Review laptop Gaming Asus ROG Zephyrus G14 2021

G14 asli adalah ukuran baru ketika diluncurkan, tetapi konsol game 14 inci menjadi lebih populer sejak saat itu. Razer Blade 14 dan Acer Predator Triton 300 SE hampir identik dalam kelangsingan dan tapak, meskipun G14 adalah yang paling ringan dari ketiganya. Meski G14 sudah tidak ada lagi, namun tetap menjadi salah satu laptop gaming terbaik yang mengedepankan portabilitas.

Namun, satu hal yang perlu diingat: Karena waktu telah berubah sejak G14 asli diluncurkan (lihat: Epidemi), sangat penting untuk mengetahui bahwa laptop ini tidak memiliki webcam internal. Penelepon video jarak jauh ingin mencari di tempat lain. (Logika Asus ditujukan untuk para gamer dan streamer yang ingin menambah performa webcam yang baik dan mempertahankan bezel yang tipis.)

Untuk gambaran lengkap tentang desain lainnya (termasuk catatan pada keyboard, port, dan ekstra), lihat ulasan G14 asli.

Lihat Komponen: Panas terbaru dari AMD dan Nvidia

Selanjutnya, kita beralih ke bagian dan fitur formulir ulasan. Ada beberapa rasa dari GeForce RTX 30-Series G14, tetapi unit uji harganya $ 1.999. Untuk itu, Anda mendapatkan prosesor AMD Ryzen 9 5900HS, memori 32GB, GPU GeForce RTX 3060, dan SSD 1TB. Layarnya juga memiliki resolusi asli 2560 x 1440 piksel dan kecepatan refresh 120 Hz.

Perlu dicatat bahwa kami menyukai G14 asli dari segi harga, tetapi harga untuk konfigurasi ini lebih mahal. Beralih ke seri RTX 30 adalah bagian dari ini, tetapi ukuran memori juga berkisar dari 16GB hingga 32GB, dan resolusi layar menjadi 1440p dari 1080p. Layar barunya jernih dan cemerlang. Selain itu, ini adalah keputusan yang baik untuk hiburan dan permainan, jika Anda memiliki kekuatan untuk mendorong – lebih lanjut tentang itu di bawah.

Ini tidak berarti peningkatan ini bukan nilai tambah, tetapi nilainya adalah untuk mengalihkan G14 ke laptop gaming mewah daripada laptop tingkat menengah, sehingga aspek “nilai” hilang karena konfigurasi khusus ini. Tidak semua model G14 RTX 30-Series mahal; Pada saat penulisan ini, konfigurasi di Best Buy dihargai $1.549,99 untuk CPU, GPU, dan penyimpanan yang sama dengan model ini, tetapi dengan memori 16GB dan tampilan full HD (1080p), resep yang sama seperti aslinya G14. telah diuji.

Uji Produktivitas

PCMark 10 andalan PC meniru berbagai aliran produktivitas dunia nyata dan aliran pembuatan konten untuk mengukur kinerja keseluruhan tugas-tugas kantor-sentris seperti pengolah kata, spreadsheet, penelusuran web, dan konferensi video. Kami juga menjalankan uji drive sistem PCMark 10 lengkap untuk memperkirakan waktu buka dan kapasitas penyimpanan laptop. (Pelajari lebih lanjut tentang cara menguji laptop.)

BACA JUGA  Spesifikasinya Sadis! 3 Laptop Gaming Terbaru di CES 2022 Yang Di Pamerkan ASUS

Tiga tolok ukur fokus pada CPU, menggunakan semua inti dan utas yang tersedia, untuk menentukan kesesuaian komputer untuk beban kerja intensif prosesor. Maxon Cinebench R23 menggunakan mesin Cinema 4D perusahaan untuk membuat adegan kompleks, sementara Primate Labs ‘Geekbench 5.4 Pro mengemulasi aplikasi populer mulai dari rendering PDF dan pengenalan suara hingga pembelajaran mesin. Terakhir, kami menggunakan codec video open source HandBrake 1.4 untuk mengonversi video 12 menit dari resolusi 4K ke 1080p (sedikit lebih banyak waktu lebih baik).

Tes produktivitas terbaru adalah PugetBench for Photoshop dari Puget Systems, yang menggunakan Creative Cloud versi 22 dari editor foto populer Adobe untuk mengevaluasi kinerja komputer dalam membuat konten dan aplikasi multimedia. Ini adalah ekstensi otomatis yang melakukan berbagai tugas Photoshop yang dipercepat GPU mulai dari membuka, memutar, mengubah ukuran, dan menyimpan gambar hingga memasang topeng, pengisi gradien, dan filter.

Sederhananya, G14 baru adalah laptop tercepat di grup ini. Itu tidak mempengaruhi PCMark, tetapi dalam tes stres multimedia dan prosesor yang paling menuntut, hasilnya adalah yang terbaik. Marginnya tidak besar, tetapi cukup untuk dicatat bahwa ini akan memberi Anda keterampilan mengedit yang lebih cepat daripada laptop gaming, dan itu tidak akan meninggalkan Anda. Penggunaan sehari-hari sangat mudah, memiliki penyimpanan cepat, dan delapan inti dan 16 utas siap untuk apa pun yang dibuang.

Tes grafis dan game

Kami menguji grafis PC Windows menggunakan emulator game DirectX 12 UL, Night Raid (lebih sederhana dan cocok untuk laptop dengan grafis terintegrasi) dan Time Spy (lebih menuntut dan cocok untuk platform game dengan GPU diskrit).

Kami juga menjalankan dua tes benchmark GPU lintas platform, GFXBench 5, yang menekankan tindakan tingkat rendah seperti komposisi dan rendering gambar seperti game tingkat tinggi. Tes Aztec Ruins 1440p dan 1080p Car Chase dilakukan di layar mati untuk mengatasi resolusi tampilan yang berbeda, grafik olahraga, dan perhitungan shader menggunakan API OpenGL dan mosaik perangkat keras. Di GFXBench, semakin banyak frame per second (fps), semakin baik.

Selain itu, kami melakukan tiga tes game real-time dengan benchmark pada game F1 2021, Assassin’s Creed Valhalla, dan Rainbow Six Siege. Permainan tersebut adalah simulasi, petualangan, aksi terbuka, dan permainan menembak kompetitif / permainan menembak elektronik. Valhalla dan Pengepungan berjalan dua kali (Valhalla pada Medium dan Ultra, Pengepungan pada Rendah dan Ultra), sementara F1 2021 berjalan dua kali pada pengaturan maksimum, pertama dengan pengaturan anti-aliasing kinerja NSSia Nvidia dimatikan, dan kemudian lagi juga. Semua tes berjalan dalam 1080p, meskipun kami akan menjalankan penambahan pada resolusi asli laptop untuk mendapatkan hasil anekdot jika layarnya 1440p atau 4K.

BACA JUGA  2 Cara Menghapus Bloatware Xiaomi Tanpa Root Agar Tidak Lemot

Tidak seperti prosesor, GPU G14 tidak berada di urutan teratas, tetapi itulah yang saya harapkan Di antara RTX 3060 lainnya pada laptop yang lebih besar dan RTX 3070 Blade 14, ini bukan GPU paling kuat di atas kertas. Namun, kinerja tes sintetis layak, mampu melakukan tugas dan game 3D. Saya akan mengatakan bahwa secara berbeda, harga sedikit lebih tinggi untuk tingkat daya GPU mentah ini, tetapi biayanya banyak untuk komponen dan fitur lainnya. Jika Anda lebih suka frame per detik per dolar, konfigurasi ini tidak cocok.

Untuk tes game nyata, ceritanya sama, tetapi ini memberikan gambaran yang jelas tentang kinerja yang dapat Anda harapkan untuk game tersebut. Dalam judul AAA yang menuntut seperti Assassin’s Creed Valhalla, pengaturan kualitas sedang lebih realistis pada 60fps, tetapi gim ini tetap terlihat bagus dalam pengaturan itu, yang cocok untuk laptop seukuran ini. G14 juga dapat menggunakan layar refresh baru (120Hz), seperti yang terlihat di Rainbow Six Siege, dan hasil F1 menunjukkan seberapa besar peningkatan DLSS yang dapat diberikan ke sistem pada urutan 60fps.

Tentu saja, ini semua dalam 1080p, tidak seperti resolusi 1440p asli laptop. Kami juga menjalankan semua pengujian yang sama pada 1440p, dan seperti yang Anda duga, kecepatan bingkai turun secara signifikan. Dalam kualitas medium dan ultra, Valhalla turun menjadi 52 fps dan 36 fps, sedangkan Siege turun menjadi 156 fps dan 114 fps dalam Low dan Ultra. Akhirnya, F1 2021 turun menjadi 43 fps dengan TAA dihidupkan dan 60 fps dengan DLSS dihidupkan. Penurunan rata-rata sangat besar, dan judul seperti Valhalla, dapat membuat perbedaan antara mempertahankan 60fps dan melihat beberapa gameplay berombak. Dalam game seperti Siege, ini mulai menggunakan fitur frame rate yang lebih tinggi yang harus Anda lakukan dari layar. Anda dapat memainkan game yang tidak terlalu menuntut dalam resolusi asli, dan memberikan kecepatan bingkai untuk menyempurnakan judul yang paling menuntut dengan menekan hingga 1080p.

BACA JUGA  Spesifikasi dan Harga Logitech C920 HD Pro Webcam

Dengan demikian, harga agak tinggi untuk tingkat daya ini, tetapi Anda juga dapat melihat bahwa kinerjanya mirip dengan Blade 14 meskipun GPU-nya unggul (di atas kertas) dan label harga yang lebih tinggi. Alienware, di sisi lain, lebih murah, tetapi lebih baik daripada kinerja ukuran sasis yang lebih besar yang bisa lebih panas. Pada dasarnya, G14 memiliki nilai: tidak hanya itu harga terbaik untuk frame rate game, tetapi harga yang wajar untuk paket lengkap dan masih laptop gaming yang bagus.

Tes baterai dan tampilan

Kami menguji masa pakai baterai laptop dengan memutar file video 720p yang disimpan secara lokal (film terbuka Blender Tears of Steel) dengan kecerahan layar 50% dan volume 100% hingga sistem padam. Kami memastikan baterai terisi daya sebelum pengujian, dengan Wi-Fi dimatikan dan lampu latar keyboard mati.

Kami juga menggunakan sensor dan perangkat lunak kalibrasi layar SpyderX Elite Datacolor untuk mengukur saturasi warna layar laptop – berapa persentase warna gamer warna sRGB, Adobe RGB, dan DCI -P3 yang dapat ditampilkan monitor – dan kecerahan lumen (lumen per meter persegi) pada 50% dan pengaturan puncak untuk layar.

Daya tahan baterai sangat baik pada sistem ini, terutama untuk laptop gaming. Ukuran portabel adalah mitra yang cocok untuk runtime 10 jam, sehingga Anda dapat membawanya di jalan tanpa khawatir menemukan port berikutnya.

Dalam hal kualitas tampilan, rentang warna solid. Meskipun laptop ini tidak dirancang untuk profesional media, ini dan kecepatan pemrosesannya dapat menjadi kebanggaan, jika perlu. Layarnya juga mendapatkan kecerahan maksimum untuk laptop gaming, login pada 325 nits.

Laptop sempurna untuk penggemar perjalanan

Adapun desain dan konstruksi, kami menyukai laptop ini seperti pertama kali. Portabel, dibuat dengan baik, dan berfitur lengkap, meskipun aspek nilai dikurangi dengan konfigurasi kami. Bagian terbaiknya adalah performa yang lebih baik, berkat memori RTX 3060 dan 32GB. Layar 1440p juga asyik untuk ditonton dan dimainkan.

Perangkat 14 inci ini mungkin sangat langka di pasaran, tetapi sekarang masih menjadi pilihan yang baik. Untuk harga konfigurasi ini, Razer Blade 14 kami berikan jauh lebih baik, lebih bertenaga, dan fitur yang sama. Zephyrus G14 2021 nomor dua, dan jika Anda berjalan sejauh itu