di sekitar CPU fisik sangat penting. lebih sedikit. Dalam sistem berpendingin cairan, radiator biasanya berada di bagian depan casing atau di atas, keduanya lebih cocok dengan pola aliran udara yang dibuat oleh RTX 3080: Udara dihisap melalui bagian depan kartu, dan dihembuskan melalui panel belakang dan bagian atas bisphenol.

BACA JUGA  Tips Untuk Mencegah Bahaya WiFi Gratis

Kami akan menguji semua mesin ini dalam evaluasi pendinginan di bawah ini, tetapi jika tidak ada yang lain, Nvidia, seperti debut AMD ketika meluncurkan kartu bergaya pukulan, harus dipuji karena mencobanya secara berbeda. Mendinginkan GPU tanpa terlalu panas setiap komponen lainnya adalah salah satu aspek paling rumit dalam mendesain kartu grafis modern, dan Nvidia telah mengambil pendekatan ekstrem untuk solusi yang dapat dirayakan, tetapi mudah diejek karena “direkayasa tinggi”. Mari kita cari tes. Tapi pertama-tama: som