Fungsi Dari Google Drive Selain Simpan File

Google Saat ini memiliki banyak aplikasi yang semuanya bisa diakses ketika kamu sudah memiliki Google Akun, Salah satunya yang paling banyak digunakan orang adalah Gmail. Pasti kamu juga sudah tau kan dan sudah punya emmail Gmail?

Tapi, teknobgt tidak membahas Gmail saat ini, tetapi aplikasi lainnya yang dimiliki google yaitu Google Drive. Apa fungsi dari Google Drive? dan bagaimana cara mengaksesnya?

Di Smartphone Android, aplikasi-aplikasi google seperti Gmail, Maps, Meet, Youtube, dan juga ada GOogle Drive yang secara otomatis terinstal didalamnya, karena memang Android adalah salah satu produk yang dimiliki oleh Google. Nah, yang paling menarik adalah Google Drive, yang mana fungsi utamanya adalah tempat menyimpan data/file diserver google.

Aplikasi Google Drive juga secara otomatis disinkronkan dengan layanan lainnya seperti Gmail, Meet ataupun Google Photos. Bahkan saat ini Whatsapp yang terinstal di HP Android, bisa kamu gunakan sebagai media backup data akun Whatsappmu. Lalu apa saja fungsi google drive?

6 Fungsi Google Drive

Dilansir dari media online lainnya, ada 6 fungsi google drive yang ada di smartphone android ataupun saat kamu akses di laptop/komputer. Berikut ini penjelasannya :

BACA JUGA  Inilah Cara Mematikan Automatic Update di Windows 10 Tahun 2020

Berbagi File dan Dokumen

Dengan Kamu menyimpan file foto, dokumen, software, video ataupun file lainnya, maka kamu bisa berbagi file tersebut dengan orang lain. Jadi setelah kamu upload file ke google drive, kamu bisa mengundang orang lain untuk bisa melihat saja filenya dan bisa juga mengedit.

Simpan Link

Fungsi lainnya adalah kamu bisa menyimpan link sebuah situs agar bisa diakses suatu saat nanti. Tentunya jika kita hanya diingat-ingat saja nama situsnya, atau dibookmark bisa saja hilang. Tapi jika kamu simpan di google drive, data link tersebut tentunya akan tersimpan dengan aman.

Cara simpan link di google drive ini cukup mudah, kamu bisa klik tiga titik yang ada di browser saat kamu gunakan untuk simpan link situs dan save link.

Membuat Catatan dari Google Keep

BACA JUGA  Review Processor Intel Celeron G4920

Buat mencatat suatu yang berarti, kalian tidak butuh mengandalkan aplikasi yang terinstal di pc ataupun ponsel. Google Drive bisa menaruh catatan kalian dengan memakai Google Keep.

Google Keep bisa terintegrasi dengan Google Drive yang membolehkan menaruh segala catatan yang kalian buat. Tidak butuh lagi aplikasi pencatat ataupun mencatat suatu secara manual dengan kertas.

Backup File

Apa jadinya bila fitur pc ataupun ponsel kalian rusak sehingga wajib direset ulang, sedangkan informasi yang terdapat di dalamnya belum terbackup di flashdisk ataupun harddisk? Ataupun kala kalian telah membackupnya di penyimpanan raga tetapi penyimpanan tersebut terkena virus.

Perihal ini tentu hendak membuat kalian merasa jengkel serta pilu sekalian. Dengan Google Drive kalian bisa membackup seluruh dokumen yang terdapat di fitur pc serta ponsel Kamu tanpa memakai penyimpanan raga yang umumnya pula kerap terserang virus.

Backup Chat WhatsApp

BACA JUGA  Cara memilih motherboard ASUS

Guna Google Drive yang lain berikutnya buat mencadangkan chat serta media WhatsApp ke Google Drive. Perihal ini sangat dibutuhkan pada dikala berubah ponsel paling utama Android baru, riwayat chat serta media tidak hendak lenyap sebab telah ditransfer lewat Google Drive.

Metode membuat backup WhatsApp di Google Drive merupakan dengan Ketuk Menu Setelan kemudian pilih Chat
dan pilih Cadangan chat. Ketuk Cadangkan ke Google Drive.

Mengedit File

Guna Google Drive satu ini dapat dibilang tidak banyak dikenal orang. Dengan Google Drive, kalian bisa mengedit file semacam Word, Excel, ataupun Power Point.

Hasil pengeditan hendak langsung tersimpan pada Google Drive kalian. Tidak hanya itu kalian pula bisa membuat file ataupun lembar kerja baru lewat Google Drive ini.

Tidak cuma lewat pc, kalian pula bisa memakai fitur ini lewat ponsel Android kalian. Serta kalian bisa mengaksesnya secara free kapanpun serta di manapun.