foto : tokopedia

VGA Terbaik untuk Gaming 1080p pada tahun 2021

Bila Anda kerap berkunjung situs games dan piranti keras, Anda akan menyaksikan banyak rumor sekitar “games 4K” pada monitor kelas tinggi baru, dan timbulnya penampilan 1440p (2.560-kali-1.440-piksel) yang lebih dapat dijangkau. Habiskan lumayan lama pada bagian itu, dan Anda kemungkinan beranggapan jika games memiliki resolusi tinggi dan mahal, kartu video monster kuasai dunia games PC.

Tidak demikian! Ya, itu wajib, dan ya, itu ialah periode depan—ketika harga jadi lebih murah, lebih murah. Tetapi, untuk masa yang akan datang, bermain di 1.920 x 1.080 pixel (alias 1080p, atau “full HD”) tetap jadi sweet spot untuk mayoritas gamer PC.

Sekarang ini, monitor 1080p terjangkau—Anda bisa mendapati banyak pada mereka pada harga sekitaran $100—dan bahkan juga kartu video kelas menengah bisa jalankan games terkini di salah satunya monitor ini dengan frame rate yang paling lembut. Kenyataannya, menurut hasil Survey Piranti Keras Uap terkini, 1080p selama ini masih tetap jadi resolusi penampilan asli umum untuk gamer PC pada service ini, melampaui semua resolusi yang lain bila dipadukan.

Yang betul ialah, walau mayoritas gamer ingin bermain pada resolusi dengan tinggi kemungkinan, beli monitor 4K (3.840-kali-2.160-piksel) atau 1440p memiliki resolusi tinggi dan kartu video yang bisa bermain games dengan resolusi semakin tinggi akan dikenai ongkos. Anda banyak. (Satu tergantung pada lainnya.) Mayoritas dari kita cuman ingin games kita kelihatan bagus dan berjalan mulus, dan itu lebih murah untuk diraih pada resolusi mainstream 1.920 kali 1.080.

Resolusi ini sudah jadi standard de facto untuk bermain games untuk beberapa saat saat ini, dan tetap semacam itu sampai monitor 1440p yang murah jadi lebih umum, atau kartu grafis memiliki kemampuan 4K jadi cukup dapat dijangkau. (Pada tulisan ini, bermain games pada resolusi 4K dengan judul-judul PC terpenting mustahil diraih dengan kartu dengan harga kurang dari $400, terkecuali bila Anda siap memutar balik penataan detil.) Maka belilah kartu video yang bisa jalankan games dengan kecepatan tinggi. clip lembut pada 1080p ialah investasi yang kompak, yang hendak membuat Anda berbahagia minimal sepanjang sekian tahun, bila tidak kurang lama.

Kartu Gaming 1080p: Sektor Bersaing

Cuman satu permasalahan: Karena 1080p ialah resolusi yang paling terkenal, banyak kartu video berkompetisi untuk status paling atas dalam kelompok itu. Sektor kartu grafis 1080p lebih granular saat 2021 dibuka dibanding awalnya, dengan nyaris selusin kelas kartu yang lain (ditetapkan oleh processor grafis pokok yang lain) untuk diputuskan. Tetapi di sanalah kami masuk. Kami akan membantu Anda lewat feature yang penting Anda lihat saat belanja untuk kartu video 1080p-ideal, dan merinci kartu terbaik yang sudah kami tes untuk bermain games pada resolusi ini, sama sesuai bujet Anda.

Informasi bagus? Pengenalan kartu video angkatan “Touring” Nvidia di tahun 2018 dan 2019, dari sisi barisan kartu “Navi” AMD, memiliki arti daya 1080p yang lebih bagus dari mulanya pada harga di bawah $300. Nvidia , pada tengah sampai akhir 2018, mengenalkan kartu pertama kalinya di barisan GeForce RTX baru, terhitung GeForce RTX 2080 dan GeForce RTX 2070, dan GeForce RTX 2080 Ti kelas elit yang mahal. (Mayoritas sudah dipertingkat dan, dalam beberapa kasus, diganti oleh edisi “RTX Super” tengah 2019, dan kartu RTX 30 Seri terkini seperti RTX 3080 dan RTX 3070.) Sementara kartu kelas tinggi ini akan jalankan games apa saja dengan baik sekali pada 1080p, mereka luar biasa, benar-benar terlalu berlebih untuk resolusi ini, mulai dari—secara teori, bagaimanapun—$499 untuk kartu berdasar RTX 3070 dan sekitaran $700 untuk kartu RTX 3080. (Itu ialah MSRP atau kumpulan harga, dan jarang ada di saat ini; karena kekurangan silikon dan kegiatan calo, itu ialah harga kerusuhan di luaran sana sekarang ini. ) Tapi bahkan juga pada harga yang semakin tinggi dari umumnya di sini di tahun 2021, Anda tidak’ tak perlu keluarkan dana sebesar itu untuk pemutaran 1080p…dalam beberapa kasus.

Dasar-Dasar Beli: Apa yang Harus Jadi perhatian dalam Kartu 1080p

Mayoritas kartu yang “lumayan baik” untuk permainan 1080p sekitar di antara $100 dan $300 pada tulisan ini. Kartu pricier pasti lakukan tugas itu juga. Tapi makin jauh Anda memperoleh di atas $300, makin banyak Anda masuk daerah terlalu berlebih untuk mayoritas games. Berikut factor kunci saat bermain.

Berapakah Banyak Memory Video yang Cukup?

Jumlah memory grafis (atau RAM video) yang dipasang pada kartu video Anda langsung mempengaruhi resolusi di mana Anda bisa bermain games secara lancar, dan penataan detil yang memungkinkannya. Kemampuan keseluruhnya unit pemrosesan grafis (biasa disebutkan “GPU”) pada kartu tentukan berapa baik Anda bisa jalankan games tertentu pada penataan tertentu juga. Tetapi pikir memory video sebagai jalan bebas kendala yang buka lajur untuk GPU untuk bekerja dengan ajaib tanpa macet.

BACA JUGA  Mengenal Apa Itu Processor Intel Core i5

Tanpa memory video yang cukup, GPU akan terhalang, tidak bisa bekerja dengan optimal. Argumennya: Kartu video sebetulnya memproses semua pixel yang masuk ke monitor saat ada di memory . Maka, makin banyak data yang diperlukan, bagus untuk resolusi tertentu atau untuk tampilkan lebih detil dalam sebuah games, makin banyak memory yang diperlukan untuk mengatasinya secara efisien. Itu penyebabnya kartu video kelas tinggi condong mempunyai semakin banyak memory di kartu; lebih dari itu dibutuhkan untuk mengurus semua pixel yang membuat games pada resolusi yang semakin tinggi dan pada penataan detil yang semakin tinggi.

Pada umumnya, untuk games 1080p, memory video 2GB ialah minimal yang ideal, tapi 4GB lebih baik. Dalam kartu di bawah $300 sekarang ini, Anda akan menyaksikan memory grafis dimulai dari 1GB sampai 8GB. Beberapa kartu kunci untuk games 1080p datang dalam variasi 3GB/6GB dan 4GB/8GB.

Pergi dengan kartu yang mempunyai 6GB atau 8GB RAM baik saja, tapi tidak boleh mengharap fenomena, karena performa biasanya tidak bertambah keseluruhannya dalam kartu pada resolusi ini dibanding 3GB atau 4GB, semua sama. Manfaatkan memory extra cuman berlaku di games tertentu dan pada kondisi tertentu . Maka tidak boleh habiskan uang untuk RAM atau daya GPU lebih dari yang Anda perlukan. Untuk pemutaran 1080p, pilih kartu 3GB atau 4GB cukup, terkecuali bila Anda ingin tingkatkan monitor ke monitor 1440p atau 4K dalam kurun waktu dekat. Tapi bila itu permasalahannya, Anda akan inginkan kartu yang diperlengkapi dengan GPU yang semakin kuat juga.

Port Yang mana Diperlukan Kartu Grafis Saya?

Semua output standard pada kartu grafis sekarang ini (VGA, DVI, HDMI, dan DisplayPort) memberikan dukungan resolusi 1080p. Dalam umumnya kasus, Anda perlu pilih kartu yang mempunyai port yang pas dengan yang berada di monitor Anda. Baru sesudah Anda capai resolusi yang semakin tinggi dari 1080p, Anda mulai dapat melewati kekuatan beberapa antar-muka, seperti VGA dan versus HDMI yang semakin lama.

Bila Anda masih tetap memakai 1080p, Anda tak perlu cemas atau kebingungan, karena semua kartu dan mayoritas monitor sekarang ini banyak memiliki port. Peluangnya ialah, Anda cuman bisa mencolokkan dan memakainya; terburuk, bila Anda tingkatkan dari mekanisme atau kartu lama, Anda kemungkinan membutuhkan kabel atau adaptor baru . Maka ingat-ingatlah beberapa hal ini saat Anda belanja.

Baik DisplayPort 1.4 dan HDMI 2.0 bisa memberikan dukungan resolusi 1080p sampai kecepatan refresh 240Hz, maka bila bermain games dengan kecepatan refresh tinggi ialah perhatian khusus Anda (selanjutnya mengenai itu sesaat lagi), yakinkan Anda ambil kartu dan kabel yang sama sesuai untuk maksud ini. Tetapi baik HDMI 2.0 atau HDMI 2.1 tidak bisa memberikan dukungan 360Hz (cuman DisplayPort 1.4b ke atas yang bisa tangani tugas itu), jadi yakinkan bila Anda beli monitor elit dan canggih seperti Asus ROG Swift 360Hz PG259QN jika Anda mempunyai GPU yang pas dan kabel untuk tugas itu.

Sadarilah , bila Anda berpindah untuk pertama kalinya dari DVI atau VGA, jika antar-muka HDMI dan DisplayPort bisa bawa signal audio; bila monitor Anda mempunyai speaker intern (atau HDTV), itu bisa hilangkan beberapa kesukaran penempatan kabel.

Berapakah Banyak yang Harus Saya Habiskan untuk Kartu Grafis Saya?

Ini ialah sasaran yang bergerak, tapi aman untuk menjelaskan jika Anda bisa menginginkan untuk turun di antara $ 100 dan $ 300 pada kartu video yang sesuai 1080p di sini di tahun 2021, bergantung pada apa Anda ingin jalankan games pada penataan yang tertinggi, ataupun lebih dekat ke yang.. Bila Anda berminat untuk aktifkan anti-aliasing (AA), yang melembutkan garis bergerigi dari pinggir object dalam games, Anda harus keluarkan uang untuk bentang yang semakin tinggi, terlebih bila Anda ingin meningkatkan AA penataan dengan tinggi mungkin. (AA condong menuntut.)

Bila Anda senang cukup dengan penataan detil rerata dan kecepatan frame, sudah pasti taati bujet yang ketat. Tapi bila Anda inginkan detil maksimal dan AA pada 1080p, Anda kemungkinan perlu menelusuri ke zone $200 sampai $300. Harga pada kartu grafis mainstream memiliki kemampuan 1080p yang mainstream tidak begitu mahal sama dalam kartu seri Nvidia GeForce RTX dan AMD Radeon RX 6000 kelas tinggi, tapi Anda akan menyaksikan harga premium di atas kumpulan harga, di Banyak kasus.

BACA JUGA  Nokia G50 5G Hadir Di Indonesia

Haruskah Saya Memperoleh Kartu Grafis AMD atau Nvidia?

Baik AMD dan Nvidia mempunyai penawaran yang kuat, saat 2021 berguling, di antara $ 100 dan $ 400, walau kami memberikan Nvidia keunggulan untuk capai semakin banyak point harga dalam range dengan penawaran yang kompak. Tapi sepanjang Anda masih tetap memakai kartu angkatan terkini ke-2 perusahaan, susah untuk pilih yang jelek untuk 1080p dalam kisaran harga itu.

Pada bagian depan piranti lunak simpatisan, kami memberikan Nvidia kemenangan, tapi itu ialah hal yang nyaris jalan sekarang ini. Piranti lunak GeForce Pengalaman Nvidia licin, memungkinkannya Anda record video dalam games secara mudah dengan feature Shadowplay-nya, dan mengupdate driver untuk Anda (cuman minta Anda saat mereka sudah siap untuk memasang). Piranti lunak Nvidia menolong Anda tergabung dengan games co-op dengan mudah dan cepat. Piranti Lunak Radeon AMD tawarkan kekuatan sama, dan piranti lunak driver perusahaan ialah kenaikan yang terang dari program Catalyst sejak dulu saat. Tidak lagi ada siang hari di antara Team Hijau (Nvidia) dan Team Merah (AMD) pada score ini ibarat beberapa tahun awalnya.

pantas diperhitungkan: tehnologi penghalusan gambar yang berkompetisi, FreeSync (AMD) dan G-Sync (Nvidia). Bila Anda mempunyai monitor baru yang memberikan dukungan satu atau lainnya, itu bisa menjadi alasan khusus untuk pilih satu perusahaan chip di atas lainnya. Yang menjelaskan, sekarang ini Anda bisa mendapati subset monitor yang dicap sebagai FreeSync, tapi yang saat ini disokong Nvidia di bawah tehnologi penghalusan gambar G-Sync; penampilan ini dipanggil “Cocok G-Sync.”

Lantas ada tehnik mempertajam. Tambahan untuk persenjataan pemain ini ialah langkah prima untuk mencubit tiap performa yang Anda dapat dari kartu. Apa yang mereka kerjakan, secara singkat, ialah turunkan resolusi games (hingga tingkatkan performa sampai 30 % pada kartu yang sama), tanpa mempertaruhkan kesetiaan visual dalam prosesnya. Sekarang ini, dua tehnologi berkompetisi dari Nvidia dan AMD masing-masing disebutkan Freestyle dan Radeon Gambar Sharpening (RIS), dan masing-masing mempunyai kekurangan dan keunggulannya sendiri.

Pada akhirnya, ada DLSS. Sebagai feature khusus Nvidia, kenaikan kecepatan frame (rerata di antara 5% dan 40% dalam beberapa kasus) kemungkinan terlihat menarik untuk siapa saja yang coba mengoptimalkan kartu mereka di dalam permainan 1080p. Tetapi, DLSS kerap dimaksimalkan dan disetel disebelah mesin untuk resolusi 1440p atau 4K, karenanya yang terbanyak diuntungkan dari tehnologi ini. Games yang dirender di dalam 1080p memang menyaksikan kenaikan, tidak disangsikan kembali, tapi keuntungannya sering jauh kurang kelihatan di 1080p dan sering kurang cukup untuk benarkan ketimpangan harga di antara kartu bermerek “GTX” dan “RTX” -kartu bermerek. (RTX ialah salah satu mode yang tampilkan pokok Tensor yang dibutuhkan untuk merealisasikan semua fenomena.) Bila Anda seorang gamer 1080p, seharusnya pakai mode GTX kelas tinggi dibanding bayar extra untuk piranti kelas bawah Mode RTX dengan keinginan Nvidia menambah support DLSS untuk games yang ingin Anda permainkan pada sebuah tempat.

Kami akan mengulas kartu AMD dan Nvidia angkatan terkini yang ditujukan pada 1080p berikut ini dan membagikan kelas kartu dimainkan ini hari berdasar harga.

Haruskah Saya Memperoleh Kartu Overclock, atau Kartu Rekomendasi?

Di dunia kartu video, produsen chip grafis (AMD atau Nvidia) membuat desain GPU, dan (umumnya) proses pendinginan yang ideal untuk kartu itu. Ini dikenali sebagai “design rekomendasi”, mode dasar kartu tanpa tambahan yang terlampau eksklusif, jalan pada kecepatan yang aman. Sesudah pembikin chip membuat desain paket dasar ini, dia memberikan design itu ke partnernya (misalkan, MSI, EVGA, Asus, Gigabyte, atau Sapphire) untuk dipakai sebagai design “rekomendasi” atau “stock” untuk kartu retail mereka sendiri.

Sering, beberapa perusahaan ini akan tawarkan kartu berdasar design dasar ini, tapi juga hasilkan versus yang tambah mahal dan bekerja semakin tinggi yang di-overclock. Design rekomendasi umumnya akan mempunyai merk AMD atau Nvidia pada sebuah tempat di kartu, dan kelihatan lebih tertutup dibanding dengan design yang lebih agresif dengan kipas yang semakin besar, selubung eksotik, dan merk pabrikasi sendiri lebih mencolok dibanding merk Nvidia atau AMD. Dengan kartu yang paling akhir ini, piranti keras pendingin yang semakin besar serta lebih kompleks di papan kemungkinan memungkinkannya mereka untuk bekerja lebih dingin , memberi semakin banyak ruangan kepala untuk overclocking, yang bisa hasilkan sedikit kenaikan performa. (Sebagian dari kartu ini di-overclock langsung dari kotaknya.)

BACA JUGA  Emulator Android Paling Populer untuk Laptop atau PC

Betapapun mengagumkannya kartu-kartu yang ditipu ini, mereka dapat semakin keras dibanding versus stock, dan harga semakin tinggi. Terkecuali Anda betul-betul menyenangi seni tertentu dari mode tertentu (untuk ekspos, ucapkanlah, dalam casing PC berjendela), atau Anda ketahui dari pembahasan jika satu diantaranya benar-benar mengagumkan, kami anjurkan untuk lakukan penelitian berbelanja. Mayoritas waktu, uang Anda lebih bagus dihabiskan untuk berpindah ke kartu dengan GPU kelas tinggi, bahkan juga bila itu ialah design stock, dibanding kartu overclock pada harga yang serupa dan terlihat lebih kece yang berbasiskan disekitaran kelas bawah (atau sebelumnya- angkatan) chip grafis.

Berapakah Refresh Rate Monitor Saya, dan Kenapa Itu Penting?

Lihat jika semua anjuran kartu 1080p kami didasari pada anggapan jika Anda akan memakai monitor standard dengan kecepatan refresh 60Hz. Bila Anda berniat memakai (atau selekasnya tingkatkan ke) panel monitor dengan kecepatan refresh yang semakin tinggi, seperti salah satunya panel deluxe 120Hz, 144Hz, 240Hz, atau bahkan juga 360Hz yang saat ini berada di pasar monitor, Anda kemungkinan membutuhkan kartu akhirnya ini untuk memperoleh faedah penuh dari penampilan itu. (Saksikan opsi kami untuk monitor gaming terbaik.) Frame rate yang semakin tinggi dari 60 frame per second (fps) akan selekasnya ada di panel ini, dan Anda akan ingin menyaksikan hasil pengetesan games untuk memperoleh deskripsi mengenai frame rate terus-menerus yang Anda punyai. peluang akan memperoleh dengan kartu yang diberi.

Walau Anda bisa mendapati monitor 4K yang tehnis bisa tingkatkan kecepatan refresh 144Hz pada resolusi 4K, penampilan itu analog dengan Ferrari versi Subaru gamer standard Anda. Untuk mayoritas pemain, games dengan kecepatan refresh tinggi hidup di dunia 1080p. Baik itu 144Hz, 165Hz, atau 240Hz, monitor 1080p dalam kelompok ini dibanderol pada harga sekitaran $150 sampai $700, dan bergantung pada games yang Anda permainkan, membutuhkan GPU yang semakin besar ataupun lebih kecil yang bisa menyamakan outputnya. Pokoknya, monitor dengan refresh tinggi betul-betul bisa tampilkan semua frame per detik yang bisa dikeluarkan oleh kartu, sampai batasan kecepatan refresh monitor, yang disebut karunia untuk kelancaran dalam beberapa kasus dan kenaikan besar dari batasan 60Hz umumnya monitor konservatif.

Games online mega-populer seperti Konter Strike: Global Offensive, League of Legends, dan DOTA 2 benar-benar diuntungkan dari kecepatan refresh 240Hz, 300Hz, atau 360Hz, dan beberapa game ini dimaksimalkan di titik di mana Anda kemungkinan dapat dekati kecepatan frame itu dengan kartu video di bawah $300 pada 1080p. Demikian juga, GPU dalam range $150 sampai $300 bisa menggerakkan games seperti Apex Legends, PlayerUnknown’s Battlegrounds, Rocket League, dan Rainbow Six: Siege ke ranah 144Hz 1080p tanpa permasalahan. (Saksikan tutorial kami untuk kartu video terbaik untuk Apex Legends.)

Pokoknya ialah jika Anda merencanakan untuk bermain games pada 1080p secara bersaing, yakinkan Anda mempunyai kartu yang dipandang untuk games yang ingin Anda permainkan pada kecepatan refresh itu, karena hal paling akhir yang Anda harapkan with ialah monitor mahal yang tidak mempunyai GPU yang lumayan kuat untuk mencadangkannya secara benar. Di sanalah menyaksikan dengan jeli hasil test 1080p untuk kartu video atau kelas kartu tertentu membuat semua ketidaksamaan.

Maka Kartu Yang mana Harus Dibeli untuk 1080p Play?

Saksikan pembahasan dalam kami di bawah masing-masing kartu untuk gagasan bagus mengenai tipe frekwensi gambar yang bisa Anda harap dalam games yang kemungkinan Anda permainkan. Kami mengetes dengan menuntut judul baru dan beberapa penawaran lama yang dasar. , untuk menyaksikan opsi kami untuk kartu video terbaik keseluruhannya, saksikan kelompok kartu grafis terbaik kami; untuk bermain di 4K (3.840 kali 2.160 piksel), saksikan kartu grafis terbaik untuk games 4K; apabila Anda mempunyai desktop dengan factor wujud kecil, check kartu grafis terbaik untuk PC singkat.

(Tertarik dengan mekanisme games yang seutuhnya dibuat? Saksikan opsi kami untuk netbook gaming terbaik dan desktop gaming terbaik, dan tutorial sah kami untuk games PC terbaik.)