Review Access Point Asus ROG Rapture GT-AC5300

Gamer hardcore mengandalkan sistem yang cepat dengan kartu grafis yang luar biasa untuk mendapatkan keuntungan dari persaingan online, tetapi semua perangkat keras yang cepat itu tidak berarti bahwa router Anda tidak dapat menyediakan throughput yang diperlukan untuk mengatasi kelambatan jaringan. Masukkan Asus ROG Rapture GT-AC5300 ($ 399,99), router tri-band canggih yang dirancang untuk para gamer. Router ini dipandang sebagai bagian utama dan menawarkan akselerasi dan prioritas game berbasis perangkat lunak, tumpukan port LAN, perlindungan malware dan virus yang kuat, dan prosesor quad-core yang kuat. Ini sangat mahal dan besar, tetapi kinerjanya yang cepat dan fitur-fitur canggih membuatnya harus dimiliki apakah Anda seorang gamer online yang serius atau menjalankan jaringan lalu lintas utama.

Hebat dan bertanggung jawab

ROG Rapture GT-AC5300, dengan ukuran 2,5 x 9,6 x 9,6 inci (HWD), adalah salah satu router yang hebat. Casing irisan kuningan hitam dihiasi dengan logo Asus Republic Gamer (ROG) hitam dan merah yang familier dan memiliki delapan poros yang dapat dilepas dan disesuaikan. (Itu dua kali lipat jumlah yang Anda dapatkan dengan Netgear Nighthawk Pro Gaming XR500.) Terlihat seperti laba-laba raksasa.

Enam LED kecil di sudut depan menerangi kondisi kelistrikan, aktivitas 2.4GHz, aktivitas 5GHz, konektivitas WAN, LAN, dan aktivitas WPS. Sisi kiri memiliki tombol untuk mengaktifkan / menonaktifkan Wi-Fi, menyalakan dan mematikan LED, dan memulai WPS. Di bagian belakang terdapat delapan port Gigabit LAN yang mengesankan, dua port USB 3.0, port WAN, dan tombol power dan reset. Dua port LAN dapat dipasang untuk agregasi tautan, memberikan kecepatan 2Gbps ke perangkat NAS yang kompatibel dengan kombinasi yang dipasang di router.

ROG Rapture GT-AC5300 adalah router triple-band 4×4 802.11ac yang ditenagai oleh CPU quad-core 1,8GHz, RAM 1GB, dan memori flash 256MB. Ini menggunakan teknologi 1024QAM (Quadrature Amplitude Modulation) untuk mencapai kecepatan maksimum hingga 1000Mbps di pita 2.4GHz dan hingga 2167Mbps di setiap pita 5GHz. Ini juga mendukung semua teknologi 802.11ac modern, termasuk aliran data yang disinkronkan, modulasi paket multi-pengguna, dan multi-input (MU-MIMO). Yang terakhir membantu meningkatkan kinerja dengan mengirimkan data pada sinyal terfokus lebih langsung ke klien yang terhubung, daripada mengirimkannya melalui spektrum yang luas.

Yang membedakan ROG Rapture GT-AC5300 dari router mewah lainnya adalah fitur peningkatan permainan. Salah satu fiturnya adalah sepasang port LAN yang secara otomatis mendapatkan prioritas jaringan untuk memastikan bahwa perangkat game atau konsol Anda lebih disukai dengan bandwidth terbesar. Lainnya adalah GameBoost, yang menganalisis prioritas lalu lintas jaringan dan game di Sony PlayStation, Nintendo Wii, 3Ds, dan Microsoft XBox One.

BACA JUGA  Perbedaan Android 9 dan Android 10

Router ini juga menyediakan dukungan asli untuk Jaringan Pribadi Gamer (GPN). Didukung oleh WTFast, GPN menyediakan koneksi pribadi dan aman ke server game dan memberikan lebih sedikit latensi dan kinerja yang lebih baik untuk lebih dari 1000 game yang kompatibel. Dan bagi pengguna yang menjalankan VPN yang dapat mengganggu kinerja game, VPN Fusion memungkinkan Anda untuk menggunakan koneksi VPN bersama dengan koneksi internet biasa agar game dapat berjalan lebih cepat.

ROG Rapture GT-AC5300 juga memiliki Game Intrusion Protection System (IPS) yang didukung oleh Trend Micro, yang menganalisis dan melindungi jaringan Anda dari ancaman online seperti situs yang terinfeksi malware, perangkat klien yang terinfeksi virus, serangan penolakan layanan, serangan ransomware , dan mencoba peretasan eksternal. Ini juga memblokir situs yang dikenal dengan serangan phishing dan spam, dan memberikan kontrol orang tua yang kuat sehingga Anda dapat mencegah akses ke konten orang dewasa, situs yang menyelesaikan streaming konten, transfer file besar (seperti mengunduh torrent), dan situs yang menyediakan layanan sosial jaringan Anda juga dapat menentukan waktu akses jaringan untuk klien tertentu.

Manajer pakaian yang baik

Konfigurasikan dan kelola semua fitur yang berfokus pada gamer ini dengan konsol web dan aplikasi seluler ROG Gaming Center yang andal. Buka layar dasbor dengan daftar pengaturan umum dan lanjutan di sebelah kiri. Di sebelah kanan adalah grafik lalu lintas jaringan yang menunjukkan transmisi waktu nyata, serta aktivitas unggah dan unduh, dan grafik status Internet yang menunjukkan pita terkait. Anda juga dapat melihat tampilan aktivitas ping jaringan dan anomali ping.

Di menu pengaturan umum, Anda akan menemukan tab untuk fitur Game IPS, Game Boost, dan GPN yang disebutkan di atas, serta fitur Game Radar yang memungkinkan Anda melihat server di seluruh dunia untuk game tertentu, negaranya, dan servernya. lokasi. status ping. Selain itu, di bagian Profil Game, Anda dapat mengoptimalkan distribusi paket untuk judul game tertentu guna membantu meningkatkan kinerja. Penganalisis Lalu Lintas memungkinkan Anda melihat penggunaan jaringan oleh klien atau aplikasi, bersama dengan fitur Radar Wi-Fi yang memungkinkan Anda melakukan pemindaian.

BACA JUGA  Emulator Android Paling Populer untuk Laptop atau PC

Di menu pengaturan lanjutan, Anda akan menemukan peta jaringan, serta pengaturan nirkabel dasar dan profesional. Yang terakhir termasuk pengaturan RADIUS dan Pro untuk memodifikasi metode seperti interval Beacon, mengaktifkan dan menonaktifkan beamforming dan MU-MIMO, dan mengatur Ambang RTS. Di sini, Anda juga dapat mengatur Jaringan Tamu, mengonfigurasi pengaturan LAN dan WAN, mengonfigurasi pengaturan ‘AiCloud’ (sehingga Anda dapat terhubung ke data dari mana saja), melihat log sistem, dan bahkan mengonfigurasi router untuk bekerja dengan aplikasi perintah suara Alexa dan IFTTT

Pengaturan lanjutan lainnya termasuk aplikasi USB dan IPv6, pengaturan firewall, pengaturan administrator, alat untuk menganalisis dan mengelola penggunaan bandwidth, serta konfigurasi peringatan di pengaturan jaringan lokal.

Fungsi Alexa dan IFTTT lebih penting. Anda dapat menggunakan perintah suara Amazon Alexa untuk mengaktifkan jaringan tamu perute, memperbarui firmware, dan menjeda Internet. Anda juga dapat menggunakan applet IFTTT sehingga router dapat berkomunikasi dengan perangkat lain yang mendukung IFTTT seperti kunci pintu dan kamera, dan memiliki peristiwa tertentu yang memicu tindakan tersebut. Misalnya, Anda dapat membuat router Anda mematikan Wi-Fi saat matahari terbenam atau saat tidur, dan mengaktifkan Wi-Fi saat Anda pulang. Anda juga bisa mendapatkan IFTTT mengirim email ketika seorang anak memasuki jaringan.

Uji pengaturan dan kecepatan …

Memasang ROG Rapture GT-AC5300 dengan mudah menggunakan konsol web atau aplikasi seluler. Saya mengetik http://router.asus.com ke bilah alamat browser desktop saya, yang meluncurkan wizard pengaturan. Saya memilih Mode Router Nirkabel dari daftar, yang juga mencakup Mode Pengulang, Mode AP, Mode Jembatan, dan Mode AiMesh. (Opsi terakhir memungkinkan Anda untuk menggunakan router Asus lain sebagai node untuk membuat jaringan mesh yang mulus.) Anda dapat memilih router untuk memilih band terbaik, atau memisahkan tiga band; Saya melakukan yang terakhir untuk mencoba. Saya memilih DHCP untuk koneksi Internet saya, membuat nama pengguna dan kata sandi, dan memperbarui firmware. Seluruh proses memakan waktu kurang dari lima menit.

Lihat cara menguji router nirkabel

ROG Rapture GT-AC5300 berkinerja sangat baik dalam tes kecepatan keluaran. Dalam pengujian SU-MIMO kami di pita 2.4GHz, skor 128Mbps kira-kira 30Mbps lebih cepat daripada D-Link AC5300 Ultra DIR895L / R dan Netgear Nighthawk X10 R9000, meskipun Linksys WRT32X sukses pada 20Mbps. Dengan jangkauan 30 kaki, perangkat mencapai 75 Mbps, melampaui model D-Link dan Netgear. Sekali lagi, Linksys WRT32X memandu paket.

BACA JUGA  Cara memilih motherboard ASUS

Skor 601Mbps ROG Rapture GT-AC5300 pada uji rentang 5GHz adalah yang tertinggi yang pernah kami lihat sejauh ini dari router mana pun, serta yang pertama menembus angka 600Mbps. Netgear R9000 mengelola 558Mbps, dan D-Link DIR-895L / R mencatat 515Mbps. Linksys WRT32X mengikuti paket dengan skor 464Mbps. Pada 30 kaki, GT-AC5300 mencetak 330Mbps, mengalahkan Linksys dan D-Link tetapi tidak berubah.

Pengujian aliran data simultan MU-MIMO menggunakan tiga laptop Acer Aspire R13 yang mirip dengan rangkaian MU-MIMO Qualcomm QCA61x4A. Di sini, ROG Rapture GT-AC5300 rata-rata 225Mbps dalam uji jangkauan, mengalahkan model Netgear dan Linksys tetapi bukan D-Link. Pada 30 kaki, skor 135 Mbps memimpin grup.

Berikutnya: Tes Transfer File, yang menggunakan folder 1,5 GB yang berisi campuran file foto, video, musik, dan dokumen pada drive USB terkait untuk mengukur kecepatan baca dan tulis. Di sini, sayangnya, ROG Rapture GT-AC5300 tidak dapat mengikuti pemimpin kami. Skor tes masuk 39MBps identik dengan D-Link DIR-895L / R ($ 305,12 di Amazon) tetapi lebih lambat dari Linksys WRT32X ($ 299,00 di Amazon) dan Netgear Nighthawk R9000 ($ 249,00 di Amazon). Kecepatan baca 42MB/detik sedikit lebih lambat dari Linksys dan 47MB/detik lebih lambat dari Netgear.

Putusan: Semua router dapat ditangani

Asus ROG Rapture GT-AC5300 dinilai berlebihan untuk sebagian besar pengguna rumahan, tetapi jika Anda bermain game dengan serius dan ingin memastikan jaringan Anda menawarkan throughput maksimum untuk semua kebutuhan game dan streaming Anda, router ini sangat baik. Ini memberikan kinerja mendekati 5GHz tercepat pada setiap router yang diuji, dan angka kinerja 2,4GHz dan MU-MIMO juga solid. Menawarkan banyak port Gigabit LAN terbuka dengan akselerasi internal untuk aplikasi game dan fitur pengoptimalan hebat untuk gamer, semuanya dikontrol menggunakan antarmuka yang dirancang dengan baik.

Router ini tidak murah, dan kinerja transfer file bisa lebih baik, tetapi tidak ada sinopsis yang menghentikannya untuk mendapatkan Producer 5 Top Choices for Editors.