Review Processor Intel Celeron G4920

Jika Anda membuat PC dengan anggaran yang sangat rendah, Anda akan memiliki banyak pilihan prosesor, tetapi menghabiskan $ 30, $ 40 atau kurang untuk CPU dapat membuat perbedaan besar. Pilih Intel Celeron G4920, yang diinstal dengan harga Intel disarankan $ 52. Ini adalah salah satu prosesor desktop paling kuat di raksasa chip dengan dukungan untuk motherboard dengan chipset seri 300. Meskipun ini jelas bukan solusi sempurna menurut standar saat ini – dengan perubahan terbaru di pasar CPU, Celeron baru biasanya menjadi prosesor Pentium pada tahun 2015 – ini akan membuat beberapa penggemar Intel kehabisan uang. Namun, kebanyakan bisa dihindari oleh banyak orang yang bisa. Menghabiskan lebih sedikit uang, atau memilih alternatif AMD Athlon dengan harga yang sama, umumnya akan memberi produsen anggaran kesepakatan yang lebih baik.

Inti Celeron

Secara arsitektur, Celeron G4920 berada di lini produk “Lake Coffee” generasi kedelapan Intel. Prosesor ringan ini memiliki CPU dua inti dengan clock 3.2GHz dengan dukungan teknologi Turbo Boost atau Hyper-Threading. Cache L3 internal juga cukup kecil menurut standar saat ini, dengan 2MB.

Celeron G4920 memiliki prosesor grafis terintegrasi berlabel Intel UHD Graphics 610. Solusinya hanya memiliki 12 unit eksekusi (UE) yang memiliki clock 1.050MHz.

Agar prosesor tetap dingin, Intel mengemasnya dengan pendingin stok biasa. Ini memiliki heatsink aluminium padat dan harus mampu melindungi Celeron 54W dari panas yang berlebihan.

Celeron G4920 kompatibel dengan chipset Intel LGA 1151 dan dapat digunakan dengan chipset motherboard kelas atas dan premium, dari H310 hingga Z370 dan Z390.

Pengaturan Tes: Beberapa Catatan

Sebelum melihat benchmark, perlu saya jelaskan bahwa selama pengujian, prosesor AMD memiliki keunggulan yang sedikit lebih kecil, tetapi sebanding dengan CPU Intel dalam proses pengujian. Karena banyak motherboard Intel kelas atas tidak memiliki port video, dan pembeli Celeron biasanya tidak menggunakan motherboard Z370 atau Z390 dengan chip anggaran ini, kami harus menemukan aliran untuk menguji yang cocok untuk menguji CPU ini dan lainnya prosesor dari soket Intel LGA 1151 Pentium. Akhirnya, kami berakhir di PC mini DeskMini 310 dari Asrock untuk menjalankan tes CPU Intel LGA 1151. Namun, motherboard di sistem ini hanya mendukung RAM hingga 2600MHz.

Hasilnya, CPU Intel Celeron dan Pentium berikut diuji dengan memori DDR4 pada 2600MHz, sedangkan prosesor AMD diuji menggunakan papan AM4 B350 dengan DRAM DDR4 pada 3000MHz. (Motherboard B350 adalah Gigabyte AB350-Gaming 3.) Itu memberi AMD keuntungan kecil dalam beberapa pengujian, terutama grafik dan benchmark 7-Zip. Memori kedua sistem dikonfigurasikan dalam mode saluran ganda dengan dua modul RAM 8GB dengan total 16GB. Namun, ini adalah opsi konfigurasi yang sesuai karena CPU diinstal dan dikonfigurasi dalam kehidupan nyata.

Itu adalah peretasan untuk beberapa CPU yang membandingkan Celeron ini dalam diagram kinerja, sehingga Anda dapat mengetahui statistik penting.

Dalam bagan kinerja aktual, kami juga menyertakan CPU Core i3 dan i5 generasi yang lebih tua untuk perspektif, serta Ryzen 5 generasi saat ini, tetapi chip tersebut berada di atas penawaran Athlon, Pentium, dan Celeron di sini. Pesaing utama Celeron G4920 adalah AMD Athlon 200GE. harganya sama. Kedua prosesor memiliki dua inti CPU 3,2 GHz, tetapi Athlon memiliki keunggulan penting termasuk cache L3 ganda (4 MB) dan dukungan untuk multithreading simultan (memungkinkan pemrosesan empat utas secara bersamaan).

Celeron dalam Penggunaan Sehari-hari

Karena hasil benchmark yang kurang memuaskan, harus saya akui bahwa saya terkejut dengan Celeron G4920 ketika berputar dan menggunakannya untuk menulis saya sehari-hari. Basis desktop saya menggabungkan prosesor quad-core, Intel Core i7-3770K dengan 4.4GHz yang di-overclock dengan memori DDR3 16GB. Bedanya pakai Core i7 dan Celeron lawas tentunya siang malam. Namun meski G4920 juga lebih lambat dari Pentium Gold G5600, bukan berarti tidak bisa digunakan. Saya dapat bekerja di atas meja tanpa masalah serius, meskipun saya menunggu lebih lama untuk menunggu halaman web dimuat, dan banyak terbuka dan tab browser tidak terkait. Ada beberapa lag input nyata dari mouse dan keyboard, tetapi tidak ada masalah.

Saya juga meluncurkan salah satu favorit saya sepanjang masa untuk melihat bagaimana Celeron akan menjadi judul yang lebih tua. Fallout Bethesda: New Vegas dirilis pada 2010, dan secara alami kurang menantang daripada game modern yang diuji di atas. Seperti yang saya katakan, Celeron tidak bermain-main. Bahkan untuk Fallout: New Vegas, saya harus mengurangi pengaturan kualitas grafis ke medium dengan resolusi yang disetel ke 1080p, dan saya masih kurang dari 60fps saat berlari di Novak City. Rata-rata frame rate saya berada di pertengahan 40-an, dan antara grafis dan grafis yang menuntut, bermain dengan Celeron tidak menyenangkan. Bermain di 720p akan menjadi pencapaian yang bagus, tetapi juga pengalaman dasar dengan game lama dan ketinggalan jaman.

Dua Inti Mungkin Membuat Anda Menginginkan Lebih Banyak

Secara keseluruhan, Celeron G4920 bukanlah prosesor yang buruk; Ini lebih lambat dari yang saya inginkan setiap hari, tetapi ayah Anda yang sudah lanjut usia yang ingin memeriksa Facebook dan melakukan satu per satu dapat mengatasinya.

Tapi, saya tidak menyarankan siapa pun untuk membeli G4920 kecuali harganya turun, Anda harus memiliki motherboard yang kompatibel, atau Anda mendapatkan harga yang bagus untuk CPU/motherboard combo. Pada saat penulisan di awal 2020, Amazon menjual CPU $ 57,43, yang lebih tinggi dari harga daftar $ 52 tetapi lebih rendah dari harga Amazon $ 59,66 untuk AMD Athlon 200GE yang lebih cepat.

Perlu juga dicatat bahwa Celeron G4920 lebih dekat dengan kertas daripada prosesor Intel lainnya dari keluarga yang sama. Prosesor dual-core Celeron G4900 identik dengan G4920 kecuali untuk kecepatan clock yang lebih lambat yaitu 3.1GHz. Secara realistis, kedua CPU akan memberi Anda kinerja nyata yang nyata, jadi jika Anda ingin membeli prosesor Intel murah untuk platform LGA 1151 dan untuk setiap jumlah dolar, belilah – sekitar $ 54,99 di Amazon saat saya menulis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *